COACHING CLINIC: DIGITALISASI TATA KELOLA ADMINISTRASI DAN PELAYANAN MASYARAKAT

Neni Mulyani, Jeperson Hutahaean, Zulfi Azhar, Aulia Kartika, Ayu Ambarwati

Abstract


Abstrak: Untuk meningkatkan pelayanan publik di pemerintahan desa dapat dilakukan dengan tata kelola yang baik dengan melaksanakan program-program yangmendukung kinerja aparatur desa dalam melayani masyarakat. Pada Desa Guntung di daerah Batubara, dalam stata kelola administrasi dan pelayanan masyarakat masih secara manual sehingga proses pelayanan masyarakat lambat, sumber daya manusia berpendidikan relatif rendah, penguasaan teknologi yang kurang khususnya penguasaan penggunaan komputer sehingga perangkat desa masih memerlukan mendapat pelatihan tentang tatakelola administrasi. Tujuan dilaksanakan kegiatan pengabdian ini adalah supaya dapat memberikan pengetahuan yang memadai mengenai administrasi desa kepada peserta, memberikan pelatihan berbasis komputer tentang tata kelola administrasi dan pelayanan masyarakat. Metode pelaksanaan kegiatan yang digunakan adalah dalam bentuk pelatihan, diskusi secara interaktif kepada seluruh perangkat desa yang berhubungan langsung dengan pengelolaan administrasi desa. Kegiatan ini menggunakan pengetahuan secara teori dan praktek di ruangan. Pelatihan ini memberikan penilaian kepada para peserta melalui tes tertulis menggunakan pretest dan posttest dengan banyak peserta yang ikut berjumlah 30 orang. Hasil penilaian akhir kegiatan, para peserta dapat memahami materi yang disampaikan berdasarkan dari hasil angka penilaian hasil posttest, nilainya mulai dari 85 sampai 95 dengan nilai pencapaian 92 persen.

Abstract: To improve public services in the village government, it can be done with good governance by implementing programs that support the performance of the village apparatus in serving the community. In Guntung Village in the Batubara area, administrative management and community services are still manual so that the community service process is slow, educated human resources are relatively low, technology mastery is lacking, especially mastery of using computers so that village officials still need to receive training on administrative management. The purpose of this service activity is to provide participants with adequate knowledge about village administration, provide computer-based training on administrative governance and community services. The method of implementing the activities used is in the form of training, interactive discussions with all village officials who are directly related to the management of village administration. This activity uses knowledge in theory and practice in the room. This training provides an assessment to the participants through a written test using a pretest and posttest with 30 participants participating. The results of the final assessment of the activity, the participants were able to understand the material presented based on the results of the posttest results, the scores ranged from 85 to 95 with an achievement value of 92 percent.


Keywords


village administration; computer; training; society service; administrative management.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Ali, K., & Saputra, A. (2020). Tata Kelola Pemerintahan Desa Terhadap Peningkatan Pelayanan Publik Di Desa Pematang Johar. Warta Dharmawangsa, 14(4), 602–614. https://doi.org/10.46576/wdw.v14i4.891

Hutahaean, J. (2015). Konsep Sistem Informasi. Ed.1, Cet.1. Yogyakarta: Deepublish, ISBN 978-602-280-368-3. hal.124

Indri Murniawaty, I. H. P. (2019). Pelatihan Tata Kelola Surat Dinas dalam Upaya Peningkatan Tertib Administrasi Desa. Equilibrium : Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Pembelajarannya, 7(1), 58. https://doi.org/10.25273/equilibrium.v7i1.3837

Fadjar Trisakti, (2020). Analisis Kinerja Pelayanan Tata Kelola Sampah Di Kabupaten Bandung, ISSN 2615-3505 Vol.14 No.10. 3335-3348 http://ejurnal.binawakya.or.id/index.php/MBI,.

Martiawan, R. (2019). Tata Kelola Pemerintahan: Kebijakan Pemeritahan Yang Terbuka Melalui Pelaksanaan Pelayanan public Di Kabupaten Kuningan. Prosiding Senaspolhi, 62–78. https://publikasiilmiah.unwahas.ac.id/index.php/SENASPOLHI/article/view/2966

Maulana, R. R., & Priatna, R. (2021). Perancangan Sistem Pelayanan Administrasi Kependudukan dalam Menunjang Digitalisasi Desa. 8(6), 419–423. https://doi.org/10.30865/jurikom.v8i6.3753

Mindarti, L. I., Saleh, C., & Galih, A. P. (2020). Pemberdayaan Pelayanan dan Tata Kelola Kearsipan di Kelurahan Merjosari Kota Malang. J-Dinamika : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 76–82. https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v5i1.1390

Neta, Y. (2014). Model Tata Kelola Administrasi Pemerintahan Yang Baik di Daerah Otonom Baru. Fiat Justisia:Jurnal Ilmu Hukum, 6(2), 1–15. https://doi.org/10.25041/fiatjustisia.v6no2.80

Nurjanah, A., & Iswanto, I. (2021). Digitalisasi Kelembagaan Pedukuhan Melalui Sistem Informasi Berbasis IT di Dusun Nengahan, Bantul, DIY. Warta LPM, 24(4), 626–635. https://journals.ums.ac.id/index.php/warta/article/view/13559

Ode Asmanang, L., Tawakal, F., Puadji, F., Setianingsi, E., Azhar Sa, L., Program Studi Ilmu Komunikasi, M., Program Studi Ilmu Pemerintahan, M., & Program Studi Ilmu Pemerintahan, D. (2020). a Training in Village Administration At Wajajaya Village. Integritas : Jurnal Pengabdian, 4(1), 87–94.

Rahmawati, A. D., & Fatmawati, A. (2020). Sistem Administrasi Desa Mendiro Kecamatan Ngrambe Kabupaten Ngawi berbasis Web. Emitor: Jurnal Teknik Elektro, 20(02), 149–155. https://doi.org/10.23917/emitor.v20i02.9893

Ritnawati, R., Suppa, R., & Muhallim, M. (2020). Sistem Informasi Pelayanan Masyarakat Berbasis Android Pada Kantor Desa Kaliba Mamase. SPEKTA (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat : Teknologi Dan Aplikasi), 1(2), 95. https://doi.org/10.12928/spekta.v1i2.2860

Rohman, A. Z. A. dan F. (2020). Digitalisasi Dokumen Dan Pelayanan Untuk Meningkatkan Kinerja Pemerintah Desa. Abdimas Unwahas, 5(1), 66–71.

Sotya Partiwi Ediwijoyo, Wakhid Yuliyanto, & Ari Waluyo. (2020). Meningkatkan pelayanan publik Di Desa Padureso Kec. Padureso Kebumen dengan Sosialisasi dan PenyuluhanTata Kelola Administrasi Desa. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(3), 354–363. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v1i3.412

Sulastri, W., Kustiawan, D., Aristo, A., Sinlae, J., & Irfan, M. (2021). Pengembangan Sistem E-Government Untuk Peningkatan Layanan Publik Pada Tata Kelola Administrasi Desa. Jurnal Riset Komputer), 8(6), 2407–389. https://doi.org/10.30865/jurikom.v8i6.3650

Wibawa, I. G. A., & Antarini, L. (2020). Public Inspiration : Jurnal Administrasi Publik Sistem Digital Tata Kelola Pemerintahan Daerah ( Digital Local Government ). Administrasi Publik, 5(1), 57–71.

Wiralestari, W., Sam, I., Lutfi, L., Fitriani, D., & Wendry, W. S. (2020). Peningkatan Kemampuan Aparatur Desa Dalam Tata Kelola Administrasi Pemerintahan Desa Pada Desa Mendalo Indah. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 4(2), 206–210. https://doi.org/10.22437/jkam.v4i2.10520

Zutiasari, I., Saputri, S. E., Yuvita, L. F., Hotimah, H., Assegaff, M. F., & Malang, U. N. (2020). Sistem Aplikasi Tata Kelola Administrasi (SIPATAS) dalam Peningkatan Pelayanan Prima Administrasi Desa. Jurnal Karinov, 3(3), 140–146.




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v6i4.8676

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Neni Mulyani, Jeperson Hutahaean , Zulfi Azhar, Aulia Kartika, Ayu Ambarwati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: