STRATEGI DIGITAL MARKETING UNTUK MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PRODUK GENTENG DESA KARANGLO KABUPATEN JOMBANG

Ririn Febriyanti, Yuyun Cahya Ningsih, Renaldi Pamungkas

Abstract


ABSTRAK

Pemasaran digital adalah salah satu bentuk pemanfaatan teknologi informasi yang berkembang. Pemanfaatan teknologi informasi dalam pemasaran suatu produk dapat dikenal oleh konsumen dengan jangkauan lebih luas. Masalah yang dihadapi pengrajin genteng di Desa Karanglo yaitu dalam bidang pemasaran, yang mana pemasaran hanya terbatas secara tradisional sehingga jangkaunnya kurang luas. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini yaitu sosialisasi digital marketing dengan sasaran dari kegiatan ini adalah pengrajin genteng dan pihak BUMDES Karanglo. Prosedur yang digunakan yaitu tahap observasi, perencanaan, pelaksanaan dan penyusunan laporan. Adapun hasil pengabdian pada masyarakat sebagian masyarakat mengetahui bahwa perkembangan teknologi sangat membawa dampak yang sangat besar bagi usaha di khalayak luas. Dalam pengabdian ini tim pengabdi membantu dalam pembuatan akun e-commerce berupa pembuatan akun shopee yang akan diserahkan dan dikelola oleh BUMDES. Dengan adanya hal ini tim pengabdi memberikan inovasi baru di bidang pemasaran berupa pengolahan akun e-commerce aplikasi shopee yang bisa membantu memasarkan genteng dengan sasaran pasar yang lebih luas.

 

Kata kunci: pemasaran; digital marketing; e-commerce

 

ABSTRACT

Digital marketing is a form of developing information technology utilization. Utilization of information technology in marketing a product can be recognized by consumers with a wider range. The problem faced by tile craftsmen in Karanglo Village is in the field of marketing, where marketing is only limited in the traditional way so that the reach is not wide. The method used in this service is digital marketing socialization with the target of this activity being tile craftsmen and Karanglo BUMDES. The procedures used are the stages of observation, planning, implementation and preparation of reports. As for the results of community service, some people know that technological developments have had a very large impact on businesses in a wide audience. In this service the service team assists in creating e-commerce accounts in the form of creating a shopee account which will be submitted and managed by BUMDES. With this in mind, the service team provides new innovations in the field of marketing in the form of processing e-commerce accounts, the Shopee application, which can help market roof tiles to a wider target market.

 

Kata kunci: marketing, digital marketing; e-commerce

Keywords


marketing, digital marketing; e-commerce

Full Text:

PDF

References


Aminudin,J. Haryadi, A. Sunardi (2019). Proses Pembuatan Genteng Sokka Kebumen. Dinamika Journal Vol 1 No 4.

Grace, M. Iskandar,A.S. Erlangga, H. Nurjaya. Sunarsi,d. (2022). Strategi Pemasaran. Tangerang: Pascal Books.

Irwanto, A. Noermijati. (2013). Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Strategi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Pengaruhnya pada Terbentuknya Word of Mouth di Perumahan Madani Group Jabodetabek. Jurnal Aplikasi Manajemen Vol. 11 No. 1.

Kereh, F.(2018). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Motor Yamaha Mio Pada PT Hasjrat Abadi Outlet Yamaha San Ratulangi. Jurnal EMBA Vol. 6 No. 2

Lee, M & Johnson, C. (2004). Prinsip-Prinsip Pokok Periklanan Dalam Perspektif Global. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Levi, M.H. (2017). Analisis Pengembangan Industri Kecil Kerajinan Genteng Dalam Upaya Meningkatkan Kesejahteraan Pengrajin Perspektif Ekonomi Islam. Disertasi tidak diterbitkan. Lampung, Indonesia: Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Rahman, A.(2017). Strategi Dahsyat Marketing Mix for Small Business: Cara Jitu Merontokkan Pesaing. Jakarta: Transmedia Pustaka

Rohmanudin. (2017). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Daya Saing: Studi Pada Industri Mebel di Kecamatan Wayhalim Kota Bandar Lampung). Skripsi. BandarLampung: Universitas Lampung.

Rusdi, M. (2009). Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Volumen Penjualan Pada Perusahaan Genting UD. Berkah Jaya. Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis. Vol. 6 No. 2

Saifudin. (2017). Strategi Bauran Pemasaran UD Tropikal Batik Dusun Klontang Desa Gendoh Kecamatan Sembu Kabupaten Banyuwangi. Jurnal Ilmu Pendidikan Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial. Vol 11 No. 1.

Yulianti, F. Lamsah. Periyadi (2019). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Deepublish




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i1.13528

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: