Implementasi Metode Permainan Edukatif Dalam Sciantific Approach Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa MI

Nori Saswita Hebri, Nurul Julaifah

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan implementasi metode Permainan Edukatif dalam Scientific  Approach untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI di MI Al-Fatih NW Prentek. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan empat pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelas VI dengan jumlah siswa 7 orang. Hasil penelitian menunjukkan terjadinya peningkatan pada keterlaksanaan pembelajaran dengan persentase 3,25%, sedangkan pada hasil belajar siswa terjadi peningkatan sebesar 14,28%. Selain itu, siswa memberikan respon yang baik terhadap pembelajaran dengan menggunakan metode Permainan Edukatif.

Abstract:This study aims to describe implementation of Educational Play Methods in Scientific Approach to improve student learning outcomes of class VI students at MI Al-Fatih NW of Prentek. The type of research is Classroom Action Research (CAR). This research consisted of two cycles with four meetings. The subjects in this study were students of class VI with a total of 7 students. The results showed that an increase in the feasibility of learning with a percentage of 3.25%, while in student learning outcomes, there is an increase of 14.28%. In addition,students give a good response toward learning by using Educational Play methods.

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan implementasi metode Permainan Edukatif dalam Scientific  Approach untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI di MI Al-Fatih NW Prentek. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan empat pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelas VI dengan jumlah siswa 7 orang. Hasil penelitian menunjukkan terjadinya peningkatan pada keterlaksanaan pembelajaran dengan persentase 3,25%, sedangkan pada hasil belajar siswa terjadi peningkatan sebesar 14,28%. Selain itu, siswa memberikan respon yang baik terhadap pembelajaran dengan menggunakan metode Permainan Edukatif.

Abstract:This study aims to describe implementation of Educational Play Methods in Scientific Approach to improve student learning outcomes of class VI students at MI Al-Fatih NW of Prentek. The type of research is Classroom Action Research (CAR). This research consisted of two cycles with four meetings. The subjects in this study were students of class VI with a total of 7 students. The results showed that an increase in the feasibility of learning with a percentage of 3.25%, while in student learning outcomes, there is an increase of 14.28%. In addition,students give a good response toward learning by using Educational Play methods.

  

Keywords


Permainan Edukatif Sciantific Approach Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Departemen Pendidikan Nasional. (2005). Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.

Desmita. 2015. Psikologi Perkembangan . Bandung: Rosdakarya

Kemmis, S & R McTaggart, 1988. Action Research - some ideas from The Action Research Planner, Third edition, ed. Deakin University.

Rusman. (2002). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada

Shoffa, S.2014. Penerapan Media Puzzle Cerdas Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Taman Kanak-Kanak Dalam Berhitung.

Ardianto, W., Sa’dijah, C., & Kuswandi, D. 2017. Pembelajaran Saintifik Berbantuan Media Manipulatif untuk Memahamkan Konsep Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat. Jurnal Pendidikan, 694-705 http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/.

Carolle, H, & Ellen, W. 2006. Relations among child care quality, teacher behavior, children's play activities, emotional security, and cognitive activity in child care. Journal Early Childhood Research Quarterly, Volume10.Dari: https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/0885200695900136.

Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD/article/viewFile/7809/5339.

Puspita, P., Nyoman,W., & Putu, A. 2016. Penerapan Pendekatan Saintifik Berbantuan Media Kartu Gambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Di TK Catur Paramita. e-Journal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas

Tembang, Y., Sulton., & Suharjo. 2017. Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Think Pair Share Berbantuan Media Gambar di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan.Volume: 2 Nomor: 6 Bulan Juni Tahun 2017,halaman: 812—817.

Wang, Z., Wong,P., & Cheng, D. 2016. Play and theory of mind in early Childhood. Dari https://doi.org/10.1080/03004430.2016.1146261.

Seminar Nasional IKIP Mataram, Mataram, Indonesia, h. 391-396, Oktober 2017.

Aisyah, D.W., Gipayana, M., & Djatmika, E.T. Mengembangkan Kebermaknaan Belajar dengan Rancangan Pembelajaran Tematik Bercirikan Quantum Teaching,1-8. Dari http://pasca.um.ac.id/conferences/index.php/gtk/article/view/274.




DOI: https://doi.org/10.31764/elementary.v2i1.1292

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar
e-ISSN 2614-5596
Email: [email protected]
Published by: PGSD Universitas Muhammadiyah Mataram

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar | Sudah Terindeks:

        

Alamat Redaksi: