PELATIHAN PENYUSUNAN RPP TEMATIK BAGI GURU SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN SIAK HULU KABUPATEN KAMPAR

Dea Mustika, Elpri Darta Putra, Dyara Atmy Febriyanti

Abstract


Abstrak: Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk membantu guru sekolah dasar dalam merancang dan menyusun RPP tematik. Kegiatan pengabdian dilakukan di kecamatan siak hulu kabupaten Kampar, Riau. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan individu dan pendekatan klasikal. Pendekatan individu dilakukan dengan mengadakan workshop berupa penyampaian materi, sedangkan pendekatan klasikal dilakukan  dengan membimbing peserta menyusun RPP tematik.

iv

 

 Hasil dari pengabdian ini adalah guru-guru sekolah dasar yang menjadi peserta pengabdian dapat memahami penyusunan RPP tematik sesuai dengan panduan yang telah ada. Selain itu, dengan adanya pengabdian ini dapat memberi konsep pengetahuan baru bagi peserta agar dapat melaksanakan pembelajaran yang lebih baik di kelas-kelas sekolah dasar.

Abstract: This community service aims to help primary school teachers in designing and compiling thematic lesson plans. Service activities carried out in the Siak Hulu sub-district, Kampar district, Riau. The approach used is an individual approach and a classical approach. The individual approach is carried out by holding a workshop and the classical approach is carried out by guiding participants to develop a thematic lesson plan. The results of this service are participants can understand the preparation of thematic lesson plans in accordance with existing guidelines. In addition, with this community service can provide new knowledge concepts for participants to be able to carry out better learning in primary school classes


Keywords


Pengabdian kepada masyarakat, RPP Tematik, Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Karli, H. (2016). Penerapan Pembelajaran Tematik SD Di Indonesia. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 2(1). https://doi.org/10.17509/eh.v2i1.2752

Nursina, N. (2016). Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru SDN 38 Sungai Limau dalam Menyusun RPP Melalui Workshop Penyusunan RPP pada Kegiatan KKG Mini SDN 38 Sungai Limau Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 4(2), 79. https://doi.org/10.29210/16700

Prastowo, A. (2017). Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tematik Terpadu. In Kencana.

Suadnyana, I. N., Wiyasa, I. K. N., Ardana, I. K., Putra, D. K. N. S., & Wulandari, I. G. A. A. (2017). Pelatihan Penyusunan RPP Tematik Integratif Menggunakan Pendekatan Saintifik Bagi Guru-Guru Sekolah Dasar Gugus Viii Abiansemal Badung Tahun Pelajaran 2015/2016. International Journal of Community Service Learning, 1(1), 63. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v1i1.11908

Susanah, S., Ismail, I., & Prawoto, B. P. (2016). Pelatihan Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Berdasarkan Kurikulum 2013 Di SD Negeri 3 Sidokumpul Gresik Kabupaten Gresik. Jurnal ABDI, 1(1), 67. https://doi.org/10.26740/ja.v1n1.p67-70

Syaharuddin, V. M. (2018). Meningkatkan Kemampuan Berhitung Siswa Sd Menggunakan Metode Jarimatika. JCES, 1(1), 30–33.

Zuriah, N., Sunaryo, H., & Yusuf, N. (2016). IbM Guru Dalam Pengembangan Bahan Ajar Kreatif Inovatif Berbasis Potensi Lokal. Jurnal Dedikasi, 8(0), 39–49.




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v0i0.1374

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Universitas Muhammadiyah Mataram

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: