PELATIHAN FINGER MATH TRICKS UNTUK GURU SEKOLAH DASAR

Wulandari Wulandari, Yeni Listiana, Aklimawati Aklimawati, Erna Isfayani, Indira Arindi, Aodri Suandana

Abstract


ABSTRAK

Pelajaran berhitung merupakan pelajaran yang sangat mendasar yang wajib diterima siswa sekolah dasar, karena berhitung selalu digunakan dalam kehidupan sehari-hari baik dari usia dini hingga usia lanjut. Hal ini tentunya harus menjadi perhatian semua pihak, terutama pihak sekolah. Pihak sekolah harus mempersiapkan banyak hal untuk menunjang kemampuan berhitung siswa, mulai dari kemampuan guru yang mengajar, sampai media pembelajaran yang menarik, mudah dipahami, serta menyenangkan bagi siswa. Dari permasalahan tersebut, Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Malikussaleh, memberikan pelatihan kepada guru-guru sekolah dasar mengenai metode berhitung “finger math tricks”. Finger math tricks merupakan metode berhitung menggunakan jari, sehingga diharapkan membuat siswa lebih aktif dalam berhitung karena melibatkan organ tubuh siswa serta dapat meningkatkan efisiensi kecepatan berhitung siswa. Kegiatan ini dilakukan dengan mitra Sekolah Dasar Islam Terpadu Nahwannur, Kecamatan Dewantara, Aceh Utara. Kegiatan  ini diikuti oleh 9 orang guru. Adapun metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah metode pelatihan berupa praktek. Instrumen yang digunakan berupa angket respon yang diberikan sebelum dan sesudah pelatihan. Hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah sebesar 77,78% dapat membantu guru dalam memberikan metode berhitung yang menyenangkan bagi siswa, 88,89% dapat melatih kemampuan guru dalam memahami metode berhitung cepat dan tepat, serta sebesar 100% peserta menyatakan pelatihan ini dapat meningkatkan kemampuan/ skill guru dalam bidang pendidikan.

 

Kata kunci: kemampuan berhitung; finger math tricks; sekolah dasar.

 

ABSTRACT

Numeracy lessons are very basic lessons that must be received by elementary school students, because counting is always used in everyday life from an early age to old age. Of course this should be the concern of all parties, especially the school. The school must prepare many things to support students’ numeracy skills, starting from the ability of teachers who teach, to learning media that are interesting, easy to understand, and fun for students. Based on these problems, the Malikussaleh University Community Service Team provided training to elementary school teachers on the “finger math tricks” counting method. Finger math tricks are a method of counting using the fingers, so it is expected to make students more active in counting because they involve the student’s organs and can increase the efficiency of students’ counting speed. This activity was carried out at the Nahwannur Integrated Islamic Elementary School, Dewantara District, North Aceh. The method used is the method of direct practice, games and questions and answers. This training activity is expected to assist teachers in providing fun learning media for students to support students’ numeracy skills, as well as improve teacher abilities and skills in education.

 

Keywords: numeracy skills; finger math tricks; elementary school.


Keywords


numeracy skills; finger math tricks; elementary school.

Full Text:

PDF

References


Afriani, D., Fardila, A., Septian, G. D., Margakaya, S., Ciranggon, J., Karawang, P. M., Sukamaju, S., Sukamaju, K., Barat, P. B., Siliwangi, I., Terusan, J., Sudirman, J., & Cimahi, K. (2019). Penggunaan Metode Jarimatika Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Perkalian Pada Siswa Sekolah Dasar. Journal of Elementary Education, 02(05), 5. http://rumahlaili.blogspot.com/

Aklimawati, A., Listiana, Y., Isfayani, E., & Wulandari, W. (2022). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Rumah Bimbel Sebagai Solusi Kesulitan Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19. INTEGRITAS : Jurnal Pengabdian, 6(1), 13. https://doi.org/10.36841/integritas.v6i1.1323

Al Musthafa, S., & Mandailina, V. (2018). Meningkatkan Kemampuan Berhitung Siswa Sd Menggunakan Metode Jarimatika. JCES | FKIP UMMat, 1(1), 30. https://doi.org/10.31764/jces.v1i1.71

Anugrahana, A. (2019). Pengembangan Modul Sempoa Sebagai Alternatif. Jurnal Cendikia : Jurnal Pendidikan Matematika, 03(02), 462–470.

Hudoyo, H. (1990). Strategi Belajar Mengajar Matematika. Depdikbud.

Jay, T., & Betenson, J. (2017). Mathematics at Your Fingertips: Testing a Finger Training Intervention to Improve Quantitative Skills. Frontiers in Education, 2(June), 1–8. https://doi.org/10.3389/feduc.2017.00022

Lanya, H., Aini, S. D., & Irawati, S. (2020). Pelatihan Metode Jarimatika sebagai Alternatif dalam Pembelajaran Matematika SD. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(2), 390–398. http://www.ppm.ejournal.id/index.php/pengabdian/article/view/293

Listiana, Y., Isfayani, E., Pendidikan Matematika, P., & Malikussaleh, U. (2021). Pelatihan Penggunaan Software Geogebra Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Kreativitas Guru Dan Siswa Smp Negeri 1 Dewantara Training Use of Geogebra Software in Mathematics Learning To Increase the Creativity of Teachers and Students of Smp . INTEGRITAS : Jurnal Pengabdian, 5(2), 379–387.

Muliani, I. M. S. muniksu & N. M. (2019). Metode Menyenangkan Belajar Penjumlahan Dan Pengurangan Pada Anak Sd. Journal Pendidikan Dasar, 5(1), 1–9.

Mursidik, E. M., & Ambarwati, V. (2021). Mathematic Finger Game Berpendekatan Open-Ended Dalam Operasi Hitung Penjumlahan Pada Siswa Sekolah Dasar. Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 5(1), 61–72. https://doi.org/10.36379/autentik.v5i1.107

Rahayu, S. R., Supriyanto, D. H., Susanto, S., Studi, P., Guru, P., Dasar, S., Studi, P., Guru, P., Dasar, S., Studi, P., Guru, P., & Dasar, S. (2022). Pengaruh teknik jarimatika terhadap keterampilan berhitung perkalian siswa kelas iv sdn jogorogo 1 kecamatan jogorogo, kabupaten ngawi. Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD, 05, 41–48.

Salsinha, C. N., Binsasi, E., & Bano, E. N. (2019). Peningkatan kemampuan berhitung dengan metode jarimatika di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Neonbat Nusa Tenggara Timur. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 15(2), 73–84. https://doi.org/10.20414/transformasi.v15i2.1302

Soylu, F., Lester, F. K., & Newman, S. D. (2018). You can count on your fingers: The role of fingers in early mathematical development. Journal of Numerical Cognition, 4(1), 107–135. https://doi.org/10.5964/jnc.v4i1.85

Wahyuni, S., & Rahmadhani, E. (2021). Pelatihan metode jarimatika pada siswa kelas II SD Negeri 1 Lu Tawar. Rengganis Jurnal Pengabdian Masyarakat Volume 1 Nomor 2, November 2021, 1(November), 84–88.

Wulandari, W., Marhami, M., Rohantizani, R., & Muliana, M. (2020). Peningkatan Kompetensi Dan Kreativitas Guru Smp Melalui Pelatihan Pembuatan Soal-Soal Berbasis Higher Order Thinking Skill (Hots). INTEGRITAS : Jurnal Pengabdian, 4(2), 321. https://doi.org/10.36841/integritas.v4i2.752




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i1.12124

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: