PELATIHAN PENINGKATAN KREATIVITAS GURU MELALUI PENGEMBANGAN ALAT PERAGA DARI BARANG BEKAS DI PULAU TUNDA

Muhamad Syarif Sumantri, Edwita Edwita, Perawati Bte Abustang, Sastra Wijaya, Anna Maria Oktaviani, Fitriyani Fitriyani, Yuyun Elizabeth Patras

Abstract


ABSTRAK

Kegiatan ini merupakan hasil survei awal yang dilakukan menunjukkan pentingnya alat peraga yang ramah lingkungan dengan memanfaatkan barang bekas. Pelaksanaan kegiatan belajar mengajar di Pulau Tunda mengalami permasalahan dengan keterbatasan alat peraga. Keberadaan alat peraga menjadi salah satu kunci dalam melaksanakan proses pembelajaran. Masih rendahnya kreativitas guru dalam membuat alat peraga dalam hal ini menjadi kedala untuk proses pembelajaran. Alat peraga ini bisa dibuat dengan meningatkan kreativitas antara guru melalui pelatihan pemanfaatan barang bekas. Pelatihan ini bertujuan memanfaatkan barang di sekitar dan dijadikan media pembelajaran anak untuk guru dan siswa. Pendekatan penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dalam pelatihan ini terdapat siswa yang berjumlah 30 siswa yang terdiri dari 10 siswa perempuan dan 20 siswa laki-laki serta 10 guru. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil pelatihan ini memberikan pemahaman dan keterampilan bagi guru untuk memanfaatkan barang bekas menjadi alat peraga, dapat mempermudah cara pembelajaran baik di sekolah dan mengurangi limbah barang bekas.

 

Kata kunci: alat peraga; barang bekas; kreativitas guru

 

ABSTRACT

This activity is the result of an initial survey conducted showing the importance of environmentally friendly teaching aids by utilizing used goods. The implementation of teaching and learning activities on Tunda Island experienced problems with limited teaching aids. The existence of teaching aids is one of the keys in carrying out the learning process. The low creativity of teachers in making teaching aids in this case is a problem for the learning process. These teaching aids can be made by increasing creativity among teachers through training on th eutilization of used goods. This training aims to utilize items around and be used as children's learning media for teachers and students. This research approach uses descriptive qualitative methods in this training there are 30 students consisting of 10 female students and 20 male students and 10 teachers. Data collection techniques through observation, interviews and documentation. The results of this training provide an understanding and skills for teachers to utilize used goods into teaching aids, can facilitate good learning methods at school and reduce used good swaste.

 

Keywords: teaching aids; used items; teacher creativity


Keywords


teaching aids; used items; teacher creativity

Full Text:

PDF

References


ABIDIN, A. M. (2019). Kreativitas Guru Menggunakan Model Pembelajaran Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Didaktika, 11(2), 225. https://doi.org/10.30863/didaktika.v11i2.168

Abustang, perawati bte, Fatimah, W., Khaedar, M., & Rahayaan, N. (2022). Jurnal Pendidikan | Jurnal Pendidikan. Jurnal Pendidikan IPS, 12(1), 24–29. http://jurnal.ut.ac.id/index.php/jp/search/authors/view?givenName=Mery Noviyanti &familyName=&affiliation=Universitas Terbuka&country=ID&authorName=Mery Noviyanti

Aisyah, S. (2015). Meningkatkan Kreativitas Guru TK dalam Pembuatan Alat Peraga dari Barang Bekas melalui Bimbingan Kelompok Dabin III UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Parakan Semester II Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Dan Profesi Pendidik (JP3), 114–137.

Alam, S., Abustang, P. B., & Amalina, R. N. (2023). KARAKTER GEMAR MEMBACA MELALUI PROGRAM LITERASI KAMPUS. 7, 1022–1027.

Aliza, N., Kusumawati, M., & Bustomi, D. (2023). Peningkatan Kreativitas Guru Sekolah Dasar Melalui Pelatihan Membuat Display Kelas. An-Nizam, 2(1), 112–118. https://doi.org/10.33558/an-nizam.v2i1.6093

Fatimah, W., Dewi, N., & Amaliyah, N. (2023). Peningkatan Kemampuan Literasi Melalui Program Generasi. 7, 1028–1034.

Fitriah, F., Lubis, P., & Kuswidyanarko, A. (2023). Pengembangan Alat Peraga Dari Bahan Bekas Pada Materi Perubahan Energi Siswa Kelas IV SD. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains), 11(1), 70–81. https://doi.org/10.25273/jems.v11i1.14112

Ghifar, R., Yusuf, A. E., Sumardi, S., & Wulandari, F. (2019). Peningkatan Kreativitas Guru Melalui Pengembangan Supervisi Kepala Sekolah Dan Iklim Organisasi. Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(2), 790–799. https://doi.org/10.33751/jmp.v7i2.1328

Kencono, D. S., & Winarsih, A. S. (2021). Pemanfaatan Barang Bekas sebagai Alat Peraga Edukasi Ramah Lingkungan Sekolah PAUD di Kota Yogyakarta. PengabdianMu: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(3), 291–297. https://doi.org/10.33084/pengabdianmu.v6i3.2082

Pambudi, B., Efendi, R. B., Novianti, L. A., Novitasari, D., & Ngazizah, N. (2019). Pengembangan Alat Peraga IPA dari Barang Bekas untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Pemahaman Siswa Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Primary Education, 2(2), 28. https://doi.org/10.17509/ijpe.v2i2.15097

QOMARIYAH, L. (2018). Pengaruh Kreativitas Guru Terhadap Kualitas Pembelajaran Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Madrasah Aliyah Darul Ulum Pulau Kijang Kabupaten Indragiri Hilir. 9–32.

Sumaryanti, L., Syam, A. R., & Wulansari, A. (2021). Pemanfaatan Barang Bekas Plastik Sebagai Alat Peraga Edukatif Dalam Proses Pembelajaran Siswa Pendidikan Dasar. AL-ASASIYYA: Journal Of Basic Education, 5(2), 37–46. https://doi.org/10.24269/ajbe.v5i2.4182

Sunaryo. (2009). Peningkatan kemampuan dan kreativitas guru dalam proses kegiatan belajar mengajar di kelas. 2.

Widiyasari, R., Sundi, V. H., Sriminarti, N., Saraswati, E., & Bellantie, M. P. (2022). Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LP UMJ Website: http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat PEMANFAATAN BARANG BEKAS SEBAGAI ALAT PERAGA EDUKATIF DALAM PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR. http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i3.16988

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: