MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN PENGUASAAN SISWA TERHADAP MATERI PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA YANG TEPAT PADA PEMBELAJARAN PKN DENGAN METODE DISKUSI DAN TANYA JAWAB DI KELAS IV SDN 26 MATARAM KECAMATAN MATARAM TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Hafsah Hafsah

Abstract


Abstrak: Metode Diskusi dan Tanya Jawab dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraab (PKn) pada materi mengenal lembaga-lembaga pemerintah pusat di kelas IV SDN 4 Montong Tangi Kecamatan Sakra Timur. Tujuan  penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatah hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn pada materi mengenal pemerintah tingkat pusatdengan metode diskusi dan Tanya jawab di kelas IV SDN 26 Mataram Kecamatan Mataram  Tahun Pembelajaran 2013/2014. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa dengan jumlah 21 orang yang dilaksanakan dalam 3 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan.dan setiap siklus ada 4 tahapan, yaitu tahap perencanaan, pengamatan, tindakan dan evaluasi. Hasil evaluasi  siklus I  yang mendapat nilai > 70 ada 13 siswa dan yang mendapat nilai > ada 70 sebanyak 8 siswa , dan hasil siklus II  > 17 orang siswa dan yang < 70 ada 4 siswa, sedang pada siklus III > 70 21.

Hasil Siklus I ketuntasan belajar 62 % dan siklus II 81 % dan pada Siklus III ketuntasan belajar mencapai 100 %. Berdasarkan hasil analisis, peneliti member simulan bahwa penerapan menggunakan metode diskusi dan Tanya jawa dapat mempengaruhi dan meningkatkan hasil belajar PKn pada materi mengenal pemerintah  tingkat pusat.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


CIVICUS | p-ISSN 2338-9680 | e-ISSN 2614-509X | Email: [email protected] | Contact: 085238445360

Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan | FKIP UM Mataram

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter