MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI BACA MELALUI MEDIA KARTU BACA DALAM PROGRAM KAMPUS MENGAJAR DI SDN PAGANDONGAN

Satriawati Satriawati, Dinda Claudia Risal Denggo, Ruliadi Malingong, A. Alfiani Damayanti

Abstract


ABSTRAK

Hasil-hasil penelitian Internasional menunjukkan bahwa kemampuan literasi siswa Indonesia secara umum tergolong rendah. Peserta didik kita di Indonesia belum menjadikan kegiatan membaca dan menulis sebagai kegiatan sehari-hari. Lewat Program Kampus Mengajar ini memberikan tanggung jawab yang tidak hanya berfokus pada bantuan mengajar, namun program ini bertujuan untuk membantu meningkatkan kemampuan literasi peserta didik. Kegiatan ini dikhususkan pada siswa siswi SDN Pagandongan yang belum lancar atau tidak tahu sama sekali membaca. Di setiap kelas setidaknya memiliki satu sampai empat siswa yang tidak mampu membaca ataupun memahami bacaannya. Metode pengabdian yang digunakan merupakan metode pelatihan dan pendampingan terkait penggunaan kartu baca, dengan kartu baca kami dapat mengukur dan mengetahui kemajuan peserta didik dalam pelatihan literasi. Pelatihan dan pendampingan ini dilaksanakan sepanjang penugasan kampus mengajar yaitu selama 4 bulan lamanya dengan 13 siswa dari beberapa kelas. Hasil yang diperoleh dari kegiatan meningkatkan kemampuan literasi melalui kartu baca ini memberikan dampak yang baik dengan meningkatnya kemampuan literasi peserta didik, kegiatan ini juga menumbuhkan kebiasaan-kebiasaan baik dengan memulai penerapan literasi sebelum pembelajaran dimulai.

 

Kata kunci: kampus mengajar; kartu baca; kemampuan literasi

 

ABSTRACT

The results of international research show that the literacy skills of Indonesian students are generally relatively low. Our students in Indonesia have not yet made reading and writing activities their daily activities. The Teaching Campus Program provides responsibilities that do not only focus on teaching assistance, but this program aims to help improve students' literacy skills. This activity is specifically for Pagandongan Elementary School students who are not yet fluent or don't know how to read at all. Each class has at least one to four students who are unable to read or understand what they are reading. The service method used in this article is a training and mentoring method related to the use of reading cards. With reading cards we can measure and determine students' progress in literacy training. The results obtained from this activity to improve literacy skills through reading cards have a good impact by increasing students' literacy skills. This activity also fosters good habits by starting to apply literacy before learning begins.

 

Keywords: literacy skills;read card;teaching campus.


Keywords


literacy skills;read card;teaching campus.

Full Text:

PDF

References


A. Meilia, G. E. (2022). Aktualisasi Program Kampus Mengajar. Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 17(2), 120–128.

Abustang, Perawati Bte Arima, M. T., Amaliyah, N., & Alam, S. (2021). Pengaruh Literasi Digital terhadap Hasil Belajar Siswa SD Inpres Bangkala III Kota Makassar. Jurnal Pendas Mahakam, 6(2), 105–110.

Dewayani, S., & Retnaningdyah, P. (2017). SUARA DARI MARJIN - Literasi sebagai Praktik Sosial.

Dirjen Dikti Kemendikbud. (2020). Buku Panduan Merdeka Belajar - Kampus Merdeka.

Dispusip. (2019). Konsep Dasar Literasi. Jakarta: Universitas Terbuka.[Online] Diakses dari …. Retrieved from https://dispusip.pekanbaru.go.id/konsep-dasar-literasi/

Donuata, pujianti bejahida. (2017). Efektivitas Pemberian Pre Test Dan Post Test Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Fisika Siswa. IKIP Muhammadiyah maumere, 1–7.

Eryuni, R. (2023). PENTINGNYA LITERASI DALAM MENUMBUHKAN NILAI-NILAI KARAKTER DI ERA DIGITAL. Jurnal Kependidikan, 4(1), 88–100.

Fajar, B. Al. (2019). Analisis Penanaman Kemampuan Literasi Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas, 74–79.

Harahap, D. G. S., Nasution, F., Nst, E. S., & Sormin, S. A. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 2089–2098.

Hermawan, R., Rumaf, N., & Solehun, S. (2020). Pengaruh Literasi terhadap Keterampilan Membaca pada Siswa Kelas IV SD Inpres 12 Kabupaten Sorong. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 2(1), 56–63.

Madu, F. J., & Jediut, M. (2022). Membentuk Literasi Membaca Pada Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 631–647.

Magdalena, I., Nurul Annisa, M., Ragin, G., & Ishaq, A. R. (2021). Analisis Penggunaan Teknik Pre-Test Dan Post-Test Pada Mata Pelajaran Matematika Dalam Keberhasilan Evaluasi Pembelajaran Di Sdn Bojong 04. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 3(2), 150–165. Retrieved from https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara

Mustaghfiroh, S., & Metro Lampung, I. (2020). Konsep "Merdeka Belajar. Perspektif Aliran Progresivisme John Dewey. Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama Islam, 04(1), 1–10.

Nirmala, S. D. (2022). Problematika Rendahnya Kemampuan Literasi Siswa Di Sekolah Dasar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(2), 393.

Rahmat, P. S., & Heryani, T. (2014). Pengaruh Media Kartu Kata Terhadap Kemampuan Membaca dan Penguasaan Kosa Kata. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 8(1), 101–110. Retrieved from http://pps.unj.ac.id/journal/jpud/article/view/61

Sari, R. M. (2019). Analisis Kebijakan Merdeka Belajar Sebagai Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan. PRODU: Prokurasi Edukasi Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 38–50.

Setiawan, A. A., & Sudigdo, A. (2019). Penguatan Literasi Siswa Sekolah Dasar Melalui Kunjungan Perpustakaan. Prosiding Seminar Nasional PGSD, 2015, 24–30.

Shabrina, L. M. (2022). Kegiatan Kampus Mengajar dalam Meningkatkan Keterampilan Literasi dan Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 916–924.

Sulaeka, A. S. A. N. B. (2022). Analisis Implementasi Pendidikan Karakter Pada Saat Pembelajaran Daring. Prosiding Esaunggul, 10(1), 1–52. Retrieved from https://r.search.yahoo.com/_ylt=Awr.15d3r1hjejIAoDlXNyoA;_ylu=Y29sbwNncTEEcG9zAzEEdnRpZAMEc2VjA3Ny/RV=2/RE=1666785271/RO=10/RU=https%3A%2F%2Fprosiding.esaunggul.ac.id%2Findex.php%2Fsnip%2Farticle%2Fview%2F180/RK=2/RS=Y9nM0TWQhxlzcEGZcTe7NZ9tSGc-

Wandasari, Y. (2017). IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) SEBAGAI PEMBENTUK PENDIDIKAN BERKARAKTER Yulisa, 1(1), 325–343.




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i4.19207

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: