PENINGKATAN PEMAHAMAN PEMASARAN ONLINE PRODUK UBI KAYU NUABOSI BAGI KELOMPOK TANI DI DESA NDETUNDORA II KECAMATAN ENDE KABUPATEN ENDE

Ferdinandus Lidang Witi, Laurentius Dominicus Gadi Djou, Willybrordus Lanamana, Aschari Senjahari Rawe

Abstract


ABSTRAK

Program pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman pemasaran online produk ubi kayu nuabosi bagi kelompok tani di Desa Ndetundora II Kecamatan Ende Kabupaten Ende. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini adalah penyuluhan/ ceramah dan diskusi yang dilakukan dengan peserta 30 orang ketua kelompok tani ubi kayu nuabosi. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan terukur, maka dilakukan pre-test sebelum kegiatan dan post-test setelah kegiatan. Analisis hasil yang diperoleh yakni pre-test tingkat pemahaman terhadap pemasarana online sebesar 33% mengalami peningkatan yang signifikan menjadi 77% setelah dilakukan post-test pada akhir kegiatan ceramah/ penyuluhan dan diskusi. Rekomendasi yang dihasilkan dari kegiatan ini adalah adanya lanjutan kegiatan pendampingan untuk pemasaran online bagi semua kelompok tani ubi kayu nuabosi ini.

 

Kata kunci: pemasaran online; ubi kayu; nuabosi.

 

ABSTRACT

This community service program aims to increase understanding of online marketing of nuabosi cassava products for farmer groups in Ndetundora II Village, Ende District, Ende Regency. The method used in this service activity is counseling/lecture and discussion conducted with 30 participants, the head of the Nuabosi cassava farmer group. To get maximum and measurable results, pre-test before the activity and post-test after the activity is carried out. Analysis of the results obtained, namely the pre-test level of understanding of online marketing by 33% experienced a significant increase to 77% after the post-test was carried out at the end of the lecture / counseling and discussion activities. The recommendation resulting from this activity is the continuation of mentoring activities for online marketing for all nuabosi cassava farmer groups.

 

Keywords: online marketing; cassava; nuabosi


Keywords


online marketing; cassava; nuabosi

Full Text:

PDF

References


Candrawati, H., Sapari, D., Seto, T. A., Wahyudi, E., & Rahmida. (2020). Pemasaran Tanaman Hias perspektif Ekologi Media Digital: Studi terhadap Kelompok Tani Bojongsari Baru Kota Depok. Abdi Masyarakat Humanis, 2(1), 35–50.

Irawan, D., & Affan, M. W. (2021). Pelatihan Penggunaan Mobile Marketplace Pada Kelompok Tani Sayur Desa Torong Rejo Batu. Jurnal Pengabdian Dan Peningkatan Mutu Masyarakat (Janayu), 2(2), 90–95. https://doi.org/10.22219/janayu.v2i2.16007

Puritan W A, I. G. K. G., Indra Muliawan, I. G. A. N., Satrialandipa Putra, I. P. K., Eka Puput Novianti, N. W., Jatem Kamandalu, I. B., Wardhiana, I. P., Purwa Mahendra, R. D., Adi Krisna Dewantara, D. P., Triana Cipta, K. N., Damayanti, N. M., Aditya Agustiawan, T., Pradnya Dewi, I. A. C., Ady Oka Anjani, N. P., & Suardika, I. G. (2020). Pengelolaan Pemasaran Online Produk Pertanian Desa Pelaga. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 3(1), 81–86. https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v3i1.226

Rahkadima, Y. T., Fitri, M. A., & Wulandari, R. S. (2019). Penggunaan Pemasaran Online Pada UMKM Telur Asin Di Desa Kebonsari Kabupaten Sidoarjo. E-Prosiding SNasTekS 2019, 1(1), 391–396.

Rawe, A.S, GSM Kala, F. M. (2021). PENINGKATAN KUNJUNGAN PARIWISATA DAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT KABUPATEN ENDE MELALUI OLAHRAGA BERSEPEDA TOUR DE FLORES. Gelanggang Olahraga: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 4(2), 115–125.

Rawe, A. S., Welu, F., Tola, D., & Miten, A. O. (2021). Penyaluran bantuan bencana alam dan keterpenuhan kebutuhan korban bencana kebakaraan di rumah adat desa nggela kabupaten ende flores. SELAPARANG. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(April), 28–33.

Roz, K., Sa’diyah, C., & Hilmi, L. D. (2020). Pendampingan Pengemasan dan Pemasaran Pasca Panen Pada Kelompok Tani “Tani Maju 01” di Bumiaji, Kota Batu. Jurnal Aplikasi Dan Inovasi Ipteks “Soliditas” (J-Solid), 3(2), 70. https://doi.org/10.31328/js.v3i2.1603

Sugianto, N., & Utama, F. P. (2021). E-Commerce Untuk Optimalisasi Pemasaran Produk Di Era Digital Bagi Usaha Mikro Kelompok Tani Pangestu Rakyat Desa Barumanis Kabupaten Rejang Lebong. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 27(1), 14. https://doi.org/10.24114/jpkm.v27i1.23656




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i4.10820

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: