PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MELALUI PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BAGI GURU DI SDN 01 POMAH KLATEN

Muhammad Sipan, Ari Endang Jayati, Puri Muliandi

Abstract


ABSTRAK

Dampak negatif pendemi Covid-19 yang terjadi sekarang ini cenderung menurun bagi kita seperti dibidang Pendidikan khususnya pembelajaran yang terjadi di sekolah dasar, walapupun begitu kondisi ini masih menyebabkan belum sepenuhnya sistem pembelajaran langsung bisa dilakukan, seperti pembelajaran di SDN 01 Pomah Klaten. SDN 01 Pomah adalah sekolah yang terimbas dampak langsung pendemi covid-19, dengan sumber daya manusia yang kurang dan hanya terdiri dari 8 orang guru yang sudah PNS, guru SDN 01 Pomah Klaten dituntut untuk dapat menyelesaikan permasalahan pembelajaran daring yang masih berjalan sekarang ini walaupun sudah bersifat hybrid 50% dikelas 50% di rumah. Pembelajaran yang berjalan sekarang ini guru memberikan materi dengan media pembelajaran yang kurang interaktif misalkan dengan hanya memanfaatkan buku pelajaran, LKS, dan media social. Kondisi ini diharapkan guru mampu melaksanakan pembelajaran daring dengan baik bagi siswa untuk memahami materi sehingga siswa dapat memahami materi yang diberikan saat pembelajaran berlangsung. Usaha mencapai itu semua, kemudian yang perlu dilakukan adalah guru harus dapat menyediakan media pembelajaran yang berkualitas, salah satunya media pembelajaran yang interaktif bagi siswa. Masalah ini dimanfaatkan oleh pengabdi untuk menjalankan pelatihan ini dengan tujuan meningkatkan pembelajaran online bagi para guru SDN 01 Pomah Klaten dengan melakukan pelatihan pembuatan media pembelajaran interaktif sehingga guru dapat lebih interaktif terhadap siswa saat pembelajaran beralngsung dan siswa lebih memahami materi pembelajaran yang sudah di berikan. Meskipun pembelajaran dilakukan secara online tidak melalui tatap muka, diharapkan kreativitas belajar guru akan meningkat melalui pelatihan ini sehingga kualitas pembelajaran tidak menurun.

 

Kata kunci: covid 19; interaktif; pomah; media pembelajaran; SDN.

 

ABSTRACT

The negative impact of the Covid-19 pandemic that is happening now tends to decrease for us, such as in the field of education, especially learning that occurs in elementary schools, even though this condition still causes the direct learning system to not be fully implemented, especially learning at SDN 01 Pomah Klaten. SDN 01 Pomah is a school directly affected by the COVID-19 pandemic, with insufficient human resources and only consists of 8 teachers who are already civil servants, SDN 01 Pomah Klaten teachers are required to be able to solve online learning problems that are still running today even though they have been 50% hybrid in 50% class at home. Learning that is currently running, the teacher provides material with less interactive learning media, for example by only using textbooks, worksheets, and social media. In this condition, teachers are expected to be able to carry out online learning well so that students can understand the material given during learning. Efforts to achieve all of this, the step that must be taken is that the teacher must be able to provide quality learning media, one of which is interactive learning media for students. This problem is used by servants to carry out this service with the aim of improving online learning for SDN 01 Pomah Klaten teachers by conducting training in making interactive learning media so that teachers can be more interactive with students when learning takes place and students better understand the learning material that has been given. It is hoped that after this training teachers can improve learning creativity so that the quality of learning does not decrease even though learning is carried out online instead of face-to-face.

 

Keywords: covid 19; interactive; pomah; learning media; SDN.


Keywords


covid 19; interactive; pomah; learning media; SDN.

Full Text:

PDF

References


Alwazir Abdusshomad (Vol. 12 No. 2 (2020) “ Pengaruh Covid-19 terhadap Pendidikan Karakter dan Pendidikan Islam” Politeknik Penerbangan Indonesia Curug, Tangerang.

Dedi Robandi, Mudjiran (2020) “Dampak Pembelajaran Dari Masa Pandemi Covid-19 terhadap Motivasi Belajar Siswa SMP di Kota Bukittinggi” Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Padang.

Dindin Jamaluddin1, Teti Ratnasih2, Heri Gunawan3, Epa Paujiah4 (2020), “Pembelajaran Daring Masa Pandemik Covid-19 Pada Calon Guru:Hambatan, Solusi Dan Proyeksi” UIN Sunan Gunungjati.

Garris Pelangi (2020), “Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Jenjang Sma/Ma” Universitas pamulang.

Lia Nur Atiqoh Bela Dina (2020) “ Respon Orang Tua Terhadap Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19” Universitas Islam Malang.

Mahendra Adhi Nugroho, M. Andryzal Fajar, Patriani Wahyu Dewanti, Rizqi Ilyasa Aghni, Merinda Noorma Novida Siregar (2016), ”Pelatihan Membuat Media Pembelajaran Berbasis Android Dan Web-Blog” UNY.

Yulia Isratul Aini (2020), “Berkreasi Membuat Media Pembelajaran dengan Aplikasi Canva” LPMP Bengkulu.

Rahmatullah, Inanna, Andi Tenri Ampa (2020), “Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva”, Universitas Negeri Makassar Makasar.

Rizki Setiawan, Eti Komalasari (2020) “ Membangun Efektifitas Pembelajaran Sosiologi Di Tengah Pandemi Covid-19” Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Canva(2020),https://www.canva.com/id_id/pendidikan/




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i3.10400

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: