PENGENALAN BERTANAM KAKTUS DAN SUKULEN BAGI ANAK-ANAK USIA DINI DI JEMBER

Dyah Ayu Savitri, Noer Novijanto, Rufiani Nadzirah, Hasbi Mubarak Suud

Abstract


ABSTRAK

Berkebun merupakan kegiatan yang dapat dilakukan oleh berbagai kalangan, mulai dari pemuda, orang tua bahkan anak-anak. Pengenalan kegiatan berkebun dapat dijadikan salah satu upaya mendidik karakter peduli lingkungan pada anak-anak usia dini. Kaktus dan sukulen tergolong dalam tanaman hias yang umum digunakan untuk melengkapi hiasan baik didalam maupun di luar ruangan. Sifatnya yang mudah untuk dibudidaya serta memilki nilai estetika menjadikan kaktus dan sukulen digemari untuk ditanam masyarakat. Program pengabdian ini dilakukan dengan cara memperkenalkan siswa PAUD Surenesia Jember Jawa Timur untuk menanam tanaman kaktus dan sukulen didalam pot. Kegiatan ini bertujuan untuk: 1) Memperkenalkan tanaman kaktus dan sukulen kepada anak-anak usia dini, 2) Memperkenalkan media tanam untuk budidaya kaktus dan sukulen dan 3) Memperkenalkan cara menanam kaktus dan sukulen menggunakan pot. Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan melalui tiga tahap, yakni sosialisasi, praktek dan evaluasi. Sasaran kegiatan adalah 20 siswa PAUD Surenesia, Jember, Jawa Timur. Berdasarkan hasil evaluasi Pre-Test dan Post Test, terjadi peningkatan kemampuan peserta untuk menanam kaktus dan sukulen didalam pot. Adanya kegiatan ini diharapkan dapat menjadi stimulus untuk menanamkan karakter peduli dan cinta lingkungan pada anak-anak usia dini.

 

Kata kunci: anak; kaktus; lingkungan; sukulen

 

ABSTRACT

Gardening is an activity that can be carried out by various groups, ranging from youth, parents and even children. The introduction of gardening activities can be used as an effort to educate the character of caring for the environment in early childhood. Cactus and succulents are classified as ornamental plants that is easy to cultivate and has aesthetic value makes cacti and succulents popular for community planting. This service program is carried out by introducing students to plant cactus and succulent plants in pots. This activity aims to: 1) Introduce cactus and succulent plants to young children, 2) Introduce growing media for cactus and succulent cultivation and 3) Introduce how to plant cacti and succulents using pots. The implementation of this activity was carried out through three stages, namely socialization, practice and evaluation. The target of the activity was 20 students of PAUD Surenesia, East Java. Based on the results of the Pre-Test and Post Test evaluations, there was an increase in the participants' ability to plant cacti and succulents in pots. The existence of this activity is expected to be a stimulus to instill the character of caring and loving the environment in early childhood.

 

Keywords: child; cactus; environment; succulent


Keywords


child; cactus; environment; succulent

Full Text:

PDF

References


Adiprasetyo, T., Hermawan, B., Herman, W., & Arifin, Z. (2020). Pelatihan Pembuatan Media Tanam Dengan Memanfaatkan Sumber Daya Lokal Di Kelurahan Beringin Raya Kota Bengkulu. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Dewantara, 3(1), 37–40.

Ariyani, N. (2020). Ragam Kerusakan atas Perbuatan Manusia di Muka Bumi dalam Penafsiran Ibn Katsir. Jurnal Al-Fanar, 3(2), 193–220. https://doi.org/10.33511/alfanar.v3n2.193-220

Ariyanti, T. (2016). The Importance of Childhood Education for Child Development. Dinamika Pendidikan Dasar, 8(1), 50–58.

Asri, D. P., Laura, A. L., & Sri, N. As. (2018). Suara Alam : Representasi Kerusakan Lingkungan Dalam Puisi Lapindo : Alam Yang Membalas Dendam Karya Viddy Ad Daery. Seminar NAsional 4, 111–118.

Astriani, L., Bahren, M., Mulyanto, T. Y., & Istikomah. (2020). Pemberdayaan Masyarakat melalui Budidaya Tanaman Hias Sukulen dalam Pot. Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 1–10.

Banoet, J., Sutarto, J., Sularti, S., & Handayani, D. (2019). Integrative Holistic Garden at Early Childhood Education to Reduce Children Stunting. Journal of Primary Education, 9(1), 29–35.

Eka, D., Sri, M., & Sulystyaningsih, N. D. (2022). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Budidaya Tanaman Edamame Dan Kaktus Di Pusat Pertanian Terintegrasi. 5(2), 780–790.

Elyawati, E., & Fatmawati, N. (2021). Dampak Kerusakan Lingkungan terhadap Bencana Alam (Studi Kasus di Rintisan Desa Wisata Wonosoco Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus). IJTIMAIYA: Journal of Social Science Teaching, 5(1), 19. https://doi.org/10.21043/ji.v5i1.8905

Firdiana, E. R., & Renjana, E. (2019). Pertumbuhan vegetatif stek daun hoya pada tiga media tanam yang berbeda. Prosiding Seminar Nasional …, 1(1), 1–7. https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/hayati/article/view/600%0Ahttps://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/hayati/article/download/600/530

Fitriah, N., Iriani Putri, D., Nur, N., Dini Kurnia Vitasari, P., & Kismawati, D. (2021). Pengenalan Aktivitas Berkebun Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Perkembangan Kognitif (Pengenalan Sains) Pada Anak. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 1–6. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat/article/view/10677

Ismail, M. J. (2021). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Dan Menjaga Kebersihan Di Sekolah. Guru Tua : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 59–68. https://doi.org/10.31970/gurutua.v4i1.67

Kumala, I. R. (2010). Budidaya Tanaman Hias Euphorbia (Euphorbia Milii).

Lakamisi, H. (2010). Prospek agribisnis tanaman hias dalam pot (POTPLANT). Agrikan: Jurnal Agribisnis Perikanan, 3(2), 55. https://doi.org/10.29239/j.agrikan.3.2.55-59

Munandar, D. E., Khozin, M. N., & Putri, W. K. (2022). Pengembangan Tanaman Kaktus dan Sukulen Sebagai Mini Gardenuntuk Peningkatan Iptek dan Kewirausahaan Santri Pondok Pesantren Nurul Islam Jember. Jurnal Abdi Insani, 9(1), 247–255.

Munandar, D. E., & Sundahri. (2022). Penerapan Iptek Dalam Pengembangan Tanaman Kaktus Guna Meningkatkan Pengetahuan dan Pendapatan Masyarakat. Jurnal Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Jember, 1(2), 133–143.

Nurjannah, D., Wahyu, W., Sari, D. P., Maghfirah, W. S., & Oktanira, I. (2022). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Melalui Kegiatan Berkebun Di Halaman Sekolah. BUHUTS AL-ATHFAL: Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini, 2(1), 49–59. https://doi.org/10.24952/alathfal.v2i1.5611

Santosa, S. J., Siswadi, S., & Fajarwanto, A. (2021). Berkebun di Rumah pada Masa Pandemi dengan Memanfaatkan Sampah Rumah Tangga. PengabdianMu: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(3), 251–257. https://doi.org/10.33084/pengabdianmu.v6i3.1772

Sari, R., Wulandari, R., Sonia, G., Harmonisyah, N., & ... (2022). Konsep Dasar Pengelolaan Kelompok Bermain (KB). Jurnal Multidisipliner Bharasumba, 373–382. https://azramedia-indonesia.azramediaindonesia.com/index.php/JIMR/article/view/232%0Ahttps://azramedia-indonesia.azramediaindonesia.com/index.php/JIMR/article/download/232/207

Setina, Marmawi, R., & Thamrin, M. (2015). Peningkatan Perilaku Cinta Lingkungan Pada Anak Usia 5-6 Tahun Melawi. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 4(5), 1–14. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/10028

Setyadi, S., & Indriyani, L. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Peningkatan Hobi Berkebun. Jurnal Ekonomi Dan Kebijakan Publik, 4(1), 1–11. https://spektrumonline.com/2020/11/11/dampak-pandemi-covid-19-multidimensi/

Silahuddin, S. (2017). Urgensi Membangun Karakter Anak Sejak Usia Dini. Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak, 3(2), 18. https://doi.org/10.22373/bunayya.v3i2.1705

Surakusumah, W. (2011). Perubahan Iklim dan Pengaruhnya terhadap Keanekaragaman Hayati. Jurnal Pendidikan Indonesia, 1–24.

Wibowo, G. R., Praptono, B., & Rendra, M. (2021). Analisis Kelayakan Usaha Pembukaan Green House Kaktus Ditinjau Dari Aspek Pasar, Aspek Teknis, dan Aspek Finansial. E-Proceeding of Engineering, 8(2), 2091–2098.




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i1.13792

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: