OPTIMALISASI FOTO PRODUK UMKM DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN DI KOTA BAUBAU

Muhammad Rizal Ardiansah Putra, Muhammad Hidayatullah, R. Fakril Aditama, Andi Putri Hardiyanti Tompo, Erlina Sri Khadijatun Haqqu, Ichsan Hidayat Rifaham

Abstract


ABSTRAK

Dengan pesatnya perkembangan media internet, UMKM kini diharapkan lebih kreatif dan unik dalam memanfaatkan internet untuk mempromosikan produknya. Dalam skenario ini, desain promosi untuk produk mereka akan berbentuk gambar produk yang menarik secara visual dan inventif. Hal ini sebagai akibat dari persaingan yang muncul, yang mengutamakan orisinalitas dan inovasi dalam kampanye pemasaran dan periklanan untuk mendongkrak penjualan bagi UMKM. Anggota UMKM masih kekurangan kemampuan tersebut, terutama yang diprioritaskan untuk memiliki akses transaksi digital oleh Fasilitator Kementerian Komunikasi dan Informatika di Kota Baubau, Sulawesi Tenggara. Tim PkM Universitas Muhammadiyah Buton terinspirasi oleh hal ini untuk menawarkan pelatihan "Foto Produk" dengan menggunakan peralatan yang tersedia, murah, dan mudah didapat serta membuat foto produk yang memenuhi tujuan mereka untuk meningkatkan penjualan. Penyampaian materi teori dilanjutkan dengan praktek lapangan untuk melaksanakan pelatihan ini. Diskusi aktif, tanya jawab, dan jawaban mengungkapkan bahwa peserta menyadari pentingnya mengoptimalkan foto produk untuk media sosial. Peserta belajar keterampilan baru dari lokakarya ini tentang cara membuat gambar produk yang menarik menggunakan peralatan dasar hingga canggih.

 

Kata kunci: foto produk; UMKM; penjualan

 

ABSTRACT

Due to the rapid expansion of internet media, MSMEs are now expected to be more creative and unique when utilizing the internet to promote their products. In this scenario, promotional designs for their products will take the form of visually appealing and inventive product images. This is a result of the rivalry that has emerged, which prioritizes originality and innovation in marketing and advertising campaigns to boost sales for MSMEs. Members of MSMEs still lack this capability, particularly those prioritized to have access to digital transactions by the Ministry of Communication and Informatics Facilitator in Baubau City, Southeast Sulawesi. The Muhammadiyah Buton University PkM team was inspired by this to offer "Product Photo" training using readily available, inexpensive, and simple-to-obtain equipment and create product photos that meet their goals of boosting sales. The delivery of theoretical content is followed by practical fieldwork to carry out this training. Active discussions, questions, and answers reveal that participants are aware of the significance of optimizing product photos for social media. Participants learn new skills from this workshop on how to create appealing product images using basic to sophisticated equipment.

 

Keywords: product photos; MSMEs; selling


Keywords


product photos; MSMEs; selling

Full Text:

PDF

References


Afrian, T., Rusli, E., & Arsita, A. (2019). FOTO PRODUK AMANDA GRIYA KEBAYA DENGAN ELEMEN PENDUKUNG BANGUNAN CAGAR BUDAYA DI YOGYAKARTA. spectā: Journal of Photography, Arts, and Media, 2(1), 69–80. https://doi.org/10.24821/specta.v2i1.2469

Agusta, R., & Ip, S. (2019). PENGEMBANGAN FOTOGRAFI PRODUK DALAM PEMASARAN DIGITAL PRODUK KONVEKSI ZUBS DI YOGYAKARTA.

Arcikasari, G. O., & Nurhidayati, M. (n.d.). INOVASI FOTO PRODUK SEBAGAI MEDIA PROMOSI ONLINE DALAM MENINGKATKAN NILAI JUAL PRODUK UMKM BOLU “CIPTOROSO” DI LINGKUNGAN AMPEAN KELURAHAN TONATAN PONOROGO.

Fauzi, S., & Lina, L. F. (2021). PERAN FOTO PRODUK, ONLINE CUSTOMER REVIEW DAN ONLINE CUSTOMER RATING PADA MINAT BELI KONSUMEN DI E-COMMERCE. Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis, 2(1), 21. https://doi.org/10.24853/jmmb.2.1.151-156

Muliawan, K. D. (n.d.). ANALISA TEKNIK FOTOGRAFI DALAM TREN FOOD PHOTOGRAPHY.

Munir, M. F., Saroh, S., & Krisdianto, D. (n.d.). PENGARUH FOTO DAN ULASAN PRODUK TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN.

Purwanto, Y. S., & Veranita, M. (2018). PELATIHAN FOTOGRAFI DASAR BAGI PELAKU USAHA KECIL DAN MENENGAH (UKM) KECAMATAN LENGKONG KOTA BANDUNG. Dharma Bhakti Ekuitas, 2(2). https://doi.org/10.52250/p3m.v2i2.74

Rahmawati, D., Sariwaty, Y., Octaviani, F., & Rahmayani, R. (n.d.). PEMANFAATAN FOTOGRAFI MELALUI SMARTPHONE UNTUK DIGITAL MARKETING BAGI PELAKU UMKM. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.

Rohmah, A. N., & Setyowati, R. (2022). Peningkatan Promosi Melalui Fotografi Produk Dengan Smartphone Pada Bukuan Fried Chicken (BFC).

Saptiyono, A., Watie, E. D. S., & Febriana, K. A. (2021). Pelatihan Fotografi Produk Bagi UMKM Kelurahan Gebangsari. Jurnal Tematik, 3.

Sari, W. P., & Irena, L. (2022). KOMUNIKASI VISUAL MELALUI FOTO PRODUK UNTUK MENINGKATKAN NILAI JUAL PRODUK UMKM. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 4(3). https://doi.org/10.24912/jbmi.v4i3.13271




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i3.16523

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: