PENDAMPINGAN PENYUSUNAN RANCANGAN PEMBELAJARAN INOVATIF ABAD 21 PADA MAHASISWA

Agus Herianto, Sukuryadi Sukuryadi, Ibrahim Ibrahim, Mas’ad Mas’ad, Khosiah Khosiah, Mahsup Mahsup, Sintayana Muhardini, Irma Setiawan, Junaidin Junaidin, Zaenudin Zaenudin, Eka Fitriani, Najamudin Najamudin

Abstract


ABSTRAK

Tujuan kegiatan pengabdian ini untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa tentang model pembelajaran inovatif berorientasi konstruktivistik, karakteristik rancangan pembelajaran dan penyusunan rancangan pembelajaran inovatif abad 21. Metode kegiatan dengan tahapan terdiri dari persiapan, pelaksanaan dan evaluasi kegiatan. Hasil kegiatan pengabdian yaitu: 1) Mahasiswa peserta pengabdian memahami tentang model-model pembelajaran inovatif berorientasi konstruktivistik; 2) Mahasiswa peserta pengabdian memahami dengan baik cara mengimplementasikan model-model pembelajaran inovatif tersebut dalam kegiatan pembelajaran; 3) Mahasiswa peserta pengabdian memahami secara spesifik ciri atau karakteristik rancangan pembelajaran inovatif abad 21; 4) Mahasiswa peserta pengabdian memahami tentang penyusunan rancangan pembelajaran inovatif abad 21 dalam wujud RPP.

 

Kata kunci: pendampingan; rancangan pembelajaran inovati abad 21; mahasiswa

 

ABSTRACT

The purpose of this service activity is to increase students' understanding of constructivistic-oriented innovative learning models, characteristics of learning designs and the preparation of innovative learning designs of the 21st century. The method of activity with stages consists of preparation, implementation and evaluation of activities. The results of service activities are: 1) Students participating in the service understand about innovative learning models oriented to constructivism; 2) Students participating in the service understand well how to implement these innovative learning models in learning activities; 3) Students participating in the service understand specifically the characteristics or characteristics of innovative learning designs in the 21st century; 4) Students participating in the service understand about the preparation of innovative learning designs for the 21st century in the form of lesson plans.

 

Keywords: mentoring; 21st century innovation learning design; student


Keywords


mentoring; 21st century innovation learning design; student

Full Text:

PDF

References


DAFTAR RUJUKAN

Adriyanto, Dewi Pramita, Abdillah, Syaharuddin, Mahsup, E. F. (2019). Peningkatan Kompetensi Strategis Siswa Melalui Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures. Justek : Jurnal Sains Dan Teknologi, 2(1), 01–10. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/justek.v2i1.3535

Anugrahana, A. (2019). Pengembangan Modul Sempoa Sebagai Alternatif Dalam Mata Kuliah Inovatif Matematika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 462–470. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i2.130

Faturahmah, Vera Mandailina, Mahsup, Syaharuddin, Yunita Septiana Anwar, Sirajuddin, Dewi Pramita, Raden Sudarwo, K. A. (2021). Pengembangan Media Komik Berbasis Ctl Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Seminar Nasional Paedagoria, 1, 16–20. https://doi.org/10.26740/jrpd.v4n3.p789-799

Fitriani, E., & Mahsup, M. (2018). PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN. Justek : Jurnal Sains Dan Teknologi. https://doi.org/10.31764/justek.v1i2.3541

Herianto, A., & Ibrahim, I. (2017). Analisis efektivitas, kelebihan dan kekurangan desain model cooperative learning dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar geografi lingkungan pada mahasiswa program studi pendidikan geografi di pulau Lombok. Prosiding Seminar Nasional Pendidik Dan Pengembang Pendidikan Indonesia Dengan Tema “Membangun Generasi Berkarakter Melalui Pembelajaran Inovatif”. Aula Handayani IKIP Mataram 14 Oktober 2017, 17–27.

Kabunggul, Y. dkk. (2020). Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Team Game Tournament Berbantuan Media Android. Jurnal Pendidikan Karakter, 3(2), 3–6.

Kaka, N. L., Abidullah, Sirajuddin, Mahsup, & Mandailina, V. (2022). Pengembangan alat peraga roda pintar sebagai media pembelajaran matematika materi trigonometri. Seminar Nasional Paegoria, 2, 251–259.

Mahsup, & Abdillah, A. (2019). PENERAPAN PEMBELAJARAN METODE DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MAHASISWA PADA MATERI DETERMINAN. Jurnal Ulul Albab, 23(1), 33. https://doi.org/10.31764/jua.v23i1.643

Mandailina, V., & Mahsup. (2018). Efektivitas Pembelajaran Matematika dengan Metode Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pokok Bahasan Kubus dan Balok Kelas VIII SMP/MTs. Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika (JTAM), 2(2), 144–147.

Muhardini, S., Mariyati, Y., Sudarwo, R., Anam, K., Fitriani, E., & Milandari, B. D. (2021). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA KONTEKSTUAL BERBASIS LOCAL WISDOM DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR. Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 2(2), 182–187.

Muhardini, S., Rahman, N., Mahsup, M., Sudarwo, R., Anam, K., & Fujiaturrahman, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Box Nusantara untuk Membentuk Kemampuan Memahami Konsep Tematik pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(2), 284. https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2612

Rahmatin, N., Pramita, D., Sirajuddin, S., & Mahsup, M. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Bangun Ruang Dengan Metode Creative Problem Solving (CPS) Pada Siswa Kelas VIII SMP. JTAM | Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika, 3(1), 27. https://doi.org/10.31764/jtam.v3i1.760

Rochayati, N., Irma, E., Ibrahim, Mas’ad, Arif, Wahab, A., & Herianto, A. (2021). Strategi Pengembangan Usaha Kuliner pada Pasca Pandemi Covid-19 di Kelurahan Pagesangan Kota Mataram. Seminar Nasional Paedagoria, 1(September), 170–178.

Siti Arfa Halisa, Mahsup, Vera Mandailina, Abdillah, Syaharuddin, D. P. (2019). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI STRATEGI LIGHTENING THE LEARNING CLIMATE. Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter, 2(2), 15–19. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/pendekar.v3i2.2804

Tegeh, I. M. (Universitas P. G. (2016). Implementasi Model-Model Pembelajaran Inovatif. Seminar Nasional Vokasi Dan Teknologi (Semnasvoktek), 225–234.




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i3.15820

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: