PERSONAL BRANDING IKATAN WANITA PENGUSAHA INDONESIA ALAM PEMANFAATAN PERIKLANAN AUGMENTED REALITY INDUSTRI KOSMETIK UNTUK MENINGKATKAN MANAJEMEN HUBUNGAN PELANGGAN

Asep Erik Nugraha, Rianita Puspa Sari, Muhamad Taufiq Rachmat, Jaja Muhammad Zakaria, Aviska Nuravianti

Abstract


Abstrak: Saat ini, perkembangan teknologi semakin pesat memaksa semua sektor di kehidupan manusia untuk selalu menyesuaikan diri dan dituntut untuk dapat mengimplementasikan perkembangan tersebut. Perkembangan yang sedang terjadi saat ini adalah penggunaan teknologi Augmented Reality (AR) dalam kegiatan pemasaran dan promosi suatu produk, salah satunya adalah produk pada bidang kecantikan dan kosmetik. Tujuan untuk memberikan solusi dan pendampingan terhadap permasalahan yang ada khususnya di dalam beberapa sektor industri kosmetik dan kecantikan kepada IWAPI. Metode yang digunakan adalah sosialisasi berupa webinar untuk transfer pengetahuan terkait teknologi AR dan manajemen hubungan pelanggan dan evaluasi terhadap personal branding penggunaan teknologi AR. Hasil dari survei responden mengetahui mengenai teknologi Augmented Reality sebesar 73,3% dan 83,3% responden tertarik terhadap penggunaan teknologi AR serta pengenalan strategi pemasaran dan personal branding hasil evaluasi dan efektivitas kenaikan sebesar 78,1%.

Abstract: Currently, technological developments are increasingly rapidly forcing all sectors in human life to always adapt and are required to be able to implement these developments. The current development is he use of Augmented Reaity (AR) technology in the marketing and promotion of a product in the field of beauty and cosmetics. The aim is to provide solutions and assistance to exisiting problems, especially to IWAPI. The method used is socialization in theform of webinars for knowledge transfer related to AR technology. The results of the survey respondents know Augmented Reality technology by 73,3% and 83,3% of the respondents are interested in the use of technology as well as the introduction of marketing stratetgies and personal branding the results of the evaluations and effectiveness increase by 78,1%.


Keywords


Augmented Reality; Cosmetics; Technology; Personal Branding

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Ejaz, A., Ali, S. A., Ejaz, M. Y., & Siddiqui, F. A. (2019). Graphic user interface design principles for designing Augmented Reality applications. International Journal of Advanced Computer Science and Applications, 10(2), 209–216. https://doi.org/10.14569/ijacsa.2019.0100228

Hakim, L. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pai Berbasis Augmented Reality. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 21(1), 59–72. https://doi.org/10.24252/lp.2018v21n1i6

Harra, Y. K., Aminulloh, A., & Qorib, F. (2021). Strategi Personal Branding Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang Dalam Media Sosial Instagram. Diambil 26 Desember 2021, dari Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang website: http://rinjani.unitri.ac.id/handle/071061/659

Hayatun Nuvus, Mursyidah, A. (2019). Augmented Reality Sebagai Alat Pengenalan Hewan Untuk Anak Usia Dini Menggunakan Metode Markerless. Jurnal Teknologi Rekayasa Informasi dan Komputer, Vol.3(1), 37–42.

Ismail, I., & AlBahri, F. P. (2019). Perancangan E-Kuisioner menggunakan CodeIgniter dan React-Js sebagai Tools Pendukung Penelitian. J-SAKTI (Jurnal Sains Komputer dan Informatika), 3(2), 337. https://doi.org/10.30645/j-sakti.v3i2.152

Josina. (2020). Korea Selatan Andalkan Cermin AR untuk Jualan Makeup. Diambil 26 Desember 2021, dari detik.inet website: https://inet.detik.com/cyberlife/d-5081407/korea-selatan-andalkan-cermin-ar-untuk-jualan-makeup

Mansyur, A. I., Purnamasari, R., & Kusuma, R. M. (2019). Webinar Sebagai Media Bimbingan Klasikal Sekolah Untuk Pendidikan Seksual Berbasis Online (Meta Analisis Pedagogi Online). Jurnal Bimbingan Konseling Universitas Syiah Kuala, 4, 1–9.

Maulana, G. G. (2017). Penerapan Augmented Reality Untuk Pemasaran Produk Menggunakan Software Unity 3D dan Vuforia. Jurnal Teknik Mesin (JTM), 6. Diambil dari https://media.neliti.com/media/publications/177035-ID-penerapan-augmented-reality-untuk-pemasa.pdf

Mayleen. (2021). 4 Tips Rias Wajah Agar Tampil Cantik Saat Menghadiri Pesta. Diambil 26 Desember 2021, dari radar24news website: https://radar24news.com/4-tips-rias-wajah-agar-tampil-cantik-saat-menghadiri-pesta/

Muchlis, M., Christian, A., & Sari, M. P. (2019). Kuesioner Online Sebagai Media Feedback Terhadap Pelayanan Akademik pada STMIK Prabumulih. Eksplora Informatika, 8(2), 149–157. https://doi.org/10.30864/eksplora.v8i2.215

Prasasti, Z. B. R. (2021). Analisis Cara Kerja Augmented Reality (AR) Sebagai Media Pembelajaran Aksara Lampung. Diambil dari https://osf.io/preprints/gsh76/

Pratiwi, H. (2021). Pengaruh Media Sosial dan Personal Branding Terhadap Keputusan Pembelian Produkms Glow di Masa pandemi Covid-19 ( Studi Kasus Mahasiswi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara). Universitas Muhamadiyah Sumatra Utara.

Restu. (2021). Pengertian dan Contoh Personal Branding. Diambil 26 Desember 2021, dari Gramedia Blog website: https://www.gramedia.com/best-seller/personal-branding/

Salam, O. D. (2020). Personal Branding Digital Natives di Era Komunikasi Media Baru (Analisis Personal Branding di Media Sosial Instagram). Business Economic, Communication, and Social Sciences (BECOSS) Journal, 2(1), 19–30. https://doi.org/10.21512/becossjournal.v2i1.6070

Setiawan, D. (2018). Strategi Membangun Personal Branding Dalam Meningkatkan Performance Diri. Jurnal BAPPEDA, Vol. 4 No., 19–25.

Setyawati, H. A. (2021). Bagaimana Membangun Personal Branding? JCSE: Journal of Community Service and Empowerment, 2(1), 86–90. Diambil dari http://journal.stieputrabangsa.ac.id/index.php/jcse/article/view/858

Wahyu Wijaya, I. N. S., & Atmaja, K. J. (2019). Pengembangan Sistem Evaluasi Kinerja Dosen (E-Kuesioner) Stmik Stikom Indonesia. JST (Jurnal Sains dan Teknologi), 8(1), 55. https://doi.org/10.23887/jst-undiksha.v8i1.17290




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v6i2.6995

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Asep Erik Nugraha, Rianita Puspa Sari, Muhamad Taufiq Rachmat, Jaja Muhammad Zakaria, Aviska Nuravianti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: