PENGGUNAAN TEKNIK DISCOVERY DENGAN MEDIA GAMBAR UNTUK MEMBANGKITKAN MINAT BELAJAR SISWA

Susana Engsa, Sri Rejeki

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan teknik discovery dengan media gambar untuk membangkitkan minat belajar siswa pada mata pelajaran PPKn kelas VII di SMPN 19 Mataram. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan pendekatan eksperimen. Metode pengumpulan data adalah metode observasi dokumentasi dan angket dengan metode analisis data korelasi product moment. Hasil penelitian adalah berdasarkan analisis data yaitu: Hasil analisis data yang di peroleh dalam adalah 0,574, dengan taraf signifikan 5%, maka diperoleh nilai 0,300. Jadi nilai r perhitungan lebih besar dibandingkan dengan nilai r tabel (0,574>0,300). Jadi hipotesis (Ha) adalah, “Adanya Pengaruh Penggunaan Teknik Discovery Dengan Media Gambar Membangkitkan Minat Belajar Siswa Kelas VII SMPN 19 Mataram Pada Bidang Studi PPKn Tahun Pelajaran 2017-2018”. Diterima.

 

The purpose of this study was to describe the effect of using discovery techniques with image media to arouse students' interest in learning in the seventh grade PPKn subjects at SMP 19 Mataram. The type of research used in this study is quantitative research, with an experimental approach. Data collection method is documentation and questionnaire observation method with product moment correlation data analysis method. The results of the study are based on data analysis, namely: The results of the analysis of the data obtained in is 0.574, with a significant level of 5%, then the value of 0.300 is obtained. So the r value of the calculation is greater than the r table value (0.574> 0.300). So the hypothesis (Ha) is, "The Influence of Using Discovery Techniques With Image Media Generates Student Interest in Class VII SMPN 19 Mataram In The Field of KDP Studies Lesson 2017-2018". Be accepted.


Full Text:

PDF

References


A. Arsyad, “Media pembelajaran.” Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2013.

R. Y. B. Gagne and L. Briggs, “‘Principles of Instructional Design.’” Holt, Rinehart, and Winston, New York, Estados Unidos, 1975.

C. Kustandi and B. Sutjipto, “Media pembelajaran manual dan digital,” Bogor Ghalia Indones., 2011.

Z. Aqib, “Model-model, media, dan strategi pembelajaran kontekstual (inovatif),” Bandung: yrama widya, 2013.

W. Sanjaya, Perencanaan dan desain sistem pembelajaran. Kencana, 2015.

I. Dina, “Ragam Alat Bantu Media Pembelajaran,” 2011.

Sukiman, Pengembangan Media Pembelajaran. Pedagogia, 2012.

A. Suharsimi, “Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik,” Jakarta: Rineka Cipta, 2006.

P. Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. 2013.

Sugiyono, “Metode penelitian kombinasi (mixed methods),” Bandung Alf., 2015.

G. M. Sudaryono and W. Rahayu, “Pengembangan Instrumen Penelitian Pendidikan,” Yogyakarta Graha Ilmu, 2013.

P. D. Sugiyono, “Metode Penelitian dan Pengembangan,” Res. Dev. D, 2015.

H. Usman, “Manajemen: teori, praktik, dan riset pendidikan,” Jakarta bumi aksara, 2006.

C. Narbuko and A. Achmadi, “Metodologi penelitian,” Jakarta Bumi Aksara, 2007.

S. Nasution, Berbagai pendekatan dalam proses belajar dan mengajar. PT. Bina Aksara, 2000.

S. Hadi, “Metodologi research jilid I,” Yogyakarta Andi, vol. 94, p. 95, 2004.

B. Suryosubroto, “Mengenal Pengajaran di Sekolah dan Pendekatan Baru dalam Proses Belajar Mengajar,” Jakarta: Balai Pustaka, 2002.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_________________________________________________________

Jurnal Civicus
ISSN 2614-509X (Online) | ISSN 2338-9680 (Cetak)
Email: [email protected] | Contact: 085238445360
Tel / fax : (0370)-633723 / (0370)-641906

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.