PELATIHAN PENYUSUNAN BUKU TEKS PPKN BAGI GURU DALAM MENUNJANG PROSES PENGUSULAN KEPANGKATAN DAN GOLONGAN DI SD I ‘AISYIYAH MATARAM

Hafsah Hafsah, Maemunah Maemunah, Abdul Sakban

Abstract


ABSTRAK

Pendidikan adalah salah satu aspek penting dalam pengembangan sumber daya manusia. Guru sebagai garda terdepan dalam memberikan Pendidikan memiliki peran yang sangat vital dalam membentuk generasi muda yang berkualitas. Guna meningkakan kompetensi dan profesionalisme guru, perlu adanya upaya peningkatan kualitas dan pengetahuan melalui pelatihan yang relevan. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan dukungan dan pemahaman kepada para Guru di SD I ‘Aisyiyah Mataram tentang pentingnya buku teks PPKn dalam meningkatkan kualitas pengajaran dan penelitian di lingkungan sekolah. Metode kegiatan berupa pelatihan, ceramah dan diskusi. Mitra sasaran dalam kegiatan ini adalah guru-guru di SD I ‘Aisyiyah Mataram berjumlah 15 orang. Kegiatan pengabdian ini terlaksana dengan lancar dan sukses, keterlibatan mitra 100% menerima kegiatan pelatihan yang dilaksanakan, disamping itu mitra menginginkan kegiatan yag sama terus dilakukan setiap tahun terutama pembahasan tentang pembelajaran terbaru, pelatihan PTK dan kegiatan pengabdian lainnya yang mendukung tugas guru di era industry 4.0.

 

Kata kunci : pendidikan; pelatihan; buku teks.

 

ABSTRACT

Education is an important aspect of human resource development. Teachers, as the front guard in providing education, have a very vital role in forming a quality young generation. In order to increase teacher competence and professionalism, efforts need to be made to improve quality and knowledge through relevant training. This service activity aims to provide support and understanding to teachers at SD I 'Aisyiyah Mataram about the importance of PPKn textbooks in improving the quality of teaching and research in the school environment. Activity methods include training, lectures, and discussions. The target partners in this activity are 15 teachers at SD I, 'Aisyiyah Mataram. This service activity was carried out smoothly and successfully. 100% partner involvement received the training activities carried out. Besides that, the partners want the same activities to continue to be carried out every year, especially discussions about the latest learning, PTK training, and other service activities that support teachers' duties in the industrial era. 4.0 .

 

Keywords: education; training; textbook.


Keywords


education; training; textbook.

Full Text:

PDF

References


Afandi, R., & Rocmah, L. I. (2015). Pramuka Sebagai Wadah Mengembangkan Life Skill Mahasiswa Calon Guru Pada Perguruan Tinggi LPTK. Pedagogia : Jurnal Pendidikan. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v4i2.16

Anwar, A. S. (2020). PENGEMBANGAN SIKAP PROFESIONALISME GURU MELALUI KINERJA GURU PADA SATUAN PENDIDIKAN MTS NEGERI 1 SERANG. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam. https://doi.org/10.36671/andragogi.v2i1.79

Anwar, A. S., & Mubin, F. (2019). Pengembangan sikap profesionalisme guru melalui kinerja guru pada satuan pendidikan MTS Negeri 1 Serang. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam.

Haryati, T., Sudrajat, R., & Khoiriyah, N. (n.d.). Buku Teks Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.

Irnawati, I., Suhari, S., Zaman, A. Q., & Suhartono, S. (2021). Urgensi Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru PPKN Dalam Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia. Manggali, 1(1), 78. https://doi.org/10.31331/manggali.v1i1.1550

Nur, M., Effendy, K., Djaenuri, M. A., & Lukman, S. (2019). PENGARUH IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENGAWASAN, KOMPETENSI APARATUR DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA PENGAWASAN BIDANG PENDIDIKAN DASAR DI KOTA DEPOK. PAPATUNG: Jurnal Ilmu Administrasi Publik, Pemerintahan Dan Politik. https://doi.org/10.54783/japp.v2i3.20

Pransiska, T. (2018). BUKU TEKS AL-LUGHAH AL-‘ARABIYAH AL-MU’ĀSHIRAH BAGI PENUTUR NON ARAB Desain, Kontruksi dan Implementasi. Al-Fikra : Jurnal Ilmiah Keislaman. https://doi.org/10.24014/af.v17i1.5123

Rozik, M. A. (2014). Peningkatan Kemampuan Metodologi Penelitian Dalam Penulisan Karya Ilmiah Bagi Guru-Guru Ppkn Mgmp Ppkn Smp Se Kabupaten Tulungagung. J-ADIMAS(JurnalPengabdian Kepada Masyarakat), 2(1), 18–27.

Sukoco, R. M., Amin, M., & Gofur, A. (2016). Pengembangan Buku Ajar Tabm Berbasis Penelitian Untuk Mahasiswa S1 Jurusan Biologi Universitas Negeri Gorontalo. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan.

Widana, I. W., Suarta, I. M., & Citrawan, I. W. (2019). Penerapan Metode Simpang Tegar untuk Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Penulisan PTK dan Artikel Ilmiah. JPM (Jurnal Pemberdayaan Masyarakat). https://doi.org/10.21067/jpm.v4i1.3016




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i4.19140

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: