PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN DAN DIGITAL MARKETING BAGI PEMUDA DESA NOELBAKI KABUPATEN KUPANG

Yosefina K. I. D. D. Dhae, Ronald P. C. Fanggidae, Klaasvakumok J. Kamuri, Dominikus K. T. Aman

Abstract


ABSTRAK

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini berjudul “Pelatihan Kewirausahaan dan Digital Marketing bagi pemuda Noelbaki Kabupaten Kupang”, yang dilakukan dengan melibatkan mitra utama yaitu para pemuda di Desa Noelbaki. Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memberikan pelatihan kewirausahaan dan digital marketing, agar para pemuda mendapatkan pengetahuan tentang kegiatan wirausaha dan memanfaatkan teknologi digital dalam mengembangkan kegiatan wirausaha mereka. Penggunaan metode dalam kegiatan pengabdian pada masyarakat ini adalah ceramah, diskusi, pelatihan dan pendampingan bagi mitra dengan target luaran yang ingin dicapai adalah mitra dapat memiliki pemahaman dan pengetahuan tentang kewirausahaan dan bagaimana mereka dapat menggunakan teknologi digital dalam berwirausaha. Hal ini dikarenakan, para pemuda di Desa Noelbaki sebagian besar adalah mereka yang sudah melek teknologi namun pemanfaataannya masih bersifat sebatas untuk hiburan, main game online, dan sosial media. Padahal jika mereka dapat memanfaatkan teknologi ini secara maksimal maka dapat menjadi sebagai sumber pendapatan. Hasil dari kegiatan ini langsung direspon oleh pemuda yang hadir dengan membuat rencana usaha dengan memanfaatkan sumberdaya yang ada di sekitar mereka. Mereka juga memilih sosial media sebagai salah satu media digital marketing sebagai media promosi usaha mereka.

 

Kata Kunci: pemuda; kewirausahaan; pemasaran digital; teknologi; noelbaki

 

ABSTRACT

The title of the Community Service Activity (PKM) is "Entrepreneurship and Digital Marketing Training for youth in Noelbaki village, in Kupang Regency". This activity aims to provide a training of entrepreneurship and digital marketing for young people in Noelbaki village so they can have knowledge about entrepreneurial and how to utilize digital technology to help them in developing their entrepreneurial activities. The method used in this community service activity was lectures, discussions, training and mentoring for partners. The output target of this PKM is that the young people in Noelbaki can have understanding and knowledge about entrepreneurship and how they can use digital technology in entrepreneurship. This is because, most of the youth in Noelbaki Village are those who are already literate in technology but their use is still limited to entertainment, playing online games, and social media. Even if they can take full advantage of this technology, it can become a source of income. The results of this activity were immediately responded to by the youth who attended by making a business plan by utilizing the resources around them. They also choose social media as one of the digital marketing media as a medium for promoting their business.

 

keywords: youth; entreprenuer; digital marketing; technology; noelbaki

Keywords


youth; entreprenuer; digital marketing; technology; noelbaki

Full Text:

PDF

References


Chaffey, D., & Ellis-Chadwick, F. (2012). Digital Marketing: Strategy, Implementation and Practice (5th ed.). Financial Times Prentice Hall.

Gunawan, A., & Hazwardy, D. (2020). Pelatihan Digital Entrepreneurship Untuk Mewujudkan Generasi Milenial Berijwa Wirausaha. Abdimas Dewantara, 3(1), 81–88. https://doi.org/https://doi.org/10.30738/ad.v3i1.4311

Hardiyanto, L. (2018). Motivasi Mahasiswa Menjadi Start UP Digital Entrepreneur (Technopreneurship). Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STIKP Kusuma Negara, 10(1), 1–15. https://doi.org/10.37640

Hasmidyani, D., Fatimah, S., & Firmansyah. (2017). Mengembangkan Jiwa Kewirausahaan Generasi Muda Melalui Pelatihan Penyusunan Rencana Usaha. Mitra Jurnal Pemberdayaan Masyarakat, 1(1). https://doi.org/https://doi.org/10.25170/mitra.v1i1.13

Kemenkopukm.go.id. (2020). Kewirausahaan Pemuda Untuk Mewujudkan Indonesia yang Berdaya Saing. https://www.kemenkopmk.go.id/kewira%09usahaan-pemuda-untuk-mewujudkan-indonesia-yang-berdaya-saing

Misnawati, & Yusriadi. (2018). Efektivitas Pengelolaan Kewirausahaan Berbasis Kognitif Personal melalui Penggunaan Infrastruktur Digital (Media Sosial). Jurnal Mitra Manajemen (JMM), 2(3), 138–145. http://e-jurnalmitramanajemen.com

Sunardi, N., Sarwani, Nurzaman AM, E., Pranoto, & Hasmanto, R. (2020). Peran Digital Marketing dalam Upaya Meningkatkan Pendapatan UKM yang Berdampak pada Kesejahtraan Masyarakat di Kab. Purwakata di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 2(1), 58–67. http://www.openjournal.unpam.ac.id/index.php/JAMH

Suryana. (2013). Kewirausahaan (4th ed.). Salemba.

Wahyuningrum, D., & Prihantoro, C. R. (2019). Kewirausahaan Sebagai Solusi Masalah Ketenagakerjaan di Era Fourth Industrial Revolution (“ 4IR ”). JIMEA-JURNAL INOVASI MANAJEMEN EKONOMI DAN AKUNTASI, 1(1).

Yuliani, N., Novita, D., & Pramestari, D. (2019). Menumbuhkan Jiwa Wirausaha Kawula Muda di Era Milenial Melalui Pendekatan INSIDE-OUT. 2(2), 12–22.

Zalzalah, G, G., Basri, A, I., & Istiana. (2021). Edukasi entrepreneurship melalui program pembuatan produk dan strategi digital marketing “ nugget lele.” ABDIMAS NUSANTARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 51–61. http://ejurnal.unim.ac.id/index.php/abdimasnusantara/index




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i2.15038

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: