Peningkatan kompetensi penulisan karya ilmiah guru di SMA Negeri 8 Tanjung Jabung Timur

Maison Maison, Alrizal Alrizal, Dwi Agus Kurniawan, Febri Berthalita Pujaningsih, Lucky Zaehir Maulana

Abstract


Abstrak

Guru harus mampu menulis karya ilmiah untuk meningkatkan karir dan memajukan pengembangan profesinya. Namun, kurangnya pengetahuan dan pengalaman menyebabkan banyak guru kesulitan dalam menulis karya ilmiah. Kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru-guru dalam menulis dan mempublikasikan karya ilmiah. Kegiatan pelatihan dilaksanakan pada tanggal 7 Agustus 2023 di SMAN 8 Tanjung Jabung Timur yang dihadiri oleh 12 peserta. Pelaksanaan kegiatan terdiri dari tahapan persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Metode yang digunakan terdiri dari metode ceramah, diskusi, penugasan dan pendampingan. Metode ceramah dilakukan terkait pemberian pengetahuan teoretis dan praktis penulisan karya ilmiah, metode penugasan terkait pembuatan karya ilmiah dan pembimbingan teknis publikasi di jurnal ilmiah.  Hasil kegiatan PKM menunjukkan bahwa peserta memberikan respon yang positif terhadap pelaksanaan kegiatan. Selain itu, kegiatan ini dapat meningkatkan pemahaman guru-guru dalam menulis karya ilmiah dan mempublikasikannya ke jurnal-jurnal ilmiah.

 

Kata kunci: kompetensi; karya ilmiah; publikasi.

 

Abstract

Teachers must be able to write scientific papers to improve their careers and advance their professional development. However, the lack of knowledge and experience causes many teachers to struggle in writing scientific papers. This training activity aims to overcome the problems faced by teachers in writing and publishing scientific papers. The training activity was held on August 7, 2023 at SMAN 8 Tanjung Jabung Timur which was attended by 12 participants. The implementation of the activity consisted of preparation, implementation, and evaluation stages. The methods used consisted of lectures, discussions, assignments and mentoring. The lecture method was carried out related to providing theoretical and practical knowledge of writing scientific papers, the assignment method related to making scientific papers and technical guidance for publication in scientific journals. The results of the PKM activities showed that the participants gave a positive response to the implementation of the activities. In addition, this activity can increase the understanding of teachers in writing scientific papers and publishing them in scientific journals.

 

Keywords: competence; scientific work; publication.


Keywords


competence; scientific work; publication.

Full Text:

PDF

References


Akbar, Aulia. 2021. “PENTINGNYA KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU.” JPG: Jurnal Pendidikan Guru 2(1):23. doi: 10.32832/jpg.v2i1.4099.

Arikunto, Suharsimi. 2007. “KARYA TULIS ILMIAH NON PENELITIAN (MAKALAH).”

Hendikawati, Putriaji, Kristina Wijayanti, Sunarmi Sunarmi, Veronika Rahayu, and Stevanus Waluya. 2019. “PELATIHAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA KREATIF DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME BAGI GURU-GURU SEKOLAH DASAR YPII.” Jurnal Abdimas 23(1):1–7.

Noorjannah, Lilies. 2014. “PENGEMBANGAN PROFESIONALISME GURU MELALUI PENULISAN KARYA TULIS ILMIAH BAGI GURU PROFESIONAL DI SMA NEGERI 1 KAUMAN KABUPATEN TULUNGAGUNG.” Jurnal Humanity 10(1):97–114.

Nurarfiansyah, Lucky Tirta, Nur Alfiana Kholizah, Dinda Aulia Sani, Desi Fitri Yani Sembiring, Putri Suci Ramadhani, M. Muflih Dermawan, Dita Oktaviani, and Inom Nasution. 2022. “UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU.” EDUPEDIA 6(2):148–60. doi: 10.24269/ed.v6i2.1489.

Pujasari, Yayah, and Nurdin Nurdin. 2017. “PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL GURU TERHADAP KEBERHASILAN BELAJAR SISWA.” Jurnal Administrasi Pendidikan 5(2). doi: 10.17509/jap.v8i2.6297.

Sa’diah, Khalimatus, and Mashuri Eko Winarno. 2020. “KINERJA GURU DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN.” Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia 3(2):82. doi: 10.17977/um040v3i2p82-90.

Saimah, Saimah. 2021. “Kompetensi Kepribadian Guru Akidah Akhlak Di Madrasah Aliyah Nurul Ittihad Kuala Jambi.” Jurnal Pendidikan Guru 2(2). doi: 10.47783/jurpendigu.v2i2.226.

Saragih, A. Hasan. 2008. “KOMPETENSI MINIMAL SEORANG GURU DALAM MENGAJAR.” Jurnal Tabularasa PPS UNIMED 5(1):23–34.

Septiana, Vini Wela, Fitri Alrasi, Desminar Desminar, Nurhaida Nurhaida, and Sri Wahyuni. 2022. “PENGABDIAN PADA MASYARAKAT PENELITIAN TINDAKAN KELAS UPAYA MEMPERBAIKI PELAJARAN MENJADI LEBIH EFEKTIF DI SD NEGERI 18 JORONG ANGGE PALAMBATAN NAGARI PASIA LAWEH KECAMATAN PALUPUAH KABUPATEN AGAM.” Menara Pengabdian 2(1). doi: 10.31869/jmp.v1i1.3454.

Shofiyah, Mufidatus Shofiyah. 2019. “PROFIL KOMPETENSI SOSIAL GURU-GURU DI LINGKUNGAN YAYASAN TAMAN PENDIDIKAN DAN SOSIAL NAHDLATUL ULAMA KHADIJAH DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEPEKAAN SOSIAL SD KHADIJAH SURABAYA.” Jurnal Bidang Pendidikan Dasar 3(2):52–60. doi: 10.21067/jbpd.v3i2.3381.

Sulthon, Sulthon. 2017. “PEMBELAJARAN IPA YANG EFEKTIF DAN MENYENANGKAN BAGI SISWA MI.” ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal 4(1). doi: 10.21043/elementary.v4i1.1969.

Suparni, Suparni-. 2022. “PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA BAGI GURU MADRASAH TSANAWIYAH.” Jurnal PTK Dan Pendidikan 8(1). doi: 10.18592/ptk.v8i1.6264.

Widagdo, Arif, and Susilo Susilo. 2018. “PELATIHAN PENULISAN ARTIKEL ILMIAH BAGI GURU-GURU SD DI KECAMATAN KENDAL.” ABDIMAS UNWAHAS 3(1). doi: 10.31942/abd.v3i1.2234.

Widayati, Ani. 2014. “PENELITIAN TINDAKAN KELAS.” Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia 6(1). doi: 10.21831/jpai.v6i1.1793.

Zainuddin, Abdul, Partomuan Harahap, and Wahyu Naldi. 2023. “Motivasi Guru Menulis Karya Ilmiah; Faktor Penyebab Dan Solusi (Studi Kasus Pada Guru Pai Di Sekolah Menengah Atas Negeri Rejang Lebong -Bengkulu).” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 12(01). doi: 10.30868/ei.v12i01.3839.




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v8i1.20546

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: