PELATIHAN PENGGUNAAN ALAT KIT IPA BAGI GURU-GURU IPA SE-KECAMATAN BATUDAA KABUPATEN GORONTALO UNTUK MENDUKUNG KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM 2013 Se-Kecamatan Batudaa Kabupaten Gorontalo Untuk Mendukung Kegiatan Belajar Mengajar Dalam Mengimplementasikankurikulum 2013

Citron Payu, Abdul Haris Odja, Muhammad Yusuf, Idawati Supu

Abstract


ABSTRAK

Kegiatan Pelatihan KIT IPA merupakan program pelatihan yang dapat memberikan solusi bagi permasalahan utama yang dihadapi oleh guru IPA. Permasalahannya adalah masih kurangnya kemampuan guru dalam menggunakan KIT IPA dalam proses pembelajaran. Pelatihan ini bertujuan agar guru-guru dapat memahami dan menerapkan proses pembelajaran menggunakan KIT IPA.Pelatihan ini diharapkan berjalan dengan baik dan lancar sehingga dapat meningkatkan efektifitas guru dalam menggunakan alat KIT IPA untuk mendukung kegiatan belajar mengajar (KBM) dalam mengimplementasikan kurikulum 2013 serta mengatasi kurangnya kemampuan dalam menggunakan KIT IPA menggunakan metode pembelajaran jigsaw. Kegiatan inti yang akan dilaksanakan yakni, Pelatihan Penggunaan Alat KIT IPA Bagi Guru-guru IPA Se-Kecamatan Batudaa dalam Mengimplementasikan Kurikulum 2013, dan kegiatan Mengajar di sekolah. Dengan adanya pelatihan ini dapat menambah lmu dan kemampuan guru-guru Kecamatan Batudaa dalam mengimplementasikan penggunaan KIT IPA di sekolah.

 

Kata kunci: efektifitas; guru; kemampuan; KIT IPA; kurikulum

 

ABSTRACT

The Science Set Tools Training Activity is a training program that can provide solutions to the main problems faced by science teachers. The problem is that there is still a lack of teacher ability in using Science Set Tools in the learning process. This training aims so that teachers can understand and apply the learning process using the Science Set Tools. The main activities to be carried out training used Science Set Tools for Science Teachers in Batudaa District in Implementing the 2013 Curriculum, and teaching activities in schools by this training. It is hoped that it will increase the knowledge and ability of Batudaa District teachers in implementing the use of Science Set Tools in schools.

 

Keywords: ability; curriculum; effectiveness; science set tools; teacher

Keywords


ability; curriculum; effectiveness; science set tools; teacher

Full Text:

PDF

References


Anggraeni, S., & Sari, R. T. (2017). Ketersediaan Dan Pemanfaatan Media Komponen Instrumen Terpadu (KIT) IPA Di SD Negeri Kecamatan Nanggalo Kota Padang. JPDN Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 2(2), 234–242. https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pgsd/article/view/557

Budiyanto, M., Setiawan, B., & Erman, E. (2016). Pendampingan Pelatihan Alat Kit Ipa Bagi Guru Madrasah Tsanawiyah (Mts) Kota Probolinggo Untuk Meningkatkan Pemahaman Pendekatan S Ai Ntifi K Dalam Rangka Pelaksanaan Kurikulum 2013. Jurnal ABDI, 1(1), 78. https://doi.org/10.26740/ja.v1n1.p78-83

Khair, B. N., Astria, F. P., Wardani, K. S. K., Nurwahidah, N., Sriwarthini, N. L. P. N., & Rahmatih, A. N. (2021). Pelatihan Dan Pendampingan Penggunaan Kit IPA Di Sd Negeri 34 Cakranegara. Jurnal Interaktif: Warta Pengabdian Pendidikan, 1(1), 14–19. https://doi.org/10.29303/interaktif.v1i1.3

Puspitasari, N. (2019). Faktor Kondisi Fisik Terhadap Resiko Cedera Olahraga Pada Permainan Sepakbola. Jurnal Fisioterapi Dan Rehabilitasi, 3(1), 54–71. https://doi.org/10.33660/jfrwhs.v3i1.34

Satria, E., & Sari, S. G. (2018). Penggunaan Alat Peraga Dan KIT IPA Oleh Guru Dalam Pembelajaran Di Beberapa Sekolah Dasar Di Kecamatan Padang Utara Dan Nanggalo Kota Padang. Ikraith-Humaniora, 2(2), 1–8. https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/ikraith-humaniora/article/view/109/44

Setiyawan. (2017). Visi Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Jurnal Ilmiah PENJAS, 3(1), 74–86.

Sudjana, N. (2010). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. PT. Remaja Rosdakarya.

Tarukbua, M. S. (2013). Kontribusi Panjang Tungkai Terhadap Jauhnya Tendangan Dalam Permainan Sepakbola Pada Siswa Sd Inpres Kapiroe Kecamatan Palolo Kabupaten Sigi. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Trisnoherawati, N. (2004). Pengaruh KIT IPA Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Yogyakarta.

Wiratmodjo, P., & Sasonohardjo. (2002). Media Pembelajaran Bahan Ajar Diklat Kewidyaiswaraan Berjenjang Tingkat Pertama. Lembaga Administrasi Negara RI.




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i2.13986

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: