INOVASI PELAYANAN PUBLIK MELALUI ALAN E-KTP UNTUK MENYIAPKAN BIROKRASI TANGGUH DI WILAYAH PENYANGGA IKN NUSANTARA

Uni W. Sagena, Hizratul Rima Qalbiah, Sinta Hesti Fatdilla, Sulfadli Syam, Alrifda Salsabilah, Mohd. Dino Khairri Sharifuddin

Abstract


ABSTRAK

Artikel ini membahas mengenai hadirnya program inovasi Antrian Online Perekaman e-KTP atau disebut ALAN e-KTP sebagai sistem pelayanan publik dalam birokrasi yang kreatif, efektif dan efisien dalam menekan terjadinya penumpukan massa di Kantor Disdukcapil Kota Balikpapan. Inovasi ini penting untuk menyiapkan Balikpapan sebagai salah satu wilayah penyangga ibu kota baru Indonesia, IKN Nusantara yang semakin hari semakin bertambah penduduknya akibat mobilitas masyarakat. Permasalahan yang sering terjadi yaitu masih banyaknya masyarakat yang belum mengetahui adanya inovasi layanan antrian online ini sehingga menjadikan program kerja individu yaitu pembuatan poster Alan e-KTP ini menjadi informasi yang sangat penting dan bermanfaat bagi masyarakat. Program ini bertujuan untuk memberikan informasi dan memberikan kemudahan bagi masyarakat yang akan melakukan perekaman e-KTP. Metode yang digunakan adalah pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan dengan pembuatan poster dan sosialisasi yang diawali dengan pencarian informasi dan pengidentifikasian masalah. Adapun pihak-pihak yang terlibat dalam kegiatan ini adalah Kelurahan Kariangau dan percetakan. Kelurahan Kariangau berperan sebagai jembatan untuk kegiatan penyerahan poster ALAN e-KTP kepada masyarakat. Adapun objek atau sasaran yang dituju penulis dalam kegiatan ini adalah masyarakat umum. Dimana, kegiatan pengabdian masyarakat ini telah terlaksana dengan baik dengan persentase nilai keberhasilan sekitar 85%. Hal tersebut dikarenakan pada saat penyerahan poster Alan e-KTP mendapatkan respon yang positif dari Lurah dan jajaran birokrasi kantor  kelurangan Kariangau serta seluruh  warga di Salok Baru.

 

Kata kunci: inovasi birokrasi; pelayanan publik; e-KTP; IKN nusantara

 

ABSTRACT

This article discusses the presence of the e-KTP Recording Online Queue innovation program or called ALAN e-KTP as a public service system within the bureaucracy that is creative, effective and efficient in suppressing mass buildup at the Disdukcapil Office of Balikpapan City. This innovation is important to prepare Balikpapan as one of the buffer zones for Indonesia's new capital city, IKN Nusantara, which is increasingly growing in population due to people's mobility. The problem that often occurs is that there are still many people who do not know about this online queue service innovation so that it makes the individual work program, namely making Alan e-KTP posters, very important and useful information for the community. This program aims to provide information and make it easy for people who will record e-KTP. The method used is community service which is carried out by making posters and outreach which begins with information seeking and problem identification. The parties involved in this activity were the Kariangau Village and the printers. The Kariangau Sub-District plays a role as a bridge for the ALAN e-KTP poster submission activities to the community. The object or target aimed at by the author in this activity is the general public. Where, this community service activity has been carried out well with a percentage of success values of around 85%. This is because at the time of submission of Alan's e-KTP poster, a positive response was received from the Lurah and the bureaucratic ranks of the Kariangau sub-district office and all residents in Salok Baru.

 

Keywords: innovation bureaucracy; public services; e-KTP; IKN nusantara


Keywords


innovation bureaucracy; public services; e-KTP; IKN nusantara

Full Text:

PDF

References


Djamrut, Dayang Erawati. 2015. “Inovasi Pelayanan Publik di Kecamatan Sungai Kunjang Kota Samarinda.” eJournal Ilmu Pemerintahan 3(3):1472–86.

Dukcapil Balikpapan. n.d. “Dukcapil Balikpapan.” Dukcapil Balikpapan.

Elkesaki, Rianandita ’Arsy, Riska Dwi Oktaviani, dan Melina Putri Setyaherlambang. 2021. “Inovasi Pelayanan Publik Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Di Kota Bandung.” Jurnal Caraka Prabu 5(1):69–90. doi: 10.36859/jcp.v5i1.456.

Haqie, Zulfa Auliana, Rifda Eka Nadiah, dan Oktavira Puteri Ariyani. 2020. “Inovasi Pelayanan Publik Suroboyo Bis Di Kota Surabaya.” JPSI (Journal of Public Sector Innovations) 5(1):23–30. doi: 10.26740/jpsi.v5n1.p23-30.

Hidayatullah, Rahmat. 2016. “Kualitas Pelayanan Kesehatan Bagi Pasien Pengguna Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Di Puskesmas Muara Rapak Kota Balikpapan.” eJournal Administrasi Negara 4(4):5034–48.

Hisbani, Nur Ayyul, Musliha Karim, dan &. Ihyani Malik. 2015. “Penerapan Inovasi Pelayanan Publik Di Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kabupaten Enrekang.” Jurnal Administrasi Publik 1(3):265–76.

Ibrahim, Wahyu Hidayat, dan Idria Maita. 2017. “Sistem Informasi Pelayanan Publik berbasis Web Pada Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Kampar.” Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi 3(2):17–22.

Irmawati, Sri, H. Sultan M, dan Nurhannis. 2017. “Kualitas Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Sangurara Kecamatan Tatanga Kota Palu.” eJurnal Katalogis 5(1):188–97.

Mursyidah, Lailul, dan Ilmi Usrotin Choriyah. 2020. Buku Ajar Manajemen Pelayanan Publik. Cetakan I. diedit oleh I. Rodiyah. Sidoarjo: UMSIDA Press.

Pebriani, Vani, dan Abd Rohman. 2019. “Analisis Inovasi Pelayanan Publik Gesit Aktif Merakyatnya Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil (Gampil) Kota Malang.” JISIP: Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 8(1):122.

Rohmah, Miftakhur, Anton Rahmadi, dan Uni W. Sagena. 2021. “Peningkatan Kreativitas Kelompok Perempuan Di Masa Pandemi Covid-19 Melalui Modernisasi Pengolahan Pangan Lokal Di Wilayah Perbatasan, Kalimantan Timur.” JUARA: Jurnal Wahana Abdimas Sejahtera 66–79. doi: 10.25105/juara.v2i1.8728.

Tiaji, Fuji. 2019. “Kualitas Pelayanan Pembuatan KTP Elektronik oleh Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk di Kantor Kecamatan Sindangkasih Kabupaten Ciamis.” Dinamika: Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara 6(2):11–116.

Wibowo, Singgih Aji. 2020. Profil Potensi Desan dan Kelurahan Tahun 2020. Balikpapan.

Yayat, Rukayat. 2017. “Kualitas Pelayanan Publik Bidang Administrasi Kependudukan Di Kecamatan Pasirjambu.” Jurnal Ilmiah Magister Ilmu Administrasi (JIMIA) (2):56–65.




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i4.11708

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: