SHARING SESSION DESAIN LABEL DAN ONLINE MARKETING MAKANAN TRADISIONAL DI LINGKUNGAN PAUD GUNA MENDORONG SOCIOPRENEUR

Arita Witanti, Triana Noor Edwina Dewayani Soeharto, Domnina Rani Puna Rengganis

Abstract


ABSTRAK

Sociopreneur adalah wirausaha berbasis social. Dalam sharing session desain label dan online marketing makanan tradisional di lingkungan PAUD ini didorong untuk menghasilkan sebuah ide bisnis yang mampu memberikan dampak sosial melalui makanan tradisional. Makanan tradisional memiliki potensi untuk dipasarkan secara online melalui ghost kitchen. Metode pelaksanaan acara dengan offline dan diikuti oleh 18 peserta dari wali murid dan guru paud. Materi yang diajarkan adalah materi tentang desain label menggunakan canva dan pemasaran ghost kitchen. Hasil evaluasi dari pelaksanaan agenda ini adalah adanya kepahaman peserta mencapai 94 % atau hampir semua peserta menambah pengetahuan melalui sharing session ini.

 

Kata kunci: desain label; online marketing; makanan tradisional;sociopreneur

 

ABSTRACT

Sociopreneur is a social-based entrepreneur. In the sharing session on label design and online marketing of traditional food in the PAUD environment, it is encouraged to produce a business idea that is able to provide social impact through traditional food. Traditional food has the potential to be marketed online through ghost kitchens. The method of implementing the event was offline and was attended by 18 participants from parents and teachers. The material taught is material about label design using Canva and ghost kitchen marketing. The result of the evaluation of the implementation of this agenda is that there is an understanding of the participants reaching 94% or almost all participants increase their knowledge through this sharing session

 

Keywords: label desain; online marketing; traditional food;sociopreneur


Keywords


label desain; online marketing; traditional food;sociopreneur

Full Text:

PDF

References


Cahyani Puspitasari, D. (2019). Menjadi Sociopreneur Muda: Studi Kasus Momsociopreneur ‘Sanggar ASI’. Jurnal Studi Pemuda, 7(2), 76. https://doi.org/10.22146/studipemudaugm.40524

Harsana, M., & Triwidayati, M. (n.d.). POTENSI MAKANAN TRADISIONAL SEBAGAI DAYA TARIK WISATA KULINER DI D.I. YOGYAKARTA. 24.

Herudiansyah, G., Candera, M., & Pahlevi, R. (2019). PENYULUHAN PENTINGNYA LABEL PADA KEMASAN PRODUK DAN PAJAK PADA USAHA KECIL MENENGAH (UKM) DESA TEBEDAK II KECAMATAN PAYARAMAN OGAN ILIR. 6.

Jamil, Z. A., & Kuswardani, M. E. (2020). KELEKATAN ANAK TERHADAP ORANG TUA DALAM PEMBENTUKAN KEMANDIRIAN DI TAMAN KANAK-KANAK AS-SALAM KOTA JAMBI. 3, 14.

Noviadji, B. R. (2015). Desain Kemasan Tradisional Dalam Konteks Kekinian. Artika, 1(1), 10–21. https://doi.org/10.34148/artika.v1i1.24

Nurhadi, A., Mas’adi, M., Murtiyoko, H., Sudarso, A. P., & Wicaksono, W. (2022). Mewujudkan Sociopreneur Dalam Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 4(2), 146. https://doi.org/10.32493/j.pdl.v4i2.18225

Sholeh, M., Rachmawati, Rr. Y., & Susanti, E. (2020). PENGGUNAAN APLIKASI CANVA UNTUK MEMBUAT KONTEN GAMBAR PADA MEDIA SOSIAL SEBAGAI UPAYA MEMPROMOSIKAN HASIL PRODUK UKM. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(1), 430. https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i1.2983

Widiati, A. (2020). PERANAN KEMASAN (PACKAGING) DALAM MENINGKATKAN PEMASARAN PRODUK USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) DI “MAS PACK” TERMINAL KEMASAN PONTIANAK. JAAKFE UNTAN (Jurnal Audit dan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Tanjungpura), 8(2). https://doi.org/10.26418/jaakfe.v8i2.40670




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i3.10589

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: