PENINGKATAN KUALITAS PROSES PEMBELAJARAN MELALUI IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TIK

Agus Budiyono, Abd. Haris, Medi Yana, Arin Wildani

Abstract


ABSTRAK

Program pengabdian masyarakat pemula (PMP) ini bertujuan agar tersedianya sumber belajar/media pembelajaran berbasis TIK di SMA Bustanul Mubtadiin Pamekasan jawa Timur. Metode dalam program PMP ini menggunakan empat tahap yaitu 1) analisis situasi, 2) Pelatihan, 3) Implementasi, dan 4) Evaluasi. Hasil PMP ini menunjukan dibutuhkannya media pembelajaran berupa mind mapping based zoom prasentation, Phet simulation, video animasi kartun dan social media based learning. Selain itu, guru dan siswa terlihat aktif dalam mengimplementasikan pembelajaran menggunakan media berbasis TIK. Adapun temuan akhir dari program PMP ini adalah 86.4% guru menyatakan pelatihan PMP ini memberikan dampak yang posotif terhadap proses pembelajaran di kelas. Program penggunaan media pembelajaran berbasis TIK mampu meningkatkan kualitasproses  pembelajaran di kelas.

 

Kata kunci: pelatihan; guru; media pembelajaran; TIK.

 

ABSTRACT

This beginner community service program (PMP) aims to provide ICT-based learning resources/media for learning at SMA Bustanul Mubtadiin Pamekasan, East Java. The method in this PMP program uses four stages, namely 1) situation analysis, 2) training, 3) implementation, and 4) evaluation. The results of this PMP show the need for learning media in the form of mind mapping based zoom presentations, Phet simulations, animated cartoon videos and social media based learning. In addition, teachers and students seem active in implementing learning using ICT-based media. The final finding of the PMP program is that 86.4% of teachers stated that the PMP training had a positive impact on the learning process in the classroom. The program for using ICT-based learning media is able to improve the quality of the learning process in the classroom.

 

Keywords: training; teacher; instructional media; ICT.


Keywords


training; teacher; instructional media; ICT.

Full Text:

PDF

References


Afrianti, S., & Musril, H. A. (2020). Perancangan Media Pembelajaran TIK Menggunakan Aplikasi Autoplay Media Studio 8 di SMA Muhammadiyah Padang Panjang. Jurnal Informatika Upgris, 6(2). https://doi.org/10.26877/jiu.v6i2.6471

Anshori, S. (2017). Pemanfaatan Tik Sebagai Sumber Dan Media Pembelajaran Di Sekolah. Civic-Culture : Jurnal Ilmu Pendidikan PKN Dan Sosial Budaya, 1(1), Article 1. http://publikasi.stkippgri-bkl.ac.id/index.php/CC/article/view/61

Chotimah, U., Kurnisar, K., Sulkipani, S., Fatihah, H., & Mariyani, M. (2022). Pendampingan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis TIK bagi Guru Dalam MGMP PPKN SMP. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), Article 2. https://doi.org/10.17977/um050v5i2p72-80

Dilson, Noviardi, Suhery, L., Asnur, H., Yunita, R., & Arimadona, S. (2020). Pelatihan Peningkatan Kompetensi Guru MTsN 1 Kota Payakumbuh Dalam Pengembangan Media Pembelajaran Terintegrasi TIK. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), Article 4. https://doi.org/10.31949/jb.v1i4.453

Dwiminjawati, N., & Sermal, S. (2020). Pengembangan Kompetensi Guru Sejarah dalam Memanfaatkan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) pada Satuan Pendidikan Tingkat SMA. Tarikhuna: Journal of History and History Education, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.15548/thje.v2i2.2704

Kemdikbud. (2016). Permendikbud No. 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/224434/permendikbud-no-23-tahun-2016

Kristiana, A. I., Imsiyah, N., Alfarisi, R., & Kartini, T. (2020). Peningkatan Kompetensi TIK Pendidik dalam Mengembangkan Media Pembelajaran Mobile-learning Berbasis Android Melalui Learning Cycle (3E) bagi Pendidik MAN 3 Jember. JPKMI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia), 1(4), Article 4. https://doi.org/10.36596/jpkmi.v1i4.101

Lailiyah, N. N., & Mardliyah, S. Z. (2021). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis TIK di Madrasah Ibtidaiyah. Bidayatuna Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.54471/bidayatuna.v4i1.868

Mishra, P., & Koehler, M. (2008). Introducing Technological Pedagogical Content Knowledge. Teachers College Record, 9.

Pertiwi, D. H., Zakaria, Nurhabibah, Jiwa, R. A. P., Ajismanto, F., Susanti, R., Sukmawati, F., Andrian, R., Wardani, K. D. K. A., Handayani, F. S., Amalia, R., & Ardiansyah, M. R. (2022). Literasi TIK dan Media Pembelajaran. Pradina Pustaka.

Rahmadi, I. F. (2019). Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK): Kerangka Pengetahuan Guru Abad 21. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.32493/jpkn.v6i1.y2019.p65-74

Ramadani, S. D., Budiyono, A., & Makruf, M. (2021). Peningkatan Kompetensi Guru SLB Negeri Bugih Pamekasan Melalui Pemanfaatan Media Pembelajaran dan Aplikasi Belajar Online | JPM (Jurnal Pemberdayaan Masyarakat). Jurnal Pemberdayaan Masyarakat, 6(2), 644–652.

Rosyid, A. (2016). Technological Pedagogical Content Knowledge: Sebuah Kerangka Pengetahuan Bagi Guru Indonesia di Era MEA. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan, 0, Article 0. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snip/article/view/8962

Shulman, L. S. (1986). Those Who Understand: Knowledge Growth in Teaching. Educational Researcher, 15(2), 4–14. https://doi.org/10.2307/1175860

Susanti, A. I. (2021). Media Pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Penerbit NEM.

Yunita, S. (2020). Media Pembelajaran Matematika Berbasis TIK. Ahlimedia Book.




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i3.17225

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: