PELATIHAN STRATEGI PEMASARAN DIGITAL BAGI KOMUNITAS DIGITAL MARKETER PURWOKERTO

Siti Alvi Sholikhatin, Wanda Fitrianingsih, Fedina Fujiyanti

Abstract


ABSTRAK

Pemasaran digital telah menjadi sebuah kebutuhan, baik bagi pelaku usaha menengah dan skala besar, maupun bagi usaha mikro dan kecil. Kebutuhan akan pemasaran melalui media digital tak luput dari efek perkembangan teknologi dan konektivitas serta bergesernya pola transaksi di masyarakat yang kini telah mengalami digitalisasi yang masif. Hal ini mengakibatkan pelaku usaha, tak memandang skala bisnisnya, harus mengikuti pendekatan pemasaran digital untuk mengembangkan bisnis serta memperluas jangkauan distribusi produk dan jasa yang ditawarkan. Beragamnya jenis platform digital yang dapat digunakan, di satu sisi cukup memudahkan pelaku dan penggiat usaha untuk memilih media yang tepat untuk memasarkan produk dan jasanya. Namun, di sisi lain hal ini juga dapat menjadi sebuah tantangan bagi UMKM sendiri, karena tidak semua dapat langsung memahami dan menggunakan platform pemasaran digital dengan baik dan maksimal. Pelatihan pemasaran digital dilakukan terhadap Komunitas Digital Marketer Purwokerto yang memiliki anggota dari beragam kalangan, antara lain pelajar, baik level sekolah menengah atas sederajat, level mahasiswa, dan juga dari kalangan umum. Komunitas ini yang rutin melakukan sharing pengalaman dan mendatangkan pembicara berkaitan dengan strategi pemasaran produk secara umu. Komunitas Digital Marketer Purwokerto memiliki beberapa tantangan dalam pemasaran produk UMKM yang dihasilkan dan dipasarkan, salah satunya adalah pada strategi pemasaran digital. Hal ini karena terbatasnya sumber daya manusia yang memiliki keahlian dalam bidang teknologi. Metode pelatihan yang akan dilaksanakan yaitu dengan metode seminar, dengan tujuan mengenalkan dasar-dasar pemasaran digital, serta mengetahui beragam platform pemasaran digital dan cara penggunaanya. Diharapkan setelah pelatihan ini, Komunitas Digital Marketer Purwokerto dapat menggunakan platform tersebut untuk meningkatkan pemasaran sehingga dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat dan meningkatkan keahlian dalam pemasaran digital.

 

Kata kunci: digital marketing; digital marketer; webinar; pengabdian masyarakat

 

ABSTRACT

Digital marketing has become a necessity, both for medium and large-scale businesses, as well as for micro and small businesses. The need for marketing through digital media is inseparable from the effects of technological developments and connectivity as well as shifting transaction patterns in society, which has now experienced massive digitization. This has resulted in business actors, regardless of the scale of their business, having to follow a digital marketing approach to develop their business and expand the distribution range of the products and services offered. The various types of digital platforms that can be used, on the one hand, are enough to make it easier for business actors and activists to choose the right media to market their products and services. However, on the other hand, this can also be a challenge for MSMEs themselves, because not all can immediately understand and use digital marketing platforms properly and optimally. Digital marketing training was carried out for the Purwokerto Digital Marketer Community which has members from various circles, including students, both at the SMK/SMA level and equivalent, the student level, and also from the general public. This community regularly shares experiences and brings in speakers related to product marketing strategies in general. The Purwokerto Digital Marketer Community has several challenges in marketing MSME products that are produced and marketed, one of which is the digital marketing strategy. This is due to the limited human resources who have expertise in the field of technology. The training method that will be carried out is the seminar method, with the aim of understanding the basics of digital marketing and introducing various digital marketing platforms and how to use them. It is hoped that after this training, the Purwokerto Digital Marketer Community can use the platform to improve marketing so that it can improve people's lives and increase expertise in digital marketing.

 

Keywords: Digital marketing; digital marketer; webinar; comunity service.


Keywords


Digital marketing; digital marketer; webinar; comunity service.

Full Text:

PDF

References


Andamisari, D. (2021). Penggunaan Status Whatsapp Sebagai Digital Marketing Warga Kecamatan Medan Satria Bekasi Di Era New Normal. 5(1), 66–72.

Atshaya, S., & Rungta, S. (2016). Digital Marketing VS Internet Marketing : A Detailed Study. Digital Marketing VS Internet Marketing: A Detailed Study, 3(1), 29–33.

Kim, J., Kang, S., & Lee, K. H. (2019). Evolution of digital marketing communication: Bibliometric analysis and network visualization from key articles. Journal of Business Research, September, 0–1. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2019.09.043

Kusuma, D. F., & Sugandi, M. S. (2019). Strategi Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Digital Yang Dilakukan Oleh Dino Donuts. Jurnal Manajemen Komunikasi, 3(1), 18. https://doi.org/10.24198/jmk.v3i1.12963

Mandal, P. (2017). Understanding Digital Marketing Strategy. International Journal of Scientific Research and Management, 5(06), 5428–5431. https://doi.org/10.18535/ijsrm/v5i6.11

Minculete, G., & Olar, P. (2018). Approaches to the Modern Concept of Digital Marketing. International Conference KNOWLEDGE-BASED ORGANIZATION, 24(2), 63–69. https://doi.org/10.1515/kbo-2018-0067

Oktaviani, F., & Rustandi, D. (2018). Implementasi Digital Marketing dalam Membangun Brand Awareness. PRofesi Humas : Jurnal Ilmiah Ilmu Hubungan Masyarakat, 3(1), 1. https://doi.org/10.24198/prh.v3i1.15878

Pradiani, T. (2018). Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 11(2), 46–53. https://doi.org/10.32812/jibeka.v11i2.45

Saputra, D. H., & Sutiksno, D. U. (2020). Digital Marketing: Komunikasi Bisnis Menjadi Lebih Mudah (A. Rikki (ed.)). Yayasan Kita Menulis.

Simatupang, S., Efendi, E., & Putri, D. E. (2021). Facebook Marketplace Serta Pengaruhnya Terhadap Minat Beli. Jurnal Ekbis, 22(1), 28. https://doi.org/10.30736/je.v22i1.695

Taqiyya, R., & Riyanto, S. (2020). Strategi Pemanfaatan Media Sosial Facebook dan WhatsApp untuk Memperluas Jaringan Pemasaran Digital Benih Sayuran oleh Wafipreneur di Masa Pandemi Covid-19. Syntax Idea, 2(10), 810–823.

Woelandari, D. S., & Setyawati, N. W. (2019). Digital Dengan Menggunakan Media Sosial Facebook Dan Instagram Bagi Industri Rumahan Di. Seminar Santika, September, 62–67.




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i3.10360

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: