INTERAKSI ANTARA PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU

Arsyad Abd. Gani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh utilitas multimedia dan gaya belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa pada IPS terpadu. Data dikumpulkan melalui survei beberapa bulan ke Sekolah Menengah Umum SMP Negeri 13 Mataram. Melibatkan 108 siswa telah dipilih secara sistematis dari populasi target 240 siswa baik mereka yang gaya belajar visual atau pendengaran yang dipilih dengan cermat. Data dikumpulkan melalui tes prestasi belajar dan dianalisis secara statistik dengan menerapkan serangkaian perhitungan Anova. Penelitian mengungkapkan bahwa penggunaan multimedia secara efektif meningkatkan prestasi belajar siswa untuk kedua gaya belajar. Di sisi lain, penggunaan media konvensional tidak membawa dampak signifikan terhadap prestasi belajar siswa baik pada gaya belajar visual maupun auditori. Akhirnya, disarankan kepada para guru terutama untuk memberikan banyak perhatian pada pemanfaatan multimedia dalam pengajaran terutama dalam pengajaran ilmu sosial. Demikian pula, disarankan kepada guru untuk mempertimbangkan gaya belajar siswa.

 

The research was aimed at finding out the effect of the utilities of multimedia and the students learning styles towards the students’ learning achievement on socil science. The data were collected through a couple of month surveys to the Public Secondary Schools of SMP Negeri 13 Mataram. Involving 108 students had been sistematically selected from the target population of 240 students either those who visual or auditory learning styles which was selected carefully. The data were collected through learning achievement test and analized statistically by applying a series of Anova computations. Research reveals that the use of multimedia was effectively improving the students’ learning ahievement for both styles of learning. On the other hand, the use of convensional media was not brought with it any significant effect to the students’ learning achievement either on visual nor auditory learning styles. Finally, it is suggested to the teachers especially in order to pay much attention to the utilization of multimedia in teaching especially in teaching social science. Similarly, it was also suggested to the teachers in order to take into account the students’ learning styles.


Keywords


Pemanfaatan; Media; Gaya; Belajar

Full Text:

PDF

References


A. K. Sari, “Analisis Karakteristik Gaya Belajar VAK (Visual, Auditorial, Kinestetik) Mahasiswa Pendidikan Informatika Angkatan 2014,” Edutic-Scientific J. Informatics Educ., vol. 1, no. 1, 2014.

R. Ramlah, D. Firmansyah, and H. Zubair, “Pengaruh Gaya Belajar dan Keaktifan Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika (Survey Pada SMP Negeri di Kecamatan Klari Kabupaten Karawang),” Maj. Ilm. SOLUSI, vol. 1, no. 3, 2015.

S. Sanisah, “Pendidikan tinggi dan pengangguran terbuka: Sebuah dilema,” Lentera Pendidik. J. Ilmu Tarb. dan Kegur., vol. 13, no. 2, pp. 147–159, 2010.

D. K. Rusman and C. Riyana, “Pembelajaran Berbasis Teknologi dan Komunikasi: Mengembangkan Profesionalitas Guru.” Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2012.

A. L. Bire, U. Geradus, and J. Bire, “Pengaruh gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik terhadap prestasi belajar siswa,” J. Kependidikan Penelit. Inov. Pembelajaran, vol. 44, no. 2, 2014.

L. Robertson, T. Smellie, P. Wilson, and L. Cox, “Learning styles and fieldwork education: Students’ perspectives,” New Zeal. J. Occup. Ther., vol. 58, no. 1, p. 36, 2011.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_________________________________________________________

Jurnal Civicus
ISSN 2614-509X (Online) | ISSN 2338-9680 (Cetak)
Email: [email protected] | Contact: 085238445360
Tel / fax : (0370)-633723 / (0370)-641906

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.