OPTIMALISASI METODE STATISTIKA MENGGUNAKAN EXCEL PADA PENELITIAN TINDAKAN KELAS KKG GUGUS 04 ARJASA

Riza Yuli Rusdiana, Vega Kartika Sari, Halimatus Sa'diyah, Kacung Hariyono, Sri Hartatik

Abstract


ABSTRAK

Tujuan pengabdian yang diusulkan tim melalui pelatihan yaitu i) menambah pengetahuan guru terkait metode statistika untuk pengolahan data hasil penelitian tindakan kelas, dan ii) update kompetensi guru dalam penggunaan Ms. Excel. Pelatihan dihadiri 25 guru dari anggota KKG gugus 04 Arjasa secara luring. Tim menyampaikan materi kepada peserta dalam bentuk teori dan praktik secara langsung. KKG gugus 04 Arjasa mendapatkan informasi penerapan metode statistika dengan pemanfaatan Ms. Excel dalam menyusun PTK. Hasil kegiatan pengabdian menunjukkan terdapat pebedaan signifikan pengetahuan dan kemampuan peserta pelatihan sebelum dan sesudah mengikuti pelatihan. Peserta pelatihan mendapatkan peningkatan pengetahuan dan keterampilan terkait penerapan metode statistika untuk menyelesaikan kasus pembelajaran menggunakan Ms. Excel. Uji t-paired menyimpulkan pengetahuan dan keterampilan peserta setelah mengikuti pelatihan sebesar 73.2 yang lebih tinggi secara signfikan pada tingkat 5% dibandingkan dengan sebelum mengikuti pelatihan sebesar 43.6. Kegiatan pengabdian selanjutnya disarankan untuk dilakukan pelatihan secara rutin dengan materi metode statistika parametrik lainnya dan menggunakan software statistika.

 

Kata kunci: excel; PTK; statistika; uji t-paired.

 

ABSTRACT

The objectives of the service proposed by the team through training are i) increasing teacher knowledge related to statistical methods for processing CAR data and ii) updating teacher competence using Ms. Excel. The 25 teachers from members of KKG cluster 04 Arjasa attend offline training. The team delivered theoretical and practical materials to participants directly. KKG cluster 04 Arjasa obtained information on the application of statistical methods by utilizing Ms. Excel in compiling CAR. The knowledge and ability of trainees before and after attending the training are significantly different. Training participants obtain increased knowledge and skills about statistical methods to solve learning cases using Ms. Excel. The t-paired test concludes participants' knowledge and skills after training at 73.2 was significantly higher at a level of 5% compared to before training at 43.6. Further service activities are recommended to regularly training with other parametric statistical methods and using statistical software.

 

Keywords: CAR; excel; statistic; t-paired test.


Keywords


CAR; excel; statistic; t-paired test.

Full Text:

PDF

References


Afandi, N., Fransiska, H., Rini, D. S., Agwil, W., & Swita, B. (2022). Pelatihan SPSS Untuk Analisis Data Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Berdaya Mandiri, 4(3), 254–263.

Banuwa, A. K., & Susanti, A. N. (2021). Evaluasi Skor Pre-Test dan Post-Test Peserta Pelatihan Teknis New SIGA di Perwakilan BKKBN Provinsi Lampung. Jurnal Ilmiah Widyaiswara, 1(2), 77–85.

Fitria, H., Kristiawan, M., & Rahmat, N. (2019). Upaya Meningkatkan Kompetensi Melalui Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas. Abdimas Unwahas, 4(1), 14–25.

Ginting, A. L., Kusuma, J. P., Syarif, M., Niku, E., & Furqorina, R. (2021). Penulisan Karya Ilmiah & Ptk Bagi Guru Kb / Tk Untuk Peningkatan Kompetensi Guru. JURNAL SINERGI: Pengabdian UMMAT, 4(1), 11–16.

Kuswandi. (2021). Mengenal dan Menggunakan Microsoft Excel dalam Pengelolaan Data ( Dasar ). Jurnal Abdimas Plj, 1(2), 37–40.

Napis, Hakim, A. R., Farhan, M., & Apriyanto, M. T. (2022). Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Penilaian Melalui Pelatihan Penyusunan Instrumen Tes Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 5(4), 354–362.

Nurgiansah, T. H. (2021). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru Pendidikan Kewarganegaraan Di Sekolah Menengah Atas Se-Kabupaten Bantul. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 28–33.

Permana, N. S. (2017). Peningkatan Mutu Tenaga Pendidik dengan Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Studia Didaktika: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 11(1), 1–8. https://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/studiadidaktika/article/view/513

Permatasari, N., & Rosiyanti, H. (2021). Webinar Penelitian Tindakan Kelas (PTK) di MAN 1 Tangerang Selatan. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 1–6.

Rosyidi, A. M. (2017). Model dan Strategi Pembelajaran Diklat (Kajian Alternatif yang Efektif). Andragogi Jurnal Diklat Teknis, V(1), 100–111.

Sianturi, R. (2022). Uji Homogenitas Sebagai Syarat Pengujian Analisis. Jurnal Pendidikan, Sains, Sosial Dan Agama, 8(1), 386–397.

Syamsidah, Ratnawati, Qurani, B., & Muhiddin, A. (2021). Pelatihan Penulisan Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru SMP. IPTEK: Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat, 1(2), 93–98.

Virianita, R., Saleh, A., Warcito, Mintarti, Asikin, S., & Sjafri, M. H. (2022). Keberhasilan Pelatihan Kewirausahaan bagi Wirausaha Baru (WUB). Jurnal Penyuluhan, 18(02), 277–295.

Wahyuni, N. D., & Jailani, J. (2017). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa SD. Jurnal Prima Edukasia, 5(2), 151–159.

Yuliastini, N. K. S., & Maharani, N. K. S. (2023). Pelatihan Metode Pembelajaran Contextual Teaching and Learning untuk Meningkatkan Kematangan Karir Siswa. Sewagati, 2(1), 51–57.




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i3.16105

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: