EVALUASI SISTEM IRIGASI TERSIER PADA DAERAH IRIGASI MENINTING DI DESA JATISELA KECAMATAN GUNUNG SARI KABUPATEN LOMBOK BARAT

Budy Wiryono, Suwati Suwati, Marianah Marianah

Abstract


Penelitian  yang berjudul “Evaluasi Sistem Irigasi Tersier pada Daerah Irigasi Meninting Di Desa Jatisela Kecamatan Gunung Sari Kabupaten Lombok Barat”  bertujuan untuk mengetahui dampak teknis, ekonomi, dan sosial dari jaringan irigasi serta mengetahui kondisi jaringan irigasi tersier di Desa Jatisela Kecamatan Gunung Sari Kabupaten Lombok Barat.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah diskriptif dengan metode survey dengan melakukan pengamatan langsung. Penelitian dilaksankan pada bulan Agustus - Nopember 2015. Penelitian deskriptif  yang bersifat kualitatif  ini dilakukan di lapangan dengan mengamati secara langsung proses Evaluasi Sistem irigasi dan drainase pada daerah irigasi meninting yang selanjutnya hasilnya dianalisis secara tabulasi.

Hasil penelitian ini menunjukkan Secara teknis dilokasi penelitian tidak ada bangunan pembagi air irigasi, debit air sangat rendah sebesar 0,101m/s, dan terdapat sistem distirbusi air yang dilakukan oleh P3A. Hasil lain, dampak ekonomi sebesar 57% responden mengakui memperoleh keuntungan dengan keberadaan irigasi. Keuntungan yang di peroleh mencapai 11 juta dalam setiap panen. Selanjutnya secara sosial terdapat peran petani dalam memelihara saluran, kelembagaan petani sangat kuat, dan tingkat partisipasi meningkat. Akhirnya, ditemukan distribusi air yang tidak merata disebabkan karena adanya jaringan irigasi yang rusak dan pemeliharaan yang kurang baik.

Keywords


Evaluasai; Irigasi tersier; Jaringan Irigasi

Full Text:

PDF

References


Nugroho, I. A., 2010, Pengairan Pertanian dan Jaringan Irigasi Baru. Ghalia Indonesia. Jakarta

Sugihan, B. T., 1996, Pengaturan Pemakaian Air Irigasi. PT. Remaja. Bandung.

Anonim, 2013. Profil Desa Jatisela. Pemerintahan Desa Jatisela. Lombok Barat.

Suparmoko, 1980, Persepektif Sosioteknik dalam Pembangunan Irigasi Kecil Unand.Padang.

Anonim, 2007. PP No. 20 Tahun 2006 tentang irigasi. Direktorat Jenderal Pekerjaan Umum. Jakarta.

Dewi, Y. A. dan Rachmat, H., 2003, Kajian Efesiensi dan Efektifitas Operasional Jaringan Irigasi Mendukung Produktivitas Usahatani Padi Sawah, Balai Besar Pengkajian dan P




DOI: https://doi.org/10.31764/agrotek.v6i2.1215

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Agrotek Ummat journal is abstracting & indexing in the following databases:

        


Jurnal Agrotek Ummat OFFICE: