PENDAMPINGAN GURU DALAM PENYUSUNAN ASESMEN KURIKULUM MERDEKA DI KOTA DUMAI

Resma Wahyuni, Mariani Natalina Linggasari, Zulfarina Zulfarina, Imam Mahadi, Elya Febrita, Nursal Nursal, Yuslim Fauziah

Abstract


Abstrak: Kurikulum merdeka memiliki berbagai perbedaan dengan kurikulum pendahulunya. Salah satu aspek pembeda adalah asesmen yang menekankan pada perkembangan karakter peserta didik dan mengutamakan asesmen formatif. Hasil wawancara pada sekolah mitra, diketahui masih banyak guru yang belum memahami penyusunan asesmen pada kurikulum merdeka. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun asesmen diagnostik, formatif, dan sumatif. Metode pengabdian ini yaitu sosialisasi dan praktik penyusunan asesmen oleh guru dengan didampingi oleh tim pengabdi. Terdapat tiga tahap yang dilaksanakan yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi yang terdiri dari 10 soal pretest dan postest. Peserta pengabdian terdiri dari guru-guru yang tergabung dalam MGMP Fisika, Kimia, dan Biologi SMA berjumlah 18 orang. Tingkat ketercapaian kegiatan didasarkan pada peningkatan nilai pretest-posttest dan angket kepuasan peserta yang dibagikan melalui googleform. Hasil kegiatan diperoleh bahwa (1) pengetahuan peserta tentang penyusunan asesmen meningkat sebesar 58%; (2) hasil angket kepuasan mendapatkan nilai 94%; dan (3) adanya peningkatan kompetensi guru dalam menyusun asesmen kurikulum merdeka.

Abstract: The independent curriculum has various differences from its predecessor curriculum. One of the differentiating aspects is assessment which emphasizes the development of students' character and prioritizes formative assessments. As a result of interviews at partner schools, it is known that there are still many teachers who do not understand the preparation of assessments in the independent curriculum. This service activity aims to increase teacher competence in preparing diagnostic, formative and summative assessments. This service method is socialization and practice of preparing assessments by teachers accompanied by a service team. There are three stages carried out, namely preparation, implementation and evaluation which consists of 10 questionspretest andposttestThe service participants consisted of 18 teachers who were members of the MGMP Physics, Chemistry and Biology High School. The level of activity achievement is based on increasing valuepretest-posttest and participant satisfaction questionnaires distributed viagoogleform. The results of the activity showed that (1) participants' knowledge about preparing assessments increased by 58%; (2) the results of the satisfaction questionnaire got a score of 94%; and (3) there was an increase in teacher competence in preparing independent curriculum assessments.


Keywords


Independent Curriculum; Assessment; Mentoring; Competencies.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Anwar, R. N. (2022). Communautaire: Journal of Community Service Pelatihan Implementasi Kurikulum Merdeka pada Guru di Lembaga Paud Se-Kecamatan Madiun. Communautaire: Journal of Community Service, 01(01), 21–29.

Badan Standar, K. dan A. P., & Kementerian Pendidikan, K. R. dan T. (2022). Pembelajaran dan Asesmen.

Baihaqi, Y., Gunawan, A., & Lampung, M. (2023). Pelatihan Guru Muda Muhammadiyah Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di Kota Metro Universitas Muhammadiyah Metro, Jalan Ki Hajar Dewantara No 116 Iringmulyo Metro Timur Kota. In Agustus (Vol. 7, Issue 2).

Budiarti, E., Anshoriyah, S., Krisnova Levryn, P., Annisa, N., & Abidah, N. (2023). Asesmen Dan Laporan Hasil Belajar PAUD Pada Kurikulum Merdeka.

Cerelia, J. J., Sitepu, A. A., Azhar, F., Pratiwi, I. R., Almadevi, M., Farras, M. N., Azzahra, T. S., & Toharudin, T. (2021). Learning Loss Akibat Pembelajaran Jarak Jauh Selama Pandemi Covid-19 di Indonesia. Seminar Nasional Statistika X. http://prosiding.statistics.unpad.ac.id

Daryanes, F., Dipuja, D. A., & Suzanti, F. (2022). Peningkatan Kemampuan Penguasaan Teknologi Melalui Penggunaan Aplikasi Kahoot Dan Quizizz Bagi Guru Pada Proses Evaluasi Pembelajaran Daring. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(2), 913. https://doi.org/10.31764/jmm.v6i2.6871

Leenknecht, M., Wijnia, L., Köhlen, M., Fryer, L., Rikers, R., & Loyens, S. (2020). Formative assessment as practice: the role of students’ motivation. Assessment & Evaluation in Higher Education, 46(2), 236–255. https://doi.org/10.1080/02602938.2020.1765228

Mardiana, W. A. P. & R. Z. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Melalui Pelatihan Asesmen Pembelajaran Kurikulum Merdeka Pada Kelompok Kerja Guru Gugus Kulim Kota Jambi. Pengabdian Cendekia, 1(1), 14–17.

Menggo, S., Par, L., Gunas, T., & Guna, S. (2021). Pendampingan Penyusunan Soal Berorientasi Hots Bagi Para Guru SMA. In Jurnal Widya Laksana (Vol. 10, Issue 1).

Murwantini, S. (2023). Optimalisasi Asesmen Untuk Sekolah Menengah Kejuruan Pada Kurikulum Merdeka. In Technology, Education And Mechanical Engineering (Vol. 13, Issue 2).

Prijowuntato, S. W. (2020). Evaluasi Pembelajaran - Sebastianus Widanarto Prijowuntato - Google Books. Dharma University Press. https://books.google.co.id/books/about/Evaluasi_Pembelajaran.html?id=ipLVDwAAQBAJ&redir_esc=y

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237

Ritaudin Supadiyanto John Suprihanto Avin Fadilla Helmi Theresia Anita Christiani Sudiyo Suyono St Nurbaya Nurjamil Dimyati Buchori Nursya, A., Purnama Tim Asisten Penulis, bani, & Kusuma Wardani Citra Bening Sejati Hikari Salsabiela Amalia Raissa Rahma Nadhira Editor Supadiyanto, B. (n.d.). Dinamika Implementasi Kurikulum Merdeka Di Kabupaten Sleman: Antara Kendala dan Solusinya.

Rizal, S. U., Hikmah, N., Anshari, M. R., Guru, P., Ibtidaiyah, M., Palangka Raya, I., Agama, P., & Raya, P. (2022). Bimbingan Teknis Implementasi Kurikulum Merdeka di MIN 2 Kota Palangka Raya (Vol. 3, Issue 3).

Sari, F. I. D. S. D. A. (2023). Analisis Perbedaan Kurikulum 2013 Dan Kurikulum Merdeka (Vol. 5).

Suratno, Joko. , D. P. S. dan A. B. (2022). Kurikulum Dan Model-Model Pengembangannya. 2(1), 67–75.

Zukhrufurrohmah, O. R. U. P. (2021). Pendampingan Pengembangan Instrumen Berciri Literasi Numerasi dalam Menyiapkan AKM pada Guru SD. JPMB: Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Berkarakter, 4(2), 249–260. http://journal.rekarta.co.id/index.php/jpmb




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v8i3.21505

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Resma Wahyuni, Mariani Natalina Linggasari, Zulfarina, Imam Mahadi, Elya Febrita, Nursal, Yuslim Fauziah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: