PENGEMBANGAN PEMASARAN PRODUK MELALUI STRATEGI BRANDING BAGI UMKM DESA MRANGGONLAWANG KABUPATEN PROBOLINGGO

Adinda Yumna Nisrina, Marseto Marseto, Fauzatul Laily Nisa

Abstract


ABSTRAK

Branding produk dapat dikatakan sebagai salah satu upaya guna memikat calon pembali atau konsumen UMKM untuk menentukan keputusan dalam membeli produk UMKM. Terdapat banyak pelaku UMKM Desa Mranggonlawang yang kurang mengerti terkait branding dan menciptakan branding untuk produk mereka sendiri. Dari hasil observasi tim pengabdian, hampir semua pelaku UMKM yang berada di Desa Mranggonlawang belum memahami pentingnya peran dan manfaat branding produk khusunya sebagai ciri khas produk UMKM untuk dapat bersaing di pasar global. Banyak pelaku UMKM Desa Mranggonlawang yang kurang memahami akan inovasi produk yang dapat mengembangkan produk mereka. Melalui kegiatan pengabdian masyarakat ini, diharapakan tim pengabian dapat memberi motivasi dan pengetahuan kepada para pelaku UMKM di Desa Mranggonlawang. Pengabdian ini bertujuan untuk memberi sosialisasi kepada para pelaku UMKM Desa Mranggonlawang mengenai branding mulai dari pembuatan desain logo dan foto produk yang nantinya dapat berdampak pada meningkatknya penjualan dan juga sebagi media promosi digital kepada konsumen. Dalam menjalankan kegiatan pengabdian ini, tim pengabdian bersinergi dengan akademisi dan beberapa lembaga yang berkecimpung dalam bidang perekonomian. Pengabdian ini menggunakan metode diskusi dan praktik branding digital. Banyak pelaku UMKM Desa Mranggonlawang yang terbantu atas adanya kegiatan pengabdian mengenai branding produk UMKM, mulai dari pembuatan desain logo usaha, foto produk hingga pembuatan katalog usaha yang berdampak pada bertambahnya value produk dan volume penjualan produk UMKM Desa Mranggonlawang.

 

Kata kunci: UMKM; branding produk; logo usaha

 

ABSTRACT

Branding  The product can be said as one of the efforts to attract potential buyers or MSME consumers to make decisions in buying MSME products. There are many MSME actors in Mranggonlawang Village who do not understand thisbranding and createbranding for their own product. From the observations of the community service team, almost all MSME actors in Mranggonlawang Village do not understand the importance of their roles and benefitsbranding products especially as a characteristic of MSME products to be able to compete in the global market. Many MSME actors in Mranggonlawang Village do not understand product innovation that can develop their products. Through this community service activity, it is hoped that the community service team can provide motivation and knowledge to MSME actors in Mranggonlawang Village. This service aims to provide socialization to MSME actors in Mranggonlawang Village regardingbranding starting from making logo designs and product photos which can later have an impact on increasing sales and also as a digital promotional media to consumers. In carrying out this service activity, the service team synergizes with academics and several institutions involved in the economy. This service uses discussion and practice methodsbranding digital. Many MSME actors in Mranggonlawang Village have been helped by the community service activitiesbranding MSME products, starting from making business logo designs, product photos to making business catalogs which have an impact on increasing product value and sales volume of MSME products in Mranggonlawang Village..

 

Keywords: MSMEs; product branding; business logo


Keywords


MSMEs; product branding; business logo

Full Text:

PDF

References


Framita, D. S., & Maulita, D. (2020). Peningkatan Penjualan Melalui Pengemasan, Labelling dan Branding Produk di Desa Sukaratu Kecamatan Cikeusal Kabupaten Serang. BERDAYA: Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 107–118. https://doi.org/10.36407/BERDAYA.V2I3.254

Hasibuan, A. Z., Lubis, A. J., & Munjiat, S. A. (2020). Pelatihan Desain Logo bagi Remaja Masjid Al-Bayan. Prioritas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(02), 27–30. https://doi.org/10.35447/PRIORITAS.V2I02.218

Hendrayani, Y., Produk, A., Ukm, U., Berkarya, C., Kemasan, R., Meningkatkan, D., & Manihuruk, H. (2020). REDESAIN KEMASAN DALAM MENINGKATKAN BRAND AWARNESS PRODUK UNGGULAN UKM CILODONG BERKARYA. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 3(1). https://doi.org/10.24912/JBMI.V3I1.8338

Manzoor, U., Baig, S. A., Hashim, M., & Sami, A. (2020). Impact of Social Media Marketing on Consumer’s Purchase Intentions: The Mediating role of Customer Trust. International Journal of Entrepreneurial Research, 3(2), 41–48. https://doi.org/10.31580/IJER.V3I2.1386

Nyoman, D. I., Cardia, R., Santika, W., Nyoman, N., & Respati, R. (2019). PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, DAN PROMOSI TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN. E-Jurnal Manajemen, 8(11), 6762–6781. https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2019.V08.I11.P19

Qamari, I. N., PA, R. W., . F., & Kurnia, F. (2018). The Use of Communication and Information Technology Innovation Among Micro, Small And Medium Enterprises. International Journal of Scientific Research and Management, 6(11). https://doi.org/10.18535/IJSRM/V6I11.SH01

Rohimah, A. (2018). Era Digitalisasi Media Pemasaran Online dalam Gugurnya Pasar Ritel Konvensional. Kanal: Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(2), 91–100. https://doi.org/10.21070/kanal.v6i2.1931

Rustiarini, N. W., Anggraini, N. P. N., & Satwam, I. K. S. B. (2021). PERANCANGAN KATALOG PRODUK UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN UMKM. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(5), 2615–2624. https://doi.org/10.31764/JMM.V5I5.5296

Sovani, J. T., Dh, A. F., & Arifin, Z. (2016). PENGARUH PENERAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP CITRA MEREK, KEPERCAYAAN MEREK DAN LOYALITAS MEREK (Survei pada Masyarakat Sekitar PT. Tirta Investama, Desa Keboncandi, Kecamatan Gondang Wetan, Kabupaten Pasuruan). PROFIT: JURNAL ADMINISTRASI BISNIS, 10(1), 24–33. https://doi.org/10.21776/UB.PROFIT.2016.010.01.3

Yulita, R. (2021). Pengaruh kualitas produk dan positioning terhadap keputusan pembelian melalui kepercayaan merek produk asuransi kesehatan kumpulan di PT. Asuransi jiwa generali Indonesia regional Sumatera. Insight Management Journal, 1(3), 95–105. https://doi.org/10.47065/IMJ.V1I3.77




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i3.16516

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: