PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DENGAN MEMANFAATKAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

Candra Gudiato, Mira Mira, Kusnanto Kusnanto, Christian Cahyaningtyas

Abstract


ABSTRAK

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang pesat tidak dapat dihindari dan berpengaruh signifikan pada dunia pendidikan. Dunia pendidikan terus mendapat tekanan untuk selalu beradaptasi dengan perkembangan teknologi guna meningkatkan kualitas pendidikan. Oleh karena itu, sumber daya manusia yang berkompetensi menjadi suatu keharusan. Sehingga diadakan pelatihan dan pengembangan terkait dengan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi. Pelaksanaan kegiatan tersebut dilaksanakan di salah satu sekolah di perbatasan, yaitu SMPN 1 Teriak, Kecamatan Teriak, Kabupaten Bengkayang, Provinsi Kalimantan barat . Pelaksanaan pelatihan dan pengembangan ini melalui program Pengabdian kepada Masyarakat (PkM). Pada kegiatan ini berfokus pada penggunaan microsoft office seperti word, power point dan excel. Dengan adanya kegiatan pelatihan dan pengembangan ini diharapkan kualitas sumber daya manusia akan meningkat. Sehingga mutu pendidikan di SMPN 1 Teriak secara otomatis juga akan meningkat. Selain itu diharapkan siswa yang mengikuti pelatihan ini dapat mengembangkan keterampilan dalam teknologi yang mungkin akan diperlukan oleh siswa dikemudian hari. Pelaksanaan pelatihan ini dilakukan secara offline dengan diikuti oleh seluruh guru, tenaga kependidikan (staff) dan beberapa siswa. Hasil dari adanya pelatihan ini adalah peserta lebih mengetahui manfaat teknologi dalam dunia pendidikan dan mengetahui cara mengoperasikan teknologi komputer dengan baik, peserta dapat secara langsung mempraktekkan terkait dengan apa yang telah dipelajari pada pelatihan tersebut. Berdasarkan kuesioner yang dibagikan di akhir kegiatan juga menunjukkan nilai rata-rata 4.051 dari nilai maksimal 5 untuk kegiatan Pelatihan yang telah dilangsungkan.

 

Kata kunci: TIK; microsoft office; pelatihan teknologi

 

ABSTRACT

The rapid development of information and communication technology cannot be avoided and has a significant impact on the world of education. The world of education continues to be under pressure to always adapt to technological developments in order to improve the quality of education. Therefore, competent human resources are a must. So that training and development is held related to the use of information and communication technology. This activity was carried out at one of the schools on the border, namely SMPN 1 Teriak, Teriak District, Bengkayang Regency, West Kalimantan Province. This training and development is carried out through the Community Service (PkM) program. This activity focuses on using Microsoft Office such as Word, Power Point and Excel. With this training and development activity, it is hoped that the quality of human resources will increase. So the quality of education at SMPN 1 Teriak will automatically increase. In addition, it is hoped that students who take part in this training can develop skills in technology that students may need in the future. This training was carried out offline and was attended by all teachers, education staff (staff) and several students. The result of this training is that participants know more about the benefits of technology in the world of education and know how to operate computer technology well, participants can directly practice what they have learned in the training. Based on the questionnaire distributed at the end of the activity, it also showed an average score of 4,051 out of a maximum score of 5 for the training activities that had taken place.

Keywords: ICT; microsoft office; technology training.


Keywords


ICT; microsoft office; technology training.

Full Text:

PDF

References


Adisel, & Prananosa, A. G. (2020). Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Sistem Manajemen Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid 19. ALIGNMENT : Jurnal of Administration and Educational Management, 3(1), 1–10.

Alimuddin, A., Juntak, J. N. S., Jusnita, R. A. E., Murniawaty, I., & Wono, H. Y. (2023). Teknologi Dalam Pendidikan : Membantu Siswa Beradaptasi Dengan Revolusi Industri 4.0. Jurnal on Education, 05(04), 11777–11790.

Asnaini. (2020). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran dengan Pemanfaatan TIK melalui Bimbingan Belajar di SD Negeri 22 Banda Aceh. Jurnal Pendidikan, Sains Dan Humaniora, 8(3), 329–336.

Elpana, Riswandi, & Fitriawan, H. (2022). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Penggunaan Platform Pembelajaran Untuk Peningkatan Mutu Blended Learning Pasca Pandemi Covid-19. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains), 10(2), 221–231. https://doi.org/10.25273/jems.v10i2.12131

Hasriadi. (2022). Metode Pembelajaran Inovatif di Era Digitalisasi. Jurnal Sinestesia, 12(1), 136–151.

Husein, W. M. (2022). Upaya Guru dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Melalui Penerapan Teknologi Informasi di MI Miftahul Ulum Bago Pasirian. Jurnal PETISI, 3(1), 20–28.

Komalasari, R. (2020). Manfaat Teknologi Informasi dan Komunikasi di Masa Pandemi Covid 19. TEMATIK - Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 7(1), 38–49.

Lestari, A., Silaen, R. T., & Lawalata, M. (2023). Metode Mengajar Guru Sekolah Minggu Dengan Menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Sinar Kasih : Jurnal Pendidikan Agama Dan Filsafat, 1(3), 64–83.

Mukaromah, E. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Meningkatkan Gairah Belajar Siswa. Indonesian Journal of Education Management and Administration Review, 4(1).

Pahruda, A., Ramayani, N., & Wiguna, S. (2023). Strategi Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MAS Ubudiyah. Jurnal Idarah At-Ta’lim, 1(2), 76–83.

Prasrihamni, M., Marini, A., Nafiah, M., & Surmilasari, N. (2022). Inovasi Pendidikan Jenjang Sekolah Dasar Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Di Era Digital. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 05(1), 82–88.

Rahmawati, S., & Nurachadija, K. (2023). Inovasi Pendidikan Dalam Meningkatkan Strategi Mutu. BERSATU : Jurnal Pendidikan Bhinneka Tunggal Ika, 1(5), 01–12.

Saepudin, J. (2019). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Pada Pembelajaran Keterampilan di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kabupaten Garut. Jurnal Penamas, 32(2), 249–266.

Siregar, Z., & Marpaung, T. B. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Dalam Pembelajaran di Sekolah. Best Journal (Biology Education, Sains and Technology), 3(1), 61–69.

Sitompul, B. (2022). Kompetensi Guru dalam Pembelajaran Di Era Digital. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(3), 13953–13960.

Zainuri, A., Berlian, Z., Harto, K., Zahra, F. A., Ibrahim, Anwar, S., Destianjasari, S., & Hidayat. (2021). Pengenalan Teknologi Informasi dan Komunikasi pada Peserta Didik Sekolah Dasar di Desa Tambangan Kelekar Kecamatan Gelumbang. KREATIF : Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara, 1(4).




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i4.19725

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: