EFEKTIVITAS STRATEGI MAP SEMANTIK TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR QAWA’ID DI PONDOK PESANTREN DARUSSALAM NGEMBE BEJI PASURUAN

fatimatuzzahroh fatimatuzzahroh, Syarifuddin Syarifuddin

Abstract


Penelitian ini mengenai pengaruh efektivitas Strategi Map Semantik terhadap hasil belajar qawa'id di pondok pesantren Darussalam Ngembe Beji Pasuruan. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui pengaruh Strategi Map Semantik terhadap peningkatan hasil belajar qawaid, (2) mengetahui peningkatan hasil belajar qawa’id di kelas yang menggunakan Strategi Map Semantik. Metode yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain quasi-experimental yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data diperoleh dari pretest dan postest kelas eksperimen, dan dilakukan uji paired sampel test untuk menguji perbedaan hasil pretest dan postest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Strategi Map Semantik memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar qawa'id, ini didasarkan pada hasil akhir uji paired sampel tes (uji-T) memiliki hasil nilai signifikasi kurang dari 0,5 yaitu sig (0,000) < 0,5 sehingga Ho ditolak dan H1 diterima. Dalam artian, efektivitas Strategi Map Semantik memiliki pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar qawa’id di pondok pesantren Darussalam Ngembe Beji Pasuruan, hal ini dapat diketahui berdasarkan perbedaan hasil nilai yang signifikan antara sebelum diberikan perlakuan dan setelah diberikan perlakuan berupa Strategi Map Semantik.
Keywords: Nilai Hasil Belajar, Qawa’id, Strategi Map Semantik

Full Text:

PDF

References


Aziz Fachrurrozi, Erta Mahyudin, Strategi Pembelajaran Bahasa Arab (Malang: cv.lisan Arabi, 2018).

Buzon, Tony, buku pintar mind map/semantic mapping (Jakarta: PT. Gramedia PustakaUtama, 2005).

E.Mulyasa, Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan menyenangkan (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2013)

Hermawa, Acep, Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2014)

Rasyidi, Zam Zam, ' Pembelajaran Qawaid: Perspektif Teori Kognitif pada Pondok Pesantren Raudhatut Thalibin Kalimantan Selatan', Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palangka Raya, Vol 8 (2020)

Sa'diyah, Halimatus Dkk, Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Penuh Inovasi dan Kontemporer (Malang: Nusantara Global Press, 2019)

Saputra, Dani Hendra Dkk, engaruh Motifasi Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK. Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknolog, Vol 18 (2018)

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Bandung: Alfabeta, 2017)

Sukmadinata, Nana Syaoodih, Metode Penelitian Pendidikan 8th ed (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2012)

Surahman, Ence Dkk, Kajian Teori Dalam Penelitian. JKTP Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, Vol 3 (2020)

Wekke, Ismail Suardi, model pembelajaran bahasa arab (Yogyakarta: deepublisher, 2014)

Yasid, Abu, Paradigma Baru Pesantren Menuju Pendidikan Islam Transformatif (Yogyakarta: Ircisod, 2018).

Zulhannan, Teknik Pembelajaran Bahasa Arab Interaktif (Jakarta: PT.Raja Grafindo, 2015).




DOI: https://doi.org/10.31764/ljpb.v2i2.16725

Refbacks

  • There are currently no refbacks.