Editorial Policies

Focus and Scope

SELAPARANG : Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan merupakan jurnal yang mendiseminasikan setiap pemikiran dan ide gagasan atas hasil penelitian dan pemanfaatan teknologi untuk diimplementasikan kepada masyarakat mencakup ;  (1). Bidang ilmu pengetahuan ; MIPA (Matematika, Fisika, Kimia, Biologi), Terapan, Sosial, Budaya, Ekonomi, dan Kesehatan,  (2). Pelatihan dan peningkatan hasil pendidikan dan (3). Pengembangan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi).

 

Section Policies

Articles

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Peer Review Process

» Proses Peer Review

Setiap naskah artikel yang disubmit akan direview pertama kali oleh Editor terkait format penulisan, scope jurnal dan unsur plagiasi. Editor akan mengirimkan kembali naskah ke penulis jika terdapat ketidaksesuaian terhadap format penulisan berdasarkan template jurnal yang sudah ditentukan untuk selanjutnya dilakukan penyesuaian oleh penulis atas rekomendasi Editor dan dikirimkan kembali ke Editor. Editor tidak akan meproses lebih lanjut naskah yang scope nya diluar scope jurnal. Editor akan menjalankan pemeriksaan unsur plagiasi menggunakan software Plagiarism Checker X untuk memastikan bahwa naskah yang disubmit oleh penulis merupakan karya orisinil/asli. Naskah yang memiliki unsur plagiasi lebih dari 25% akan dikirimkan kembali ke penulis untuk direvisi.

Apabila naskah sudah sesuai dari segi format penulisan, scope jurnal dan unsur plagiasi maka selanjutnya Editor akan menugaskan Reviewer untuk mereview naskah secara independen dan dilakukan oleh sekurang-kurangnya 1 (satu) orang Reviewer dengan sistem double-blind review. Keputusan publikasi atas naskah yang disubmit akan diputuskan oleh Editor berdasarkan hasil laporan dan rekomendasi yang diberikan setelah artikel direview oleh Reviewer dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Accept Submission: Reviewer merekomendasikan naskah layak diterima tanpa ada perbaikan.
  2. Revisions Required: Reviewer merekomendasikan naskah butuh perbaikan minor tanpa harus mereview ulang.
  3. Resubmit for Review: Reviewer merekomendasikan naskah butuh untuk direview kembali oleh Reviewer. Hal ini disebabkan terlalu banyak revisi yang dibutuhkan.
  4. Decline Submission: Reviewer merekomendasikan naskah ditolak. Biasanya terkait dengan kualitas naskah.

» Proses Revisi Artikel

Untuk merespon hasil review dari Reviewer/Editor, Penulis masuk website jurnal menggunakan akun yang sebelumnya sudah dibuat. Nakah artikel akan dikirimkan kembali ke penulis untuk diperbaiki sesuai hasil penelaahan reviewer. Penulis diminta mengirimkan kembali naskah hasil revisi tidak lebih dari 10 hari semenjak naskah dikirimkan oleh editor dengan jalan mengunggah secara online melalui akun yang sebelumnya sudah dibuat.

 

Publication Frequency

Jurnal terbit 2 kali setahun, yaitu bulan Mei dan Nopember

 

Open Access Policy

This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.

 

Publication Ethics

Publication Ethics

SELAPARANG : Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan yang ditelaah secara peer review dan diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Fisika FKIP UM Mataram yang terbit dua kali dalam setahun. Berikut adalah standar perilaku etis yang digunakan dalam jurnal ini dalam publikasi artikel sejalan dengan kode Etika Bagi Editor SELAPARANG. Kode Etik ini diharapkan dipatuhi oleh semua pihak yang terlibat dalam penerbitan yaitu penulis, pengelola jurnal (editor), mitra bebestari (reviewer) dan penerbit.

Keputusan Publikasi

Editor menentukan proses publikasi dan mengintegrasikan fungsi pengarang, mitra bestari dan pengelola jurnal untuk mempublikasikan jurnal yang baik dan terpercaya. Editor bertanggung jawab untuk memutuskan bahwa artikel yang diserahkan ke jurnal akan diterbitkan atau tidak. Editor mengacu kepada kebijakan dewan redaksi jurnal yang dibatasi ketentuan hukum, seperti pencemaran nama baik, pelanggaran hak cipta dan plagiarisme. Editor dapat berdiskusi dengan editor lain atau reviewer dalam membuat keputusan ini.

Editor bekerja berdasarkan prinsip dan berstandar etika sebagai berikut:

1. Proses yang Adil

Para editor melakukan evaluasi konten naskah berdasarkan kepakaran mereka tanpa memandang ras, jenis kelamin, orientasi seksual, keyakinan agama, asal etnis, kewarganegaraan, atau filsafat politik penulis.

2. Kerahasiaan

Editor dan setiap staf editorial tidak diperbolehkan mengungkapkan informasi apapun tentang naskah kepada orang lain selain penulis, mitra bestari atau reviewer, penasihat editorial lain, dan penerbit.

Setiap naskah yang diterima reviewer atau mitra bestari harus diperlakukan sebagai dokumen rahasia. Naskah tidak boleh ditampilkan atau didiskusikan dengan orang lain kecuali sebagaimana diizinkan oleh editor.

3. Menghindari Konflik Kepentingan

Bahan yang tidak dipublikasikan dalam suatu naskah yang disampaikan tidak boleh digunakan dalam penelitian editor sendiri tanpa persetujuan tertulis dari penulis. Informasi rahasia atau ide-ide yang diperoleh melalui peer review harus dijaga kerahasiaannya dan tidak digunakan untuk keuntungan pribadi. Reviewer tidak harus mempertimbangkan naskah di mana mereka memiliki konflik kepentingan karena unsur kompetitif, kolaboratif, atau hubungan lain dengan salah satu penulis, perusahaan, atau lembaga yang terkait dengan naskah tersebut.

4. Tugas Reviewer

Reviewer bertugas menelaah secara kritis substansi karya tuis ilmiah sesuai bidang kepakarannya. Reviewer bertugas memberikan masukan terhadap keputusan Tim Editorial tentang kelayakan suatu naskah untuk diterbitkan. Peer review membantu editor dalam membuat keputusan editorial dan melalui komunikasi editorial dengan penulis juga dapat membantu penulis untuk meningkatkan kualitas artikel yang disusunannya.

5. Ketepatan

Setiap mitra bestari yang dipilih namun merasa tidak memenuhi syarat untuk mereview naskah yang diberikan oleh editor atau sama sekali di luar kompetensinya harus segera menolak dan tidak melakukan proses review. Apabila mengetahui pakar lain yang lebih sesuai, dapat merekomendasikan editor untuk meminta pakar tersebut sebagai mitra bebestari.

6. Standar Objektivitas

Proses review naskah harus dilakukan secara objektif. Kritik pribadi penulis merupakan hal yang tidak pantas dilakukan. Reviewer harus memberikan pandangan mereka dengan jelas dan disertai dengan argumen yang mendukung.

7. Pernyataan Sumber

Reviewer harus mengidentifikasi karya lain yang relevan yang belum dikutip oleh penulis. Setiap pernyataan yang merupakan hasil observasi, derivasi, atau argumen yang telah digunakan sebelumnya harus disertai dengan kutipan yang relevan. Mitra bestari atau reviewer juga harus mempertimbangkan adanya kesamaan substansial atau tumpang tindih antara naskah yang sedang dipertimbangkan dan makalah lain yang diterbitkan. Pengakuan yang tepat dari karya orang lain harus selalu diberikan. Penulis harus mengutip publikasi yang mempengaruhi penentuan sifat penelitian mereka.

8. Tugas Penulis

Standar Pelaporan

Penulis laporan penelitian asli harus menyajikan laporan yang akurat dari penelitian dan kajian yang dilakukan. Data yang diambil harus ditulis dengan akurat dalam laporan penelitian. Naskah harus detail dan memiliki rujukan yang cukup untuk memungkinkan orang lain merujuk dengan baik. Pemalsuan Laporan atau sengaja tidak akurat merupakan perilaku yang tidak etis dan tidak dapat diterima.

Orisinalitas dan Plagiarisme

Para penulis harus memastikan bahwa mereka telah menulis karya asli seluruhnya, dan jika penulis telah menggunakan karya dan / atau kata-kata orang lain maka mereka wajib mengutipnya dengan benar sesuai aturan yang berlaku. Seorang penulis tidak seharusnya menerbitkan naskah yang menggambarkan fondasi penelitian yang sama di lebih dari satu jurnal atau publikasi utama. Mengirimkan naskah yang sama untuk lebih dari satu jurnal bersamaan merupakan perilaku tidak etis penerbitan dan tidak dapat diterima.

Kepenulisan Naskah

Karangan harus dibatasi pada mereka yang telah memberikan kontribusi signifikan terhadap konsepsi, desain, pelaksanaan, atau interpretasi penelitian yang dilaporkan. Semua orang yang telah membuat kontribusi yang signifikan harus terdaftar sebagai penulis. Orang-orang yang telah berpartisipasi dalam aspek-aspek substantif tertentu dari proyek penelitian tersebut harus diakui atau terdaftar sebagai kontributor.

Para penulis harus memastikan bahwa semua penulis anggota masuk dalam naskah, dan semua penulis harus telah memeriksa dan menyetujui versi final dari naskah tersebut dan telah sepakat untuk dipublikasikan.

Kesalahan Mendasar Dalam Karya-karya yang Diterbitkan

Ketika seorang penulis menemukan kesalahan yang signifikan atau ketidaktepatan dalam naskah yang diterbitkan, menjadi kewajiban penulis untuk segera memberitahu editor jurnal atau penerbit dan bekerja sama dengan editor untuk menarik kembali atau memperbaiki naskah.

 

Publication Frequency

SELAPARANG : Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan dipublikasi dua kali dalam satu tahun yakni pada bulan Mei and November. Masing-masing nomor issue minimal terdiri atas 10 artikel

 

Article Processing Charges

Biaya Submit

Submit artikel: Rp.0. Penulis tidak dikenakan biaya apapun untuk submit artikel.

Biaya Administrasi

Masing-masing artikel yang diterima untuk dipublikasi pada SELAPARANG : Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan dikenakan biaya sebesar Rp. 300.000. Biaya ini digunakan untuk proofreading akhir, pemeriksaan palgiarisme, DOI, XML galley dan proses penyuntingan. Biaya ini di luar biaya print out satu salinan dan biaya pengiriman ke alamat institusi atau alamat penulis. Jika penulis menghendaki print out satu salinan maka akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp. 50.000 untuk biaya cetak dan Rp. 30.000 untuk biaya pengiriman. 

Pembayaran dapat dilakukan melalui transfer rekening ke :

Bank : Bank BNI Syariah

No Rekening : 0272309926

Nama Pemilik Rekening : Islahudin

Setelah melakukan pembayaran, diharapkan untuk segera mengirim bukti pembayaran ke kontak +62818-0370-2915 (Pak Islahudin)