Edukasi petugas pendaftaran terkait penyusunan Standar Operasional Prosedur (SOP) sistem pendaftaran di klinik X

Nita Dwi Nur Aini, Wisoedhanie Widi Anugrahanti, Bhre Diansyah Dinda Khalifatulloh

Abstract


Abstrak

Adanya kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang berbentuk edukasi terkait penyusunan Standar Operasional Prosedur (SOP) sistem pendaftaran di Klinik X mengacu pada permasalahan yang ditemukan yaitu belum ada SOP pendaftaran di Klinik X yang meliputi SOP penamaan dan penomoran rekam medis. Adapun tujuan dari dilakukannya kegiatan pengabdian masyarakat yaitu dapat mengoptimalkan pelayanan yang ada terutama di bagian sistem pendaftaran pasien karena merupakan pintu pelayanan pertama sebelum dilakukan pemeriksaan kesehatan. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertempat di salah satu klinik yang berada di Kabupaten Malang. Kegiatan ini dilakukan dengan metode sosialisasi dan Focus Group Discussion (FGD). Kegiatan ini diawali dengan sosialisasi terkait pentingnya SOP dalam melakukan pekerjaan kemudian dilanjutkan dengan FGD terkait identifikasi kebutuhan SOP pendaftaran dan praktik penyusunan SOP pendaftaran yang mancakup sistem penamaan dan penomoran rekam medis. Sebelum dan setelah pelaksanaan kegiatan, peserta akan diberikan tes sebagai salah satu alat untuk evaluasi dalam kegiatan ini. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan peserta yang menunjukkan peningkatan dari nilai pretest yaitu 65.00 dan nilai postest yaitu 95.00. Kesimpulan dari kegiatan ini yaitu dapat memberikan kontribusi bagi permasalahan yang dihadapi mitra melalui pencapaian hasil kegiatan dan output yang diperoleh yaitu adanya peningkatan pengetahuan dan ketrampilan peserta sehingga dapat membantu petugas pendaftaran dalam melakukan proses pendaftaran pasien sesuai dengan prosedur yang sudah dibuat agar pelayanan kepada pasien berjalan baik dan lancar.

 

Kata kunci: sistem pendaftaran; penyusunan sop; pengetahuan

 

Abstract

The existence of community service activities in the form of education related to the preparation of Standard Operating Procedures (SOP) for the registration system at Clinic The aim of carrying out community service activities is to optimize existing services, especially in the patient registration system because it is the first service door before a health examination is carried out. This community service activity took place at one of the clinics in Malang Regency. This activity was carried out using the socialization method and Focus Group Discussion (FGD). This activity began with socialization regarding the importance of SOPs in carrying out work, then continued with FGD related to identifying the need for registration SOPs and the practice of preparing registration SOPs which include the naming and numbering system for medical records. Before and after carrying out the activity, participants will be given a test as a tool for evaluation in this activity. The results of the activity showed an increase in participants' knowledge which showed an increase in the pretest score, namely 65.00, and the posttest score, namely 95.00. The conclusion of this activity is that it can contribute to the problems faced by partners through achieving the results of activities and outputs obtained, namely there is an increase in participants' knowledge and skills so that they can assist registration officers in carrying out the patient registration process in accordance with the procedures that have been created so that service to patients runs well and smoothly.

 

Keywords: registration system; preparation sop; knowledge

Keywords


registration system; preparation sop; knowledge

Full Text:

PDF

References


Aini, N. D. N., Widi A., W., & Diansyah D.K., B. (2023). Edukasi Petugas Pendaftaran Terkait Proses Registrasi Pasien. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(3), 1652. https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i3.16351

AJUSTA, A. A. G., & Addin, S. (2018). Analisis Penerapan Standar Operasional Prosedur (Sop) Di Departemen Hrd Pt Sumber Maniko Utama. Jurnal Mitra Manajemen, 2(3), 181–189. https://doi.org/10.52160/ejmm.v2i3.90

Basyirah, & Syahara, L. (2021). Peran SOP (Standar Operasional Prosedur) Terhadap Kinerja Karyawan Pada Organisasi PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Kabupaten Bener Meriah. Gajah Putih Journal of Economics Review, 3(2), 07–14.

Fadlun. (2018). Sistem pelayanan administrasi rekam medik rawat inap di rumah sakit umum daerah (RSUD) Poso. e-jurnal Katalogis, 5(3), 12–21.

Gabriele. (2018). Analisis Penerapan Standar Operasional Prosedur (SOP) Di Departemen Marketing dan HRD PT. Cahaya Indo Persada. Jurnal AGORA, 6(1), 1–10.

Imam, C. W., Anugrahanti, W. W., & Rahayu, R. P. (2022). Pendampingan Masyarakat Tentang Alur Pelayanan Rawat Jalan Pada Rumah Sakit. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(1), 298. https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i1.7282

Irawan, A., Umam, A., & As’ad, M. (2021). Kegiatan Pendampingan dalam Penyusunan Standar Operasional Prosedur Pelayanan Publik dalam Masa Pandemi Covid-19. Procedings UIN Sunan Gunung Djati Bandung, November (XLI) I, 35–44.

Jakaria, A., & Isfianadewi, D. (2022). Analisis Manajemen Operasional Pada Standar Prosedur Cv. Adhi Jaya Consultant. Jurnal Bina Manajemen, 11(1), 268–277. https://doi.org/10.52859/jbm.v11i1.265

Mardatillah, A., & Rosmayani, R. (2021). Program penyusunan standar operasional prosedur bumdes untuk peningkatan kualitas pelayanan pada Desa Koto Sentajo, Kabupaten Kuantan Singingi. CANANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 41–45. https://doi.org/10.52364/cng.v1i2.11

Parulian Gultom, S., & Ginting, F. Y. F. (2020). Tinjauan Sistem Pendaftaran Pasien Rawat Inap Di Rsu Mitra Sejati Medan. Jurnal Ilmiah Perekam dan Informasi Kesehatan Imelda (JIPIKI), 5(2), 141–148. https://doi.org/10.52943/jipiki.v5i2.421

Rafli, M., Wolor, C. W., & Adh, M. A. (2023). Analisis Penerapan SOP Surat Masuk pada Arsip Nasional Republik Indonesia Perkembangan ilmu dan teknologi dalam bidang informasi dan komunikasi yang sangat pesat membawa pengaruh terhadap seluruh kegiatan yang dilakukan oleh organisasi . Perihal inipun be. JUDIKA : Jurnal Administrasi dan Perkantoran Modern, 12(1), 00–00.

Sinaga, K. (2017). Penerapan Standar Operasional Prosedur Dalam Mewujudkan Pekerjaan Yang Efektif Danefisien Pada Bidang Kepemudaan Di Dinas Pemuda Dan Olahraga Provinsi Sumatera Utara. Jurnal Publik Reform, 11(2), 4.

Subarjo, A. H., Hermawan Setiabudi, D., Nugroho, F., Sudarmanto, S., Mulyani, S., Gunawan, G., Kumolosari, E., & Mauidzoh, U. (2023). Pengenalan Pentingnya dan Manfaat Standar Operasional Prosedur bagi Karang Taruna. Jurnal Peradaban Masyarakat, 3(1), 5–9. https://doi.org/10.55182/jpm.v3i1.217

Tigrid, I., & Hidayati, M. (2021). Analisis Prosedur Penerimaan Pasien Rawat Jalan Guna Menunjang Efektivitas Pelayanan Rekam Medis Di Puskesmas Sudi. MIRACLE Journal, 1(2), 36–45. https://doi.org/10.51771/mj.v1i2.126

Widi A., W., Ariyanti, R., & Dea P.P, V. (2023). Pemberdayaan Petugas Pendaftaran Tentang Sistem Penomeran Dokumen Rekam Medis Di Klinik Modern Desa Wonomulyo Kecamatan Poncokusumo Kabupaten Malang. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(3), 1693. https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i3.16483




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v8i1.21219

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: