PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI PANTI ASUHAN UMMU SALAMAH

Fani Juliana, Fasya Fi'la Sopia, Nova Perlita Rahma, Siti Patimah, Sri Mulyani, Nur Agustiani

Abstract


ABSTRAK

Pendampingan pembelajaran matematika dihadirkan sebagai peningkat motivasi siswa dalam belajar. Kegiatan ini dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan motivasi siswa dalam belajar sehingga mampu meningkatkan pembelajaran siswa di sekolah. Dalam pendampingan pembelajaran ini yaitu siswa dalam ruang lingkup Panti Asuhan Ummu Salamah yang berada di jenjang SMP dan SMA. Kegiatan ini dilaksanakan secara tatap muka langsung di Jl. Siliwangi, Gang Ridogalih No.16, Cikole Kab.Sukabumi, Kota Sukabumi. Kegiatan pendampingan pembelajaran terdiri dari pendahuluan dengan pre-test kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi. Dalam penyampaian materi dibantu dengan menggunakan alat bantu berupa media pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dan pemahaman siswa dalam pembelajaran. Media pembelajaran yang digunakan pada saat proses pembelajaran yaitu BAGASI (Bangun Ruang Tiga Dimensi) dan PALANG (Papan Ular Tangga Peluang), serta siswa diberikan kesempatan untuk bertanya terkait materi. Hasil dari kegiatan pendampingan pembelajaran matematika ini yaitu motivasi belajar siswa mengalami peningkatan yang ditunjukkan dengan meningkatnya nilai rata-rata pre-test dan post-test baik pada jenjang SMP maupun SMA. Nilai rata-rata sebelum kegiatan atau pre-test pada jenjang SMP adalah 57,56 dan pada jenjang SMA adalah 42,91. Namun setelah kegiatan, nilai rata rata post-test mengalami perkembangan yang cukup signifikan yaitu rata-rata post-test jenjang SMP adalah 74,63 dan jenjang SMA adalah 75,38.

 

Kata kunci: pendampingan pembelajaran matematika; media pembelajaran; motivasi belajar.

 

ABSTRACT

Mathematics learning assistance is presented as an increase in student motivation in learning. This activity was carried out aiming to increase student motivation in learning so as to improve student learning at school. In this learning assistance, namely students within the scope of the Umm Salamah Orphanage who are at the junior and senior high school levels, this activity is carried out face to face directly on Jl. Siliwangi, Gang Ridogalih No.16, Cikole Kab. Sukabumi, City of Sukabumi. The learning assistance activities consist of an introduction with a pre-test then continued with the delivery of material. In the delivery of material assisted by using tools in the form of learning media which aims to increase student learning motivation and student understanding in learning. The learning media used during the learning process are BAGASI (Build Three Dimensional Spaces) and PALANG (Opportunity Snakes and Ladders Board), and students are given the opportunity to ask questions regarding the material. The result of this mathematics learning assistance activity is that students' learning motivation has increased as indicated by the increase in the average pre-test and post-test scores at both the junior and senior high school levels. The average score before the activity or pre-test at the junior high school level was 57.56 and at the high school level was 42.91. However, after the activity, the average post-test score experienced a significant increase, namely the post-test average for the junior high school level was 74.63 and for the high school level was 75.38.

 

Keywords: mathematics learning assistance; learning media; learning motivation.


Keywords


mathematics learning assistance; learning media; learning motivation.

Full Text:

PDF

References


Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4 (1), 80. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958.

Arifuddin, A., Maufur, S., & Farida, F. (2018). Pengaruh penerapan alat peraga puzzle dengan menggunakan metode demonstrasi terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran matematika di SD/MI. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(1), 10-17.

Arina Farhataeni, Amung Ahmad Syahir Muharam. (2021). Pendampingan Pembelajaran Matematika Pada Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar di Masa Pandemi Covid-19. Proceedings UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Vol: I No:57 Hal: 70-75.

Aurellia, J., Mastur, & Rafiudin. (2023). EVALUASI MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN MATEMATIKA BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII SMPN 2 BANJARMASIN. 4(1), 23–27.

Dini, E. D. N., Chamidah, A., & Roosyanti, A. (2019). Pemanfaatan Media Tiga Dimensi Sebagai Sarana Bangun Ruang the Utilization of Three Dimensional Media As a Means To Improve the Student S ’ Learning Outcomes. Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 6(2), 183–195.

Farihah, U. (Desember 2021). Media Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Lintas Nalar, CV.

Herlina, L. (2022). EFEKTIFITAS MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG. 2(4), 462–476.

Isnaeni, N., & Hildayah, D. (2020). Media Pembelajaran Dalam Pembentukan Interaksi Belajar Siswa. Jurnal Syntax Transformation, 1(5), 148-156.

Kompri. 2016. Motivasi Pembelajaran Perpsektif Guru dan Siswa. Bandung : Rosda Karya.

Maharani, R. D., Dasari, D., & Nurlaelah, E. (2022). Analisis hambatan belajar (learning obstacle) siswa smp pada materi peluang. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(4), 3201-3213.

Nani Restati Siregar. 2017.Persepsi siswa pada pelajaran matematika: studi pendahuluan pada siswa yang menyenangi game. Jurnal Universitas Islam Sultan Agung. 224-225.

Nurhikmayati, I. (2017). Kesulitan Siswa Berpikir Abstrak Matematika Dalam Pembelajaran Problem Posing Berkelompok. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 159-176.

Pika Merliza.dkk. (2022). Pendampingan Pembelajaran Matematika Berbasis Permainan Tradisional di Oemah Matematika, Metro, Lampung. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol. 1, No.1, Hal.5-10.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Suwarma, D. M., Munir, M., Wijayanti, D. A., Marpaung, M. P., Weraman, P., & Hita, I. P. A. D. (2023). Pendampingan Belajar Siswa Untuk Meningkatkan Kemampuan Calistung Dan Motivasi Belajar. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1234-1239.

Widodo, S. A., Darhim, & Ikhwanudin, T. (2018). Improving Mathematical Problem Solving Skills through Visual Media. Journal of Physics: Conference Series, 948. Retrieved from https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/948/ 1/012004

Winata, R., Sugiharto., dkk. (2022) Pendampingan Belajar Siswa Melalui Kegiatan Bimbingan Belajar di Panti Asuhan Imanuel, Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(3), 978-986.




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i4.17323

Refbacks



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: