“GoSuJo” sebagai Penerapan Prinsip – Prinsip Good Governance dalam Meningkatkan Kinerja Public Service oleh Aparatur Desa Sumberjo Sanankulon Blitar
Abstract
Abstract: Good governance is a reform agenda that aims to create good and clean government. The aim of this community service is to increase the capacity of village officials to provide excellent public services. The method used is a Participatory Rural Appraisal (PRA) approach with 5 stages, namely initial socialization, initial planning, program preparation, implementation and evaluation. The result of the service carried out by the service team is the GoSuJo website which will be used to provide online services and open information to the people of Sumberjo Village.
Abstrak: Pemerintahan yang terlaksana dengan baik (good governance) adalah agenda reformasi yang bertujuan agar terciptanya pemerintahan yang baik dan bersih. Tujuan pengabdian masyarakat ini yaitu untuk meningkatkan kapasitas aparatur desa dalam memberikan pelayanan publik terbaik. Metode yang digunakan dengan pendekatan Partisipatory Rural Apprasisal (PRA) dengan 5 tahapan yakni sosialisasi awal, perencanaan awal, penyusunan program, pelaksanaan dan evaluasi. Hasil dari pengabdian yang dilakukan oleh tim pengabdian adanya website Gosujo yang akan digunakan dalam memberikan pelayanan secara online serta keterbukaan informasi kepada masyarakat Desa Sumberjo.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adam, A., Siregar, N. S. S., Matondang, A., Angelia, N., & Lubis, Y. A. (2021). Pengabdian Kepada Masyarakat Untuk Meningkatkan Partisipasi Masyarakat dan Good governance Tingkat Desa Di Desa Aras Kabu Deli Serdang. Pelita Masyarakat, 3(1), 32–42. https://doi.org/10.31289/pelitamasyarakat.v3i1.5713.
Afandi, A., Laily, N., Wahyudi, N., Umam, M. H., Kambau, R. A., Rahman, S. A., Sudirman, M., Jamilah, Kadir, N. A., Junaid, S., Nur, S., Parmitasari, R. D., Nurdiyanah, Wahid, M., & Wahyudi, J. (2022). Metodologi Pengabdian Masyarakat. Dikti Keagamaan Islam. http://diktis.kemenag.go.id
Cahyadi, A. (2016). Penerapan Pelayanan Publik dalam Good Governance (Studi Tentang Kualitas Pelayanan Elektronik Kartu Tanda Penduduk Berbasis Good Governance) di Kecamatan Sukolilo Surabaya. JPAP : Jurnal Penelitian Administrasi Publik, 2(02).
Hartati, A., Palopa, R., & Mahmud, S. (2023). Pendampingan Desa Dalam Penguatan Demokrasi Dan Good Governance Di Desa Sayambongin Kec. Nambo Kab. Banggai. Jurnal Pengabdian Masyarakat : Pemberdayaan, Inovasi Dan Perubahan, 3(5). https://doi.org/10.59818/JPM
Ikbal, M., Barisan, Saifullah, & Alwi, Y. (2023). Pengaruh Perilaku Birokrasi Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Di Desa Bina Baru Kecamatan Kulo Kabupaten Sidenreng Rappang. Jurnal Wedana, 9(1).
Irma Rahmawati, Hadi Juwanda, Ginanjar, S. E., Anwar, & Iin Surtiah. (2023). Sosialisasi Pelayanan Publik Dalam Pemerintahan Yang Baik (Good Governance) Terhadap Masyarakat Di Kelurahan Pasir Impun Kota Bandung. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 4(1), 58–66. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v4i1.1102
Kamelia, L., & Veranita, M. (2022). Analisis Implementasi.Good Governance Dalam Mewujudkan Pelayanan Publik Yang Berkualitas Di Kecamatan Ciater Kabupaten Subang. Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi Dan Pelayanan Publik, IX(2).
Lusiana, N., & Najamudin, ; (2023). Penerapan Prinsip-prinsip Good Governance Dalam Tata Kelola Pemerintahan di Desa Bumi Sari. Musamus Journal of Public Administration, 5(2), 304–316.
Mardinata, E., Dwi Cahyono, T., & Muhammad Rizqi, R. (2023). Transformasi Digital Desa Melalui Sistem Informasi Desa (SID): Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik dan Kesejahteraan Masyarakat. PARTA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1). http://journal.undiknas.ac.id/index.php/parta.
Mustofa, I. (2021). Manajemen Strategi Pemberdayaan Masyarakat (Evaluasi Program Pengabdian Kepada Masyarakat Tematik Pemberdayaan Umat Stai Darussalam Nganjuk). Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1). https://pondokkrempyang.org/yiga/sejarah/
Noor, M. (2011). Pemberdayaan Masyarakat. CIVIS : Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Pendidikan Kewarganegaraan, 1(2).
Pengestuti, D. C., & Husniaty, R. (2021). Peningkatan Kualitas Pelayanan Aparatur Pemerintah Kelurahan Limo Depok. In Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Vol. 4, Issue 1). http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/abdimas
Pramudita, P., Putri, A. U., & Hendarmin, R. (2024). Pengaruh Good Government Governance dan Akuntabilitas Pemerintahan Desa Terhadap Pengelolaan Alokasi Dana Desa di Desa Betung Selatan. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(2), 5904–5914.
Pujiyono, B., Ushud, A. A. A., Windarto, W., & Logiana, A. D. (2023). Penerapan E Government Bagi Aparat Desa Wanagiri Menuju Desa Digital. Bantenese : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 322–334. https://doi.org/10.30656/ps2pm.v5i2.7455
Putri, A., Rahmah, E. M., Rifanela, H., Qonita, N. B., & Tawfiqurrohman. (2020). Penerapan Teknik Participatory Rural Appraisal (Pra) Dalam Menangani Permasalahan Lingkungan di Desa Sukamaju Kabupaten Sukabumi. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(20), 378–385.
Santati, P., Zunaidah, Febriana Kartasari, S., & Meitisari, N. (2022). Peningkatan Kapabilitas Perangkat Desa Melalui Pelatihan Pelaksanaan Administrasi Pemerintahan Desa Ulak Kembahang II Kabupaten Ogan Ilir. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bumi Rafflesia, 5(3). http://jurnal.umb.ac.id/index.php/
Sulistyanto, A., Muhamad, P., Dwinarko, & Sjafrizal, T. (2022). Pemberdayaan dan Pendampingan Masyarakat Desa dalam Transformasi Digital Pelayanan Publik Berbasiskan Website. ABDIRA : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 117–128.
Widanti, N. P. T. (2022). Konsep Good Governance dalam Perspektif Pelayanan Publik: Sebuah Tinjauan Literatur. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1).
Yudhya Mulyani, E., Ummanah, Pambudi, A., Rachmat, I., Fuad, A., Tarigan, M., Kusuma Among Praja, A., Nefianto, T., Saillah, I., Yuwono, I., Kurniawan, A., Wijaya, R., Mega Nugroho, T., Saptadinata, A., & Ichwanudin, M. (2020). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Sosialisasi Program Kuliah Kerja Nyata (KKN-PPM) Tematik Di Wilayah Sulawesi Tengah. Jurnal Abdimas, 6(3), 160.
DOI: https://doi.org/10.31764/am.v4i1.26037
Refbacks
- There are currently no refbacks.