PELATIHAN TEKNIK PENULISAN ARTIKEL ILMIAH NASIONAL TERAKREDITASI BAGI MAHASISWA

Mahsup Mahsup, Eka Fitriani, Agus Herianto, Ibrahim Ibrahim, Najamudin Najamudin, Palahuddin Palahuddin, Swahip Swahip, Mardiyah Hayati, Abdillah Abdillah

Abstract


ABSTRAK

Tujuan kegiatan pengabdian yaitu untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa dalam menyusun artikel  ilmiah yang dipublikasikan pada jurnal nasional terakreditasi. Metode pengabdian terdiri dari sosialiasi, pelaksanaan kegiatan dan evaluasi. Lokasi kegiatan pengabdian dilakukan di Mataram pada Progam Studi pendidikan Matematika Univesitas Muhammadiyah Mataram. Hasil pengabdian bahwa ada peningkatan pemahaman dalam menyusunan artikel ilmiah nasional terakreditasi dan dapat melakukan submit artikel ilmiah di OJS versi 2.

 

Kata kunci: pelatihan; artikel ilmiah; terakreditasi

 

ABSTRACT

The purpose of service activities is to increase student understanding in compiling scientific articles published in accredited national journals. The method of service consists of socialization, implementation of activities and evaluation. The location of service activities is carried out in Mataram in the Mathematics Education Study Program of the University of Muhammadiyah Mataram. The result of the dedication is that there is an increase in understanding in compiling accredited national scientific articles and can submit scientific articles in OJS version 2.

 

Keywords: training; scientific articles; accredited


Keywords


training; scientific articles; accredited

Full Text:

PDF

References


Aina, M., H, B., SB, R., H, A., & Sadikin, A. (2015). Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah bagi Guru Guru SMA 8 Kota Jambi. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 30(3), 29–32.

Drina Intyaswati, Fitria Ayuningtyas, & Supratman. (2021). Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah Dan Proses Publikasinya. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(3), 444–452. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v2i3.712

Faturahmah, F., Mandailina, V., Mahsup, M., & ... (2021). Pengembangan Media Komik Berbasis Edutaiment Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Seminar Nasional ….

Febrilia, B. R. A., Juliangkary, E., Yuliyanti, S., Prasetya, D. S. B., Pujilestari, & Setyawati, D. U. (2020a). Workshop Penulisan Artikel Ilmiah Bagi Guru MIPA SMK Islam Al-Abhariyah Scientific Article Writing Workshop for MIPA Teachers at Al-Abhariyah Islamic Vocational School. Jurnal Panrita Abdi, 4(1), 69–76.

Febrilia, B. R. A., Juliangkary, E., Yuliyanti, S., Prasetya, D. S. B., Pujilestari, P., & Setyawati, D. U. (2020b). Workshop Penulisan Artikel Ilmiah Bagi Guru MIPA. Panrita Abdi - Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(1), 69. https://doi.org/10.20956/pa.v4i1.7548

Kabunggul, Y. dkk. (2020). Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Team Game Tournament Berbantuan Media Android. Jurnal Pendidikan Karakter, 3(2), 3–6.

Kaka, N. L., Abidullah, Sirajuddin, Mahsup, & Mandailina, V. (2022). Pengembangan alat peraga roda pintar sebagai media pembelajaran matematika materi trigonometri. Seminar Nasional Paegoria, 2, 251–259.

Kristiawan, M., Nipriansyah, N., Yanti, F. A., & Viona, E. (2021). Penulisan dan Publikasi Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru. Jurnal Basicedu, 6(1), 95–101. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1787

Mahsup, & Anwar, Y. S. (2020). Development of structured modules to improve the mathematical understanding of the circle concept in class VIII Mataram 17 junior high school. Journal of Physics: Conference Series, 1465(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1465/1/012074

Mahsup, M., Ibrahim, I., Muhardini, S., Nurjannah, N., & Fitriani, E. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran Tutor Sebaya. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran. https://doi.org/10.33394/jk.v6i3.2673

Mahsup, M., Islahudin, I., & Anwar, Y. S. (2018). Pelatihan Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Pemahaman Dalam Menentukan Volume Bangun Ruang Bagi Siswa Sekolah Dasar. Selaparang Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 2(1), 27. https://doi.org/10.31764/jpmb.v2i1.560

Mahsup, M., Rochayati, N., & Ibrahim, I. (2022). Pelatihan Penulisan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Mahasiswa. JCES (Journal of Character …, 5(2), 483–492. http://journal.ummat.ac.id/index.php/JCES/article/view/8027%0Ahttp://journal.ummat.ac.id/index.php/JCES/article/viewFile/8027/pdf

Mandailina, V., Pramita, D., Syaharuddin, S., Saddam, S., Mahsup, M., & Abdillah, A. (2021). Rumah Belajar: Sebagai Media Pembelajaran Daring Berbasis Android Bagi Siswa di Lombok Barat. Journal Of Human And Education (JAHE), 1(1), 9–12. https://doi.org/10.31004/jh.v1i1.6

Marsiyem, M., Aryanti, S., Destriana, D., & Destriani, D. (2019). Penulisan Artikel Ilmiah bagi Guru Penjasorkes di Sekolah Dasar. Journal Of Sport Education (JOPE), 1(2), 34. https://doi.org/10.31258/jope.1.2.34-36

Mawaddah, M., Abdillah, A., Sirajuddin, S., & Mahsup, M. (2022). Implementation Of Newman Method For Analyzing Student Errors In Solving Hots Type Math Problems. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(3), 2383. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i3.5085

Muhardini, S., Rahman, N., Mahsup, M., Sudarwo, R., Anam, K., & Fujiaturrahman, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Box Nusantara untuk Membentuk Kemampuan Memahami Konsep Tematik pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(2), 284. https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2612

Nurhalimah, A., Mandailina, V., Mahsup, & Syaharuddin. (2022). Measuring the Difficulty Level of Mathematical Problems Based on Polya Criteria. Journal of Education Research and Evaluation, 6(4), 595–607. https://doi.org/10.23887/jere.v6i4.46316

Ramaniyar, E., Alimin, A. A., & Hariyadi, H. (2019). Penggunaan Bahasa Indonesia Dalam Penulisan Artikel Ilmiah. Jurnal Pendidikan Bahasa, 8(1), 34. https://doi.org/10.31571/bahasa.v8i1.1132

Setiawan, A., Mujianto, G., & Musaffak, M. (2021). Pelatihan Dan Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah Di MTs Muhammadiyah 1 Malang. Jurnal Pengabdi, 4(2), 202. https://doi.org/10.26418/jplp2km.v4i2.48353

Styaningrum, F., & Nuraina, E. (2020). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Universitas PGRI Madiun. Altruis: Journal of Community Services, 1(3), 141. https://doi.org/10.22219/altruis.v1i3.12325

Sumarni, S., Prayitno, A. T., & Adiastuty, N. (2020). Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah Bagi Guru-Guru SMA Kecamatan Jalaksana Kabupaten Kuningan. Al-Khidmat, 3(1), 15–24. https://doi.org/10.15575/jak.v3i1.6243

Winarti, A., Syahmani, S., Almubarak, A., Bakti, I., Leny, L., & Prayogi, R. (2019). Peningkatan Profesionalitas dan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 34. https://doi.org/10.20527/btjpm.v1i1.1917




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i2.14590

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: