SOSIALISASI DAN STUDIUM GENERALE DIGITAL MARKETING PADA UMKM DI DESA SUKARAJA KABUPATEN CIAMIS

Rifki Abdul Malik, Nina Herlina, Andini Grace Tinia, Purnama Sari

Abstract


Abstrak: Permasalahan yang ada saat ini adalah UMKM di desa sukaraja kabupaten Ciamis belum memahami perlunya promosi secara digital sehingga menghambat masyarakat untuk mengetahui produknya. Tujuan kegiatan PKM ini adalah meningkatkan UMKM di desa sukaraja kabupaten Ciamis dalam membuat Digital Marketing, Social Media Branding, Content Planning, Instagram Marketing. Metode pelaksanaan PKM adalah sosialisasi, studium generale. Adapun sistem evaluasi pelaksanaan PKM. Keadaan mitra dibandingkan sebelum dan sesudah implementasi untuk menentukan evaluasi desain. Mitra PKM ini adala UMKM di desa sukaraja kabupaten Ciamis sebanyak 50 orang. Kegiatan PKM ini menghasilkan Peningkatan pemahaman peserta mengenai digital marketing sebasar 47,4%, setelah diberikan sosialisasi pemahaman meningkat menjadi 56,2% dengan kenaikan 8,8%. Peningkatan pemahaman tentang social media marketing sebelum sebelum sosialisasi 21,4% berubah menjadi 59,4% menunjukkan adanya kenaikan 38%. Selanjutnya, pemahaman terhadap manfaat digital marketing, sebelumnya 46,3% berubah menjadi 55,5% atau meningkat sebesar 9,2%. Pemahaman komponen identitas merek, konten dan pemanfaatan fitur sosial media meningkat 44,2% dari 24,5% menjadi 68,7%.

Abstract: The current problem is that MSMEs in Sukaraja village, Ciamis district, do not yet understand the need for digital promotion, thus preventing the public from knowing about their products. The aim of this PKM activity is to improve MSMEs in Sukaraja village, Ciamis district in creating Digital Marketing, Social Media Branding, Content Planning, Instagram Marketing. The method for implementing PKM is socialization, workshops. There is an evaluation system for PKM implementation. The conditions of partners are compared before and after implementation to determine design evaluation. The PKM partners are 50 MSMEs in Sukaraja village, Ciamis district. This PKM activity resulted in an increase in participants' understanding of digital marketing by 47.4%, after being given socialization, understanding increased to 56.2% with an increase of 8.8%. Increased understanding of social media marketing before socialization from 21.4% changed to 59.4%, indicating an increase of 38%. Furthermore, understanding of the benefits of digital marketing, previously 46.3% changed to 55.5% or an increase of 9.2%. Understanding of brand identity components, content and use of social media features increased 44.2% from 24.5% to 68.7%.


Keywords


Digital Marketing; Social Media Marketing; MSMEs.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Baard, S. K., Rench, T. A., & Kozlowski, S. W. J. (2014). Performance Adaptation: A Theoretical Integration and Review. In Journal of Management (Vol. 40, Issue 1). https://doi.org/10.1177/0149206313488210

Insiden24. (2023). UMKM di Ciamis Kurang Berkembang Terkendala Modal dan Pemasaran. Insiden24. https://www.insiden24.com/ekbis/3968363742/umkm-di-ciamis-kurang-berkembang-terkendala-modal-dan-pemasaran-ini-solusi-dari-sandiaga-uno

Kotler, P., & Keller, K. L. (2008). Manajemen Pemasaran (13 Jilid 1). Penerbit Erlangga.

Linda Handayani Sukaemi, Isam Samsul Muharam, & Hanipah Fahirah Kamilah. (2023). Copywriting for Teenagers’ Personal Branding on Social Media. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(2), 533–541. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v7i2.13849

Malik, R. A., Mulyatini, N., Akbar, D. S., Rizkia, T. S., Ekonomi, F., & Galuh, U. (2023). How Digital Tax Socialization Moderates E-Filling Against Individual Taxpayer Compliance. E-Jurnal Akuntansi, 33(3), 715–730. https://doi.org/10.24843/EJA.2023.v33.i03.p10

Pradiani, T. (2017). Jurnal 14. 262638-Pengaruh-Sistem-Pemasaran-Digital-Market-D97B4Aea. Jibeka, 11(2), 46–53. https://media.neliti.com/media/publications/publications/262638-pengaruh-sistem-pemasaran-digital-market-d97b4aea.pdf

Prihadi, D., & Susilawati, A. D. (2018). Pengaruh Kemampuan E-Commerce dan Promosi di Media Sosial terhadap Kinerja Pemasaraan. Benefit: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 3(1), 15. https://doi.org/10.23917/benefit.v3i1.5647

Rachmawati, D., Ramadhani, N., Aulia Komarullah, T., Psikologi, F., & Islam Sunan Gunung Djati Bandung, U. (2021). Sosialisasi Peranan Digital Marketing Bagi UMKM Di Desa Ujung Genteng Socialization Of The Role Of Digital Marketing For UMKM In Ujung Genteng Village. Proceedings UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1(29), 90–104.

Rapitasari, D. (2016). Digital marketing Berbasis Aplikasi Sebagai Strategi Meningkatkan Kepuasaan Pelanggan. Jurnal Cakrawala, 10(2), 107–112. http://www.cakrawalajournal.org/index.php/cakrawala/article/view/36

Ratna Gumilang, R. (2019). Implementasi Digital Marketing Terhadap Peningkatan Penjualan Hasil Home Industri. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen, 10(1), 9–14. https://doi.org/10.32670/coopetition.v10i1.25

Septian, F., Syaripudin, A., Punkastyo, D. A., & Nugroho, F. A. (2021). Sosialisasi Dan Pelatihan Digital Marketing Bagi Umkm Dan Pemuda Karang Taruna Cilandak Barat. JAMAIKA: Jurnal Abdi Masyarakat, 2(1), 72–80. http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/JAMAIKA/article/view/7395

Tasik.Com, A. (2023). Sekda Ciamis Ungkap Dua Hambatan yang Menyebabkan UMKM Sulit Berkembang. Ayo Tasik.Com. https://www.ayotasik.com/berita-tasik/pr-337506003/sekda-ciamis-ungkap-dua-hambatan-yang-menyebabkan-umkm-sulit-berkembang

Wardhana, A. (2015). Strategi Digital Marketing dan Implikasinya Pada Keunggulan Bersaing UMK di Indonesia. In Seminar Nasional Keuangan Dan Bisnis IV, April 2015, 327–337.

Wengler, S., Hildmann, G., & Vossebein, U. (2021). Sales excellence in the digital era: towards a new conceptual framework.




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v8i3.22535

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Rifki Abdul Malik, Nina Herlina, Andini GraceTinia, Purnama Sari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: