WORKSHOP PENGGUNAAN APLIKASI CANVA SEBAGAI MEDIA PEMBUATAN BAHAN AJAR BAGI GURU SDN 1 BUKUR DAN SDN 2 BUKUR

Imam Prayogo Pujiono, Firda Aulia Izzati, Diah Puspitaningrum

Abstract


ABSTRAK

Penggunaan teknologi dalam proses belajar mengajar semakin penting karena dapat mempermudah materi tersampaikan kepada siswa misalnya dengan membuat bahan ajar yang interaktif. Salah satu aplikasi yang mudah digunakan untuk membuat bahan ajar adalah Canva. Meski mudah namun banyak guru yang belum bisa menggunakan Canva untuk membuat bahan ajar. Oleh karena itu, dibutuhkan workshop penggunaan Canva sebagai media pembuatan bahan ajar untuk meningkatkan kemampuan guru dalam membuat bahan ajar menggunakan Canva. Kegiatan ini diikuti oleh 12 guru yang berasal dari SDN 1 Bukur dan SDN 2 Bukur. Workshop dilakukan dengan metode presentasi dan praktik langsung menggunakan Canva. Pre-Test dan Post-Test diberikan kepada peserta (guru) workshop untuk mengetahui kemampuan awal dan akhir peserta terkait materi yang diberikan. Hasil dari kegiatan ini adalah meningkatnya kemampuan peserta dalam menggunakan Canva untuk membuat bahan ajar, Meningkatnya kemampuan peserta dapat dilihat dari hasil Kuesioner Pre-Test dan Post-Test dimana secara keseluruhan dari 6 pertanyaan yang diberikan rata-rata terjadi peningkatan sebanyak 6,83 peserta atau 56,94% peserta yang sebelumnya menjawab tidak bisa menggunakan sebuah fitur, menjadi menjawab bisa menggunakan sebuah fitur di Canva setelah mengikuti workshop. Adapun saran yang diberikan kepada peserta untuk terus berlatih menggunakan Canva dalam membuat bahan ajar.

 

Kata kunci: bahan ajar; canva; guru; workshop.

 

ABSTRACT

The use of technology in the teaching and learning process is increasingly important because it can make material easier to convey to students, for example by making interactive teaching materials. One application that is easy to use for creating teaching materials is Canva. Even though it's easy, many teachers cannot use Canva to make teaching materials. Therefore, a workshop on using Canva as a medium for making teaching materials is needed to improve teachers' abilities in making teaching materials using Canva. This activity was attended by 12 teachers from SDN 1 Bukur and SDN 2 Bukur. The workshop was carried out using the presentation method and hands-on practice using Canva. Pre-Test and Post-Test were given to workshop participants (teachers) to find out the participants' initial and final abilities regarding the material provided. The result of this activity is an increase in the participants' ability to use Canva to create teaching materials. The improvement in participants' ability can be seen from the answers to the Pre-Test and Post-Test Questionnaires where out of the 6 given questions, there was an average increase of 6.83 participants. It means that 56.94% of participants who previously answered that they could not use a feature, stated that they could use a feature in Canva after attending the workshop. As for the advice given to the participants to continue practicing using Canva in making teaching materials.

 

Keywords: canva; teacher; teaching materials; workshops.


Keywords


canva; teacher; teaching materials; workshops.

Full Text:

PDF

References


Choiriyah, Noviani, D., & Priyanti, Y. (2022). Pelatihan Pembuatan Bahan Ajar Pada Guru SMA Bina Warga (BW) 2 Palembang. AKM: Aksi Kepada Masyarakat, 3(1), 161–170.

Emda, A. (2017). KEDUDUKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN. Lantanida Journal, 5(2), 93–196.

Fitriana, A. (2021). PENGGUNAAN BAHAN AJAR BERBASIS TEKNOLOGI DAN INFORMASI DALAM PROSES PEMBELAJARAN PPKN. Webinar Nasional IAHN-TP Palangka Raya, 35–47.

Magdalena, I., Sundari, T., Nurkamilah, S., Ayu Amalia, D., & Muhammadiyah Tangerang, U. (2020). ANALISIS BAHAN AJAR. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 311–326.

Maskar, S., & Dewi, P. S. (2020). PRAKTIKALITAS DAN EFEKTIFITAS BAHAN AJAR KALKULUS BERBASIS DARING BERBANTUAN GEOGEBRA. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 888–899.

Noverdika, Y. (2021). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Model Tutorial dalam Pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 17 Padang. JURNAL LITERASIOLOGI, 5(1), 105–122.

Nuraeni, L., Jumiatin, D., & Westhisi, S. M. (2022). PENYULUHAN MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF PAUD HOLISTIK INTEGRATIF MELALUI APLIKASI CANVA UNTUK GURU PAUD. Abdimas Siliwangi, 5(2), 338–348.

Nuryasana, E., & Desiningrum, N. (2020). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR STRATEGI BELAJAR MENGAJAR UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(5), 967–974.

Pratama, R., Alamsyah, M., Siburian, M. F., Marhento, G., & Jupriadi, J. (2023). Pemanfaatan Canva Sebagai Media Pembelajaran Interaktif dalam Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik Madrasah Aliyah pada Mata Pelajaran IPA. EduBiologia: Biological Science and Education Journal, 3(1), 40.

Purwasi, L. A., & Refianti, R. (2022). Workshop Penggunaan Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Kompetensi Para Guru Sekolah Dasar Workshop on Using Canva Applications to Improve the Competence of Elementary School Teachers. Community Engagement & Emergence Journal, 3(3), 2022.

Rahmasari, E. A., & Yogananti, A. F. (2021). KAJIAN USABILITY APLIKASI CANVA (STUDI KASUS PENGGUNA MAHASISWA DESAIN). Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 7(1), 165–178.

Roshonah, A. F., Damayanti, A., Rahmatunnisa, S., & Masykuroh, K. (2021). PELATIHAN LITERASI DIGITAL UNTUK GURU PAUD DI WILAYAH SUKABUMI JAWA BARAT. AN-NAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 47–56.

Sipayung, Y. R. (2021). PELATIHAN DESAIN GRAFIS MENGGUNAKAN APLIKASI CANVA BAGI PSM SATYA DHARMA GITA. Bakti Humaniora, 1(1), 26–29.

Sopiah, Murdiono, A., Aulia Martha, J., Hadi Wira Prabowo, S., & Fitriana. (2019). Pelatihan dan Pendampingan Penyusunan Bahan Ajar Bagi Guru SMA 5 Kediri. Jurnal Karinov, 2(1), 52–56.

Wisman, Y. (2017). KOMUNIKASI EFEKTIF DALAM DUNIA PENDIDIKAN. Jurnal Nomosleca, 3(2), 646–654




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i3.15959

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: