PENERAPAN KONSEP DIGITAL MARKETING MENUJU EKONOMI KREATIF BAGI UMKM DESA NGEPOH KABUPATEN PROBOLINGGO

Ririn Aprilia Dewanti, Fauzatul Laily Nisa, Marseto Marseto

Abstract


Digital marketing merupakan hal yang sangat penting di era sekarang bagi para UMKM. Desa Ngepoh Kecamatan Dringu merupakan desa yang memiliki banyak potensi termasuk ekonomi. Hal itu ditunjukkan dengan banyaknya UMKM yang ada di Desa Ngepoh. Namun, dalam upaya pemasarannya masih terbatas dan menggunakan metode konvensional. Oleh karena itu, UMKM ini memerlukan pelatihan mengenai pentingnya memanfaatkan pemasaran digital agar sistem pemasarannya dapat ditingkatkan. Hal ini bertujuan untuk membantu UMKM mencapai target pasar yang lebih luas dan meningkatkan penjualan mereka. Penerapan kegiatan ini dilakukan melalui dua metode yang berbeda. Sosialisasi mengenai Digital Marketing dan Pendampingan Rebranding Produk. Setelah itu, UMKM juga akan mendapatkan bantuan dalam membuat akun bisnis di platform digital seperti Instagram, serta mendapatkan panduan untuk mengelola platform digital tersebut dengan efektif.Selain itu diadakan pendampingan berupa foto produk serta upgrade kemasan. Hasil dari pengabdian ini mencakup pembuatan akun dan Instagram, foto ptoduk UMKM, publikasi artikel ilmiah dalam jurnal nasional, dan laporan kegiatan. Pendekatan yang digunakan melibatkan pelatihan dalam bentuk sosialisasi dan tutorial tentang pembuatan akun di platform digital serta pengelolaan media digital. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari kegiatan ini, disarankan untuk memberikan pembimbingan secara rutin guna mengoptimalkan strategi pemasaran digital dan meningkatkan penjualan usaha UMKM.


Keywords


UMKM; Ekonomi Kreatif; Digital Marketing

Full Text:

PDF

References


Arifin, R., Andriansyah, Syahputra, R. A., & Zubir, A. A. (2022). Factor Influencing Consumer’s Purchase Intention on E-Commerce in Indonesia During Pandemic Covid-19 Based on Gender Moderation. https://doi.org/10.2991/aer.k.220131.037

Aryansah, J. E., & Mirani, D. (2020). Strategi bertahan usaha mikro kecil dan menengah sektor kuliner di masa pandemi covid-19. Prosiding Applicable Innovation of Engineering and Science Research, 2020, 323–329.

Fadhli, K., Mahmudah, M., Usluhiyah, R., & Widyaningsih, B. (2021). Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Rumah Bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (Mbr) Di Jombang Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Education And Development, 9(4), 5–11.

Hertati, L., Puspitawati, L., Gantino, R., & Ilyas, M. (2022). The Sales Volume and Operating Costs as Key Influencing Factors in Covid-19 Pandemic Era. Global Journal of Accounting and Economy Research, 3(1), 83–105.

Hertina, D., Hendiarto, S., & Wijaya, J. H. (2021). DAMPAK COVID-19 BAGI UMKM DI INDONESIA PADA ERA NEW NORMAL. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 3(2), 110. https://doi.org/10.32493/j.pdl.v3i2.8798

Kotler, P., & Keller, K. L. (2019). Manajemen Pemasaran.

Kusumawati, D. A. (2022). Peran Digital Skill Dan Workforce Transformastion Terhadap Kinerja Umkm. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 23(2), 125–135. https://doi.org/10.30659/EKOBIS.23.2.125-135

Rahayu, Y., & Aziz, I. A. (2022). Pelatihan Inovasi Produk Kingkong (Keripik Daun Singkong) Sebagai Potensi Usaha Kreatif Bagi Masyarakat Desa Padamulya Kecamatan Pasirkuda Kabupaten Cianjur Provinsi Jawa Barat. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 1–7. https://doi.org/10.30997/almujtamae.v2i1.2939

Rizaldi, T., & Putranto, H. A. (2018). Penerapan digital marketing sebagai strategi marketing dan branding pada UMKM. 56–59.

Sakum, S., & Ismamudi, I. (2022). Pengelolaan pemulihan ekonomi nasional melalui kementerian koordinator bidang perekonomian republik indonesia. Jurnal Pelita Ilmu, 16(02), 113–120. https://www.jurnal.pelitabangsa.ac.id/index.php/jpi/article/view/2111

Saleh, B., Hadiyat, Y. D. (2016). Use Of Information Technology Among Performers Micro Small Medium Enterprises In The Border Area (Study In Belu, East Nusa Tenggara). 1(2), 141–152. https://doi.org/10.30818/JPKM.2016.2010204




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i3.16199

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: