PENGENALAN LITERASI KEUANGAN DAN BISNIS UNTUK ANAK-ANAK SEKOLAH DASAR DI SD NEGERI KALIMIRU, BAYAN, PURWOREJO

Titin Ekowati, Fitri Rahmawati, Esti Margiyanti Utami

Abstract


ABSTRAK

Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan dalam bentuk pengenalan literasi keuangan dan bisnis bagi anak sekolah dasar. Pengenalan literasi keuangan meliputi informasi dan pengetahuan tentang uang, fungsi uang, lembaga keuangan, pentingnya menabung, dan pentingnya investasi. Pengenalan literasi bisnis meliputi informasi dan pengetahuan yang terkait dengan produsen, konsumen, distributor, dan transaksi jual beli.  Pengenalan literasi keuangan dan bisnis dalam bentuk pengabdian masyarakat sangat penting dilakukan agar anak-anak sekolah dasar dapat memiliki pemahaman yang lebih komprehensif tentang literasi keuangan dan bisnis. Pemahaman tentang literasi keuangan dan bisnis yang dimiliki oleh anak kelas 4, 5 dan 6 SD Negeri Kalimiru, Bayan, Purworejo belum maksimal atau belum memahami secara lengkap. Sehingga tujuan pelaksanaan pengabdian masyarakat ini adalah untuk memberikan pengenalan tentang literasi keuangan dan bisnis pada anak-anak sekolah dasar di SD Negeri. Hasilnya mitra pengabdian yang dalam hal ini adalah anak-anak kelas 4, 5 dan 6 SD Negeri Kalimiru, Bayan, Purworejo dapat memiliki pemahaman dan pengetahuan yang lebih baik tentang literasi keuangan dan bisnis. Berdasarkan hasil observasi saat pelaksanaan diskusi, respon anak-anak terkait materi yang disampaikan tim pengabdian juga sangat baik, terbukti dengan sikap antusias dan semangat anak-anak dalam mengikuti ceramah dan diskusi serta simulasi dalam kegiatan pengabdian ini. Pengabdian masyarakat dengan tema ini dapat dilaksanakan pada mitra pengabdian lain seperti anak-anak sekolah dasar yang ada di kampung-kampung atau sekolah dasar yang masih terpencil, sehingga mereka dapat memperluas pemahaman dan wawasan terkait literasi keuangan dan bisnis untuk anak-anak.

 

Kata Kunci: literasi keuangan dan bisnis; anak-anak

 

ABSTRACT

This community service activity is carried out in the form of introducing financial and business literacy for elementary school children. Introduction to financial literacy includes information and knowledge about money, the function of money, financial institutions, the importance of saving, and the importance of investing. Introduction to business literacy includes information and knowledge related to producers, consumers, distributors and buying and selling transactions. The introduction of financial and business literacy in the form of community service is very important so that elementary school children can have a more comprehensive understanding of financial and business literacy. The understanding of financial and business literacy possessed by children in grades 4, 5 and 6 of Kalimiru State Elementary School, Bayan, Purworejo is not optimal or they do not understand it completely. So the aim of implementing this community service is to provide an introduction to financial and business literacy to elementary school children at state elementary schools. As a result, the service partners, in this case the children in grades 4, 5 and 6 of Kalimiru State Elementary School, Bayan, Purworejo, can have a better understanding and knowledge about financial and business literacy. Based on the results of observations during the discussion, the children's responses regarding the material presented by the service team were also very good, as evidenced by the enthusiastic attitude and enthusiasm of the children in participating in lectures and discussions as well as simulations in this service activity. Community service with this theme can be carried out with other service partners such as elementary school children in remote villages or elementary schools, so that they can broaden their understanding and insight regarding financial and business literacy for children.

 

Keywords: financial literation; children


Keywords


financial literation; children

Full Text:

PDF

References


Brilianti, F., & Kautsar, A. (2020). Apakah Literasi Keuangan Mempengaruhi Kesejahteraan Rumah Tangga di Indonesia. Kajian Ekonomi & Keuangan, 4(2), 104–115. https://doi.org/10.31685/kek.v4i2.541

Fabris, N., & Luburic, R. (2016). Financial education of children and youth. Journal of Central Banking Theory and Practice, 6(2), 65–79.

Gathergood, J. (2012). Self-Control, Financial Literacy and Consumer Over-Indebtedness. Journal of Economic Psychology.33(3). 590-602.

Hasbi, M., Nugraha, A., Herlianthy, S. L., Faridah, I., Paramita, D., & Kristyaningsih, E. (2020). Konsep Pendidikan Sosial Finansial Serta Peran Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK), Orang Tua, Mitra, dan Komunitas. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Heuberger, B., Kasman, M., & Hammond, R. A. (2018). Recomendarions for Improfing Youth Financial Literacy Education. The Brokings Institution. https://www.brookings.edu

Mukhyar, M., Refika, R., Candra, E., Nurhasanah, N., Wardana, A. (2020). Menumbuhkan Literasi Entrepreneurship Pada Siswa Sekolah Dasar. Ar-Ribhu., 3(2), 132–168.

Nabila, A., Abrista, D., Indriya, I. (2022). Konseptualisasi Peran Strategis Pendidikan Literasi Keuangan Syariah Anak Melalui Pendekatan Systematic Review di TK Ra AlMu’min Gunung Putri Bogor. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah., 4(1), 79–95. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v4i1.481

Novieningtyas, A. (2018). Pentingnya Edukasi literasi keuangan Sejak Dini Title. MANNERS, 1(2), 133–137. https://jurnal.unnur.ac.id/index.php/manners/article/view/257

Oktaviani, R.F., Meidiyustiyani, R., Qadariyah, Q., Iswati, H. (2022). Edukasi Menumbuhkan Literasi Finansial Pada Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Abdi Moestopo, 5(2), 133–140.

Rolnick, A. J., & Grunewald, R. (2003). Early Childhood Development: Economic Development. Fedgazette, 6–12.

Suhardi, D., Muhammad, H., Iskandar, H., Surapranata, S., Farid, H., Daryanto, & Suprayitmo, T. (2017). Materi Pendukung Literasi Finansial. In Gerakan Literasi Nasional. http://gln.kemdikbud.go.id/glnsite/buku-literasi-finansial/

Yunita, S. & Saida, S. (2022). Investasi Edukasi Literasi Keuangan untuk Anak Usia Dini di Indonesia. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2085-2094. https://doi.org/ 10.31004/obsesi.v6i3.1369

Yushita, A. N. (2017). Pentingnya Literasi Keuangan Bagi Pengelolaan Keuangan Pribadi. Jurnal Nominal, 6(1), 11–26. https://doi.org/10.21831/nominal.v6i1.1433




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i4.19367

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: