PELATIHAN PENULISAN KARYA ILMIAH BERBASIS PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) BAGI GURU-GURU SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Maria Novita Inya Buku, Aloysius Djalo, Sardina Ndukang

Abstract


ABSTRAK

Strategi peningkatan kompetensi guru yang berdampak pada peningkatan kualitas pembelajaran, dapat dilakukan melalui berbagai cara, salah satunya adalah penelitian tindakan kelas. Guru-guru SMPN 1 Amanatun Selatan telah menyadari pentingnya melakukan penelitian tindakan kelas tetapi banyak yang belum melakukannya di kelas mereka masing-masing dengan berbagai alasan sehingga diperlukan suatu kegiatan untuk mendorong dan memotivasi guru- guru SMPN 1 Amanatun Selatan untuk menulis proposal, melakukan penelitian, menyusun instrumen, menganalisis data, menyusun laporan dan artikel penelitian tindakan kelas untuk dipublikasikan pada jurnal ilmiah. Tujuan dari kegiatan ini adalah agar guru-guru SMPN 1 Amanatun Selatan dapat menyusun proposal, melakukan penelitian tindakan kelas, menyusun laporan dan membuat artikel untuk dipublikasikan pada jurnal ilmiah. Kegiatan pengabdian ini dilakukan di SMPN 1 Amanatun pada bulan Agustus 2023 dengan melibatkan 30 orang guru SMPN 1 Amanatun Selatan. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan kegiatan ini adalah metode ceramah, diskusi, pelatihan dan pendampingan serta monitoring dan evaluasi. Kegiatan ini dapat meningkatkan pemahaman guru dalam menyusun proposal, melaksanakan dan membuat laporan penelitian tindakan kelas, dan mempublikasikannya pada jurnal ilmiah.

 

Kata kunci: pelatihan; penelitian tindakan kelas

 

 

ABSTRACT

Various methods can be employed to enhance teacher competence, resulting in an improved standard of education. One such approach is conducting class action research. Teachers at SMPN 1 Amanatun Selatan recognise the significance of carrying out classroom action research. However, several teachers have not yet implemented it in their respective classes due to multiple reasons. Therefore, an initiative must be taken to inspire and stimulate teachers of SMPN 1 Amanatun Selatan to compose proposals, conduct research, prepare instruments, analyse data, create reports, and classroom action research papers to be published in scientific journals. The objective of this service activity is to enable teachers at SMPN 1 Amanatun Selatan to devise proposals, undertake classroom action research, produce reports, and generate articles that can be published in scholarly journals. This programme was conducted at SMPN 1 Amanatun in August 2023, and it involved 30 teachers from SMPN 1 Amanatun Selatan. The methodologies employed to implement this undertaking comprised lectures, discussions, training, mentorship, as well as monitoring and evaluation. This activity can enhance teachers' comprehension of developing proposals, performing and documenting classroom action research and publishing it in scholarly journals.

 

Keywords: training; classroom action research


Keywords


training; classroom action research

Full Text:

PDF

References


Asrin, A., Karta, I. W., Waluyo, U., & Muntari, M. (2020). Workshop Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Inovatif Bagi Guru SMAN 1 Kopang Lombok Tengah. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 3(1). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v3i1.417

Burhanuddin, B., Intiana, S. R., Suyanu, S., Saharuddin, S., & Hidayat, R. (2021). Pengembangan Karya Profesi Guru melalui Pendampingan Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Sakra Barat Kabupaten Lombok Timur. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 4(2), 201–2018.

Darmi, T., Kusmiarti, R., & Yuaniati, I. (2020). Penguatan Kapasitas Guru Melalui Penelitian Tindakan Kelas dan Penulisan Karya Ilmiah. Jurnal Abdimas Mahakam, 4(1), 90–98. https://doi.org/10.24903/jam.v4i1.779

Dewi, P. K., Rizal, M. S., Ardhian, D., Hardinata, V., & Lestari, Y. D. (2017). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Berbasis Penelitian Tindakan Kelas Pada Guru SMP. Jurnal ABDI, 2(2), 7–17.

Fitria, H., Kristiawan, M., & Rahmat, N. (2019). Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas. Abdimas Unwahas, 4(1), 14–25.

Hendriana, H., & Afrilianto, M. (2017). Langkah Praktis Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru. PT. Refika Aditama.

Hindi, A. N., Syukriani, A., Elpisah, & Fatwa, I. (2021). Pelatihan Karya Ilmiah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Bagi Guru SMAN 3 Takalar. Panrannuangku Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 24–28. https://doi.org/10.35877/panrannuangku472

Jayanegara, S., Ismail, A., Nojeng, A., Fajar, M., Rifqie, D. M., Akil, M., & Adiba, F. (2023). PKM Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru di Kabupaten Sidrap. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 82–86.

Machali, I. (2022). Bagaimana Melakukan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru? Indonesian Journal of Action Research, 1(2), 315–327. https://doi.org/10.14421/ijar.2022.12-21

Meesuk, P., Sramoon, B., & Wongrugsa, A. (2020). Classroom Action Research-based Instruction: The Sustainable Teacher Professional Development Strategy. Journal of Teacher Education for Sustainability, 22(1), 98–110. https://doi.org/10.2478/jtes-2020-0008

Miaz, Y., Zuardi, Z., & Putera, R. F. (2020). Pelatihan Penulisan Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru Sekolah Dasar. Jurnal Publikasi Pendidikan, 10(1), 19–25. http://ojs.unm.ac.id/index.php/

Okyranida, I. Y., Mulyaningsih, N. N., & Agustina Dwi Astuti, I. (2023). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk Meningkatkan Kompetensi Guru di MGMP Fisika SMA Kabupaten Karawang. Archive: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 158–166. https://doi.org/10.55506/arch.v2i2.57

Rofa’i, R. (2021). Model Pelatihan Partisipatif melalui Praktik Terbimbing dalam Meningkatkan Kompetensi Menyusun Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru SMPN 37 Kabupaten Tebo. Jurnal Inovasi Manajemen Dan Supervisi Pendidikan, 1(2), 141–151.

Rosmaliwarnis, R. (2021). Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Penyusunan Proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK) melalui Workshop Tahun Pelajaran 2020/2021. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 6(3), 778–787. https://doi.org/10.29210/021166jpgi0005

Susilowati, D. (2018). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Solusi Alternatif Problematika Pembelajaran. Jurnal Edunomika, 02(01), 36–46.




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i3.19580

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: