PENDAMPINGAN DAN PENINGKATAN PEMAHAMAN TENTANG PEMANFAATAN MEDIA DIGITAL UNTUK MENDUKUNG KEGIATAN PEMASARAN PADA UMKM SALATIGA CHIFFON

Alexander Okta Nugroho, Arif Yunanto, Natanael Kristolife Ardana Hadi, Herry Wijaya Shie, Hizkia Chrisandrea, Albert Kriestian Novi Adhi Nugraha

Abstract


ABSTRAK

Pandemi Covid-19 telah memicu perubahan perilaku konsumen dalam menggunakan media digital dalam proses jual beli. Tantangan ini menjadi krusial bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk memanfaatkan media digital guna mengembangkan usaha dan aktivitas bisnisnya. Merespons tantangan ini, pengabdian masyarakat dilaksanakan dengan tujuan agar UMKM dapat mengoptimalkan pemanfaatan media digital dalam implementasi digital marketing untuk meningkatkan nilai jual dan daya saing pada aktivitas bisnis mereka.Tim Kelompok 2 Kelas Mata Kuliah Pemasaran Digital UKSW, yang terdiri dari lima anggota beserta seorang pembimbing, berkolaborasi dengan mitra sasaran pengabdian masyarakat, yakni UMKM Salatiga Chiffon. Penerapan digital marketing yang belum optimal menjadi permasalahan pemasaran UMKM Salatiga Chiffon. Sebagai solusi, pendampingan dan peningkatan pemanfaatan media digital dilakukan di UMKM Salatiga Chiffon agar dapat mengadopsi strategi digital marketing yang mendukung kegiatan pemasaran.Melalui berbagai tahap pendampingan, kegiatan ini berhasil membantu UMKM Salatiga Chiffon dalam mengoptimalkan penggunaan media sosial yang sedang populer di masyarakat untuk keperluan pemasaran, pembuatan website yang terintegrasi dengan media sosial, dan sosialisasi terkait pembuatan konten untuk menjaga kelangsungan aktivitas pemasaran secara digital. Hasil kegiatan ini dapat ditunjukkan oleh kemampuan pengelola dan karyawan UMKM Salatiga Chiffon yang dapat memaksimalkan penggunaan aplikasi dan media yang tersedia untuk mendukung aktivitas digital marketing

 

Kata kunci: digital marketing; media digital; UMKM; website; pendampingan

 

ABSTRACT

The Covid-19 pandemic has triggered changes in consumer behavior in using digital media in the buying and selling process. This poses is a crucial challenge for Micro, Small, and Medium Enterprises (MSMEs) to leverage digital media to develop their business activities. In response to this challenge, community service is carried out with the aim of optimizing the use of digital media in implementing digital marketing for MSMEs to increase the value and competitiveness of their business activities.The team from Group 2 of the Digital Marketing Course at UKSW, consisting of five members and one supervisor, collaborates with the target community service partner, namely UMKM Salatiga Chiffon. The suboptimal implementation of digital marketing poses a problem for the marketing of UMKM Salatiga Chiffon. As a solution, guidance and improvement of digital media utilization are carried out at UMKM Salatiga Chiffon to adopt digital marketing strategies that support marketing activities.Through various stages of guidance, this activity has successfully assisted UMKM Salatiga Chiffon in optimizing the use of social media, which is currently popular in society for marketing purposes, the creation of a website integrated with social media, and socialization related to content creation to maintain the continuity of digital marketing activities. The results of this activity are demonstrated by the ability of the managers and employees of UMKM Salatiga Chiffon to maximize the use of available applications and media to support digital marketing activities.

 

Keywords: digital marketing; digital media; MSMEs; website; accompaniment


Keywords


digital marketing; digital media; MSMEs; website; accompaniment

Full Text:

PDF

References


Adisty, T., Nugroho, R. H., Pembangunan, U., Veteran, N. ", Timur, J., & Surabaya, K. (2023). Strategi Optimalisasi Digital Marketing Sebagai Media Pemasaran Pada Bisnis Bakery Digital Marketing Optimization Strategy As A Marketing Media In Bakery Business. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 97–111. https://doi.org/10.30640/abdimas45.v2i1.1319

Aprilia, R., Wibowo, P., & Sitorus, F. (2022). Implementation Of Digital Marketing In Maintaining MSMEs During The Covid-19 Pandemic Penerapan Digital Marketing Dalam Mempertahankan UMKM Di Masa Pandemi Covid-19. In Management Studies and Entrepreneurship Journal (Vol. 3, Issue 4). http://journal.yrpipku.com/index.php/msej

Cahya, A. D., Astuti, R. D., & Palupi, D. (2021). Analisis Beban Kerja dan Lingkungan Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pada UMKM Kuliner di Yogyakarta). REVITALISASI: Jurnal Ilmu Manajemen, 10(1), 87–93.

Fadly, F. (2020). “The Effects of Human Mobility Restriction During Covid-19 Pandemic on Indonesia’s Economy.” Kajian Ekonomi Keuangan, 4(3), 263–280. https://doi.org/10.31685/kek

Liputan 6. (2022, February 2). 77,95 Persen UMKM Terdampak Pandemi Covid-19 selama 2021. https://www.liputan6.com/bisnis/read/4876398/7795-persen-umkm-terdampak-pandemi-covid-19-selama-2021

Mahalizikri, I. F. (2019). Membangun dan Mengembangkan Serta Meningkatkan UMKM di Desa Tenggayun. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 8(2), 185–194. https://ejournal.stiesyariahbengkalis.ac.id/index.php/iqtishaduna

Nosih Saturwa, H., & Aziz Ahmad, A. (2021). The impact of Covid-19 pandemic on MSMEs. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 24(1), 65–82. www.ejournal.uksw.edu/jeb

Rahmat, D., Nuryusuf, P., & Noviana, T. N. (2022). Optimalisasi Digital Marketing sebagai Strategi Pemasaran UMKM Pasca Pandemi Covid-19 di Desa Parungsueah Kabupaten Sukabumi. Magistrorum et Scholarium: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 03(01), 12–23.

Situmorang, U. E., Simanungkalit, D. F., Noviana, I. G., Margaretha, Y. A., Petrisia, G. M. C., Triantoro, A., & Wijayanto, P. (2023). Penyuluhan Pemasaran Digital untuk Desa Gedong, Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang. Magistrorum et Scholarium: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 03(02), 197–208.

Suranto, Sari, D. E., Narimo, S., Ulfatun, T., Mustofa, R. H., Suwandi, J., Syah, M. F. J., Jatmika, S., Wahyudi, T. N., Asmawan, M. C., Setiyawan, Y. A., & Hendawan, H. A. (2022). Optimalisasi Penggunaan Digital Marketing Melalui Sosial Media dan E-Commerce Pada Industri Kecil Menengah Di Desa Kingkang, Kabupaten Klaten. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 6(1). http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/J-ABDIPAMAS

Susilawati Tuti, Yuliansyah Fanny, Romzi Muhammad, & Aryani Rintan. (2020). Membangun Website Toko Online Pempek Nthree Menggunakan PHP dan MySQL. JTIM: Jurnal Teknik Informatika Mahakarya , 3(1), 35–44.

Yasmin, A., Tasneem, S., & Fatema, K. (2015). Effectiveness of Digital Marketing in the Challenging Age: An Empirical Study. International Journal of Management Science And Business Administration, 1(5), 69–80. http://researchleap.com/category/




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i4.20586

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: