SOSIALISASI APLIKASI E-PEKEN SEBAGAI SARANA PENJUALAN ONLINE UMKM KELURAHAN SEMOLOWARU KOTA SURABAYA

Oktavia Brianita, Zalwa Navy Dindaputri, Bagus Nuari Harmawan

Abstract


ABSTRAK

Kelurahan Semolowaru merupakan salah satu kelurahan yang berada di Kecamatan Sukolilo, Kota Surabaya. Kelurahan Semolowaru merupakan salah satu kelurahan yang memiliki jumlah Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang cukup banyak, seperti fashion, makanan dan minuman, craft, dan agribisnis. Namun, banyak dari UMKM yang berada di Kelurahan Semolowaru masih belum menerapkan digital marketing, sehingga potensi yang dimiliki UMKM masih belum menjangkau masyarakat luas. Seiring berkembangnya teknologi dan informasi banyak sekali bermunculan aplikasi untuk mempermudah dalam memasarkan produk. Adanya inovasi aplikasi berupa platform belanja secara online (e-commerce) bernama Pemberdayaan dan Ketahanan Ekonomi Nang Suroboyo atau biasa dikenal dengan E-Peken, aplikasi yang dibuat oleh pemerintah Kota Surabaya dirasa menjadi jalan keluar untuk permasalahan pelaku UMKM yang ada. Namun adanya inovasi ini perlu dilakukan sosialisasi agar UMKM mengetahui secara mendalam mengenai E-Peken dan menjadi langkah awal bagi UMKM untuk menuju penjualan berbasis digital sehingga memperluas jangkauan pasar untuk mendapatkan penghasilan yang mampu meningkatkan taraf hidup.

 

Kata kunci: sosialisasi; e-peken; UMKM.

 

ABSTRACT

Semolowaru Village is one of the villages in Sukolilo District, Surabaya City. Semolowaru Village is one of the villages that has a large number of Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs), such as fashion, food and beverage, craft, and agribusiness. However, many MSMEs in Semolowaru Village have not implemented digital marketing so that the potential of MSMEs has not reached the wider community. Along with the development of technology and information, many applications have sprung up to make it easier to market products. There is an application innovation in the form of an online shopping platform (e-commerce) called Empowerment and Economic Resilience Nang Suroboyo or commonly known as E-Peken, an application made by the Surabaya City government is felt to be a way out for the problems of existing MSMEs. However, this innovation needs to be socialized so that MSMEs know in depth about E-Peken and become the first step for MSMEs towards digital-based sales so as to expand market reach to earn income that can improve their standard of living.

 

Keywords: socialization; e-peken; MSMEs.


Keywords


socialization; e-peken; MSMEs.

Full Text:

PDF

References


Abarca, R. M. (2021). Abarca,2021:68. Nuevos Sistemas de Comunicación e Información, 2013–2015.

Akbhari, I., & Prathama, A. (2023). Inovasi Aplikasi E-Peken : Optimalisasi Potensi UMKM Kota Surabaya. 4(2), 396–409.

Alwendi. (2020). Penerapan E-Commerce Dalam Meningkatkan. Jurnal Manajemen Bisnis, 17(3), 317–325. https://journal.undiknas.ac.id/index.php/magister-manajemen/article/view/2486

Farizki, F. I., Salamah, R., Mutiah, T. S. R., Wardhani, W. K., & Siddi, P. (2020). Penyuluhan Umkm Di Era New Normal Dengan Memprioritaskan Ekonomi Digital Marketing. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(1), 620. https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i1.3374

Hadi, R. A. (2022). Innovation of The Three In One Service Program of The Population and Civil Registration Service of Bandar Lampung City. 4(1), 135–144.

Idayu, R., Husni, M., & Suhandi, S. (2021). Strategi Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Untuk Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Desa di Desa Nembol Kecamatan Mandalawangi Kabupaten Pandeglang Banten. Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo, 7(1), 73. https://doi.org/10.35906/jm001.v7i1.729

Mahpuz, M., Bahtiar, H., Fathurahman, F., & Nur, A. M. (2021). Pelatihan pembinaan UMKM berbasis Teknologi Informasi untuk meningkatkan SDM pelaku UMKM. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(2), 212–219. https://doi.org/10.29408/ab.v2i2.4206

Marpaung, A. P., Hafiz, M. S., Koto, M., & Dari, W. (2021). Strategi Peningkatan Kapasitas Usaha Pada Umkm Melalui Digital Marketing. Prosiding Seminar Kewirausahaan, 2(1), 294–300.

NAIMAH, R. J., WARDHANA, M. W., HARYANTO, R., & PEBRIANTO, A. (2020). Penerapan Digital marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Jurnal IMPACT: Implementation and Action, 2(2), 39. https://doi.org/10.31961/impact.v2i2.844

Sedyastuti, K. (2018). Analisis Pemberdayaan UMKM Dan Peningkatan Daya Saing Dalam Kancah Pasar Global. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 2(1), 117–127. https://doi.org/10.31842/jurnal-inobis.v2i1.65

Widya, U., Surabaya, K., Jl, K., Sutorejo, P., Utara, I. /, & 60113, S. (n.d.). Seminar Nasional Ilmu Terapan (SNITER) PERAN PEMERINTAH KOTA SURABAYA DALAM PEMULIHAN EKONOMI UMKM PADA MASA PANDEMI COVID 19 (STUDI KASUS : DINAS KOPERASI KOTA SURABAYA) Mochamad Ilham Ramadhani. 19, 1–9.




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i3.16334

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: