PENGARUH APLIKASI MONDLY ARABIC TERHADAP PENINGKATAN MUFRADAT DI MA MIFTAHUL ULUM PUNTIR

Nuril Fahmiyah, Syarifuddin Syarifuddin

Abstract


MA Miftahul Ulum Puntir is one of the Senior High School Islamic in Purwosari Pasuruan which was established since 2011. The basically problem that occurred in this program is the Method that used is not effectively to improve student achievement of language,especially in listening achievement.The research of this research are to know the the effect of mondly arabic application on the increase of mufradat in MA Miftahul ulum puntir.in listening achievement teaching to improve student’s listening achievement to identify sounds of Arabic language that have mean and student ‘s achievement to identify sounds that have most similar pronunciation.The research used quantitative approach and the type was Pre-experiment research with pretest-postest one group.
The Instrument that used in this research observations,documentation,and test (pretest-postest).
The result of this research is conclude that teaching and learning process thought Mondly Application is influence to improve language achievement especially listening.Based the distributation .This is based on the final result of the paired sample test which has a significance value of less than 0.05, Sig.(0.000) <0.05.so that H₀ is rejected, then H₁ is accepted. This relationship is classified as a strong relationship, because the calculated r value ranges from 0.30 to 0.80. Thus the hypothesis can also be accepted in this study.

Keywords
Influence,Vocabulary Enhancement, Mondly Arabic Application

Full Text:

PDF

References


Andriani, Asna,(2017) Iain Tulungagung, Jl Mayor, dan Soejadi Timur. URGENSI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DALAM PENDIDIKAN ISLAM. Vol. 03, n.d.

Aprilliani, (2022).Iis, Program Studi, Pendidikan Guru-pendidikan Anak, dan Usia Dini. “Identifikasi aplikasi edukasi selama pembelajaran daring pada anak usia dini di kelurahan srijaya palembang skripsi”

Dariyadi, Moch Wahib.(2022) PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI ERA DIGITAL 4.0, n.d.

Febriyanti, Sinta. (2021) “Pengaruh Citra Perusahaan Dan Kualitas Pelayanan Atas Minat Masyarakat Memilih Pembiayaan Murabahah Di Bank Syariah (Studi Kasus Di BSI KK Tulungagung (eks BRI Syariah)” 13, no. 79: 79–87.

Hayati Salma, Lailatussaadah. (2016) “VALIDITAS DAN RELIABILITAS INSTRUMEN Salma Hayati.” Didaktika 16, no. 2: 169–179.

Idris, Husni. “Aplikasi Teknologi Pendidikan di Era Global.” Jurnal Ilmiah Iqra’ 3, no. 2 (2018).

Khalida, Baiq Rohmi, dan I Gede Astawan. (2021) “Penerapan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI SD.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru 4, no. 2: 182–189.

Kusmana, Ade. (2011) “DALAM PEMBELAJARAN Oleh: Ade Kusmana *.” Lentera Pendidikan 14, no. 1: 35–51.

Muhmin, Andi Hidayat. 2018Pentingnya Pengembangan Soft Skills Mahasiswa di Perguruan Tinggi Forum Ilmiah. Vol. 15,.

Nengrum, Thityn Ayu, Najamuddin Pettasolong, dan Muhammad Nuriman(2021). “Kelebihan dan Kekurangan Pembelajaran Luring dan Daring dalam Pencapaian Kompetensi Dasar Kurikulum Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah 2 Kabupaten Gorontalo.” JURNAL PENDIDIKAN 30, no. 1

Paramitha, Nurhapsari Pradnya. (2018). “PEMBELAJARAN MUFRODAT MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL.” Jurnal Ihtimam , no. 2

Rahman. “efektifiktas media lagu bahasa arab dalam meningkatkan kemampuan istima’ peserta didik kelas X IKA MAN 1 Soppeng.” institut agama islam negeri PAREPARE (2020): 4.

Ramafrizal, Yudho, dan Teni Julia. (2018) “Kajian Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) Dalam Upaya Meningkatkan Efektifitas Proses Belajar Mengajar Akuntansi.” OIKOS Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi II.

Rambe, Pangadilan. (2019): “PENGEMBANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN INOVATIF DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS WEB.” Arabi : Journal of Arabic Studies 4, no. 1 (Juli 1, 55.

S.pd, Bapak M.Hasyim. “Wawancara,” 2023.

Santi, S. ” (2020) “Efektivitas Metode Mim-Mem (Mimicry Memorization) Pada Pembelajaran Mufradat Di Mts Darul Huffadh Tuju-Tuju Kajuara Kab ….

Sholeh, Ismail. (2015) “Penerapan Metode Mimicry Memorization dalam Pembelajaran Al-Kalam Bagi Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Darul Qur,an Gunungkidul Tahun Ajaran 2014/2015”: 1–103.

Sriyono, Sriyono. (2018). “Internet Sebagai Media Pembelajaran.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan KALUNI 1

Sugiono, P.D. “Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif.pdf.” Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D, 2014.

Sugiyono. (2018)“ Teknik Analisis Kualtitatif.” Teknik Analisis: 1–7.

Sulhadi, Abrar, (2020) Universitas Islam, Negeri Sunan, dan Kalijaga Yogyakarta. “MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS ANDROID DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI ARRUZ UNTUK PENGUASAAN NAHWU DI JURUSAN SASTRA ARAB UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA” 37, no. 1.

Trisnawati, Nika Fetria, Muhamad Ruslan Layn, Arie Anang Setyo, Rahmatullah Bin Arsyad, Muhammad Fathurrahman, Sundari Sundari, dan Tolhas H. Banjarnahor. (2020) “Pengaruh Model Cooperative Script Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Ix Smp Negeri 1 Kota Sorong.” AdMathEdu : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika dan Matematika Terapan 9, no. 2: 123.

Tsauri, Sofyan, dan Mad Ali. (2023) “STUDI PENGAJARAN BAHASA ARAB DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN MUFRODAT SISWA KELAS XI SMA AL-FALAH BANDUNG” 2, no. 1: 1–15.




DOI: https://doi.org/10.31764/ljpb.v2i2.16746

Refbacks

  • There are currently no refbacks.