Workshop foto produk sebagai edukasi keterampilan promosi digital pada siswa SMK Negeri 7 kota Bandung

Yoka Pradana, Rajiv Dharma Mangruwa, Adrio Kusmareza Adim

Abstract


Abstrak

Permasalahan yang dihadapi mitra adalah kurangnya pemahaman dan skil mitra dalam aktivitas promosi digital, khususnya memproduksi foto produk. Tujuan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini untuk meningkatkan pengetahuan dan skil mitra tentang foto produk. Adapun metode yang digunakan terbagi dalam tiga tahapan, yakni pra-kegiatan adalah koordinasi dengan mitra untuk menggali masalah dan potensi mitra selanjutnya dirumuskan menjadi program. Tahap kegiatan pelaksanaan workshop dengan pemaparan materi dan praktik, serta terakhir evaluasi kegiatan. Hasil pelaksanaan Pengabdian kepada Masyarakat adalah peningkatan pengetahuan mitra tentang foto produk dan kemampuan mitra untuk memproduksi foto produk sebagai sarana promosi digital. Hal ini dibuktikan dari hasil foto produk siswa menjadi lebih baik setelah mengikuti kegiatan workshop.

 

Kata kunci: workshop; foto produk; promosi digital; siswa smk.

 

Abstract

The problem faced by partners is the lack of understanding and skills of partners in digital promotion activities, especially producing product photos. The purpose of this Community Service activity is to increase partners' knowledge and skills about product photos. The method used is divided into three stages, namely pre-activity is coordination with partners to explore the problems and potential of partners and then formulated into programs. The activity stage is the implementation of workshops with material exposure and practice, and finally the evaluation of activities. The results of the implementation of Community Service are an increase in partner knowledge about product photos and the ability of partners to produce product photos as a means of digital promotion. This is evidenced by the results of student ' product photos becoming better after participating in the workshop activities.

 

Keywords : workshop; product photos; digital promotion; vocational school students.


Keywords


workshop; product photos; digital promotion; vocational school students.

Full Text:

PDF

References


Dewi, I. C., & Hartiningtyas, L. (2022). Pengaruh Foto Produk, Lokasi, dan Pengalaman Konsumen terhadap Minat Beli Konsumen pada Khoyiir Store Tulungagung. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 1(8), 2015–2026.

Harris, A. (2023). Lulusan SMK Didorong Terapkan Konsep “BMW.”

Kurniawansyah, H. (2020). Food Photography Goodfellas Resto Dengan Pendekatan Still Life. Arty : Seni Rupa UNNES, 9(1), 22.

Muliawan, K. D., Sagung, A. A., & Pradnyanita, I. (2021). Analisa Teknik Fotografi Dalam Tren Food Photography. Jurnal Nawala Visual, 3(1), 1–7.

Nurlaily, F., Asmoro, P. S., & Aini, E. K. (2021). PELATIHAN TEKNIK FOTO PRODUK MENGGUNAKAN SMARTPHONE UNTUK MENINGKATKAN VISUAL BRANDING USAHA RINTISAN. J-Abdi Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 347–356.

Putra, M. R. A., Hidayatullah, M., Aditama, R. F., & Tompo, A. P. H. (2023). OPTIMALISASI FOTO PRODUK UMKM DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN DI KOTA BAUBAU. SELAPARANG. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(September), 1671–1676.

Sari, W. P., & Irena, L. (2022). Komunikasi Visual Melalui Foto Produk Untuk Meningkatkan Nilai Jual Produk Umkm. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 4(3), 633–642. https://doi.org/10.24912/jbmi.v4i3.13271

Setyowati, R., & Rohmah, A. N. (2022). Peningkatan Promosi Melalui Fotografi Produk Dengan Smartphone Pada Bukuan Fried Chicken (BFC). Jurnal Pengabdian Masyarakat …, 1(3), 75–82.

Utami, A. R., & Ratnasari, K. (2023). PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN FOTO PRODUK SEBAGAI MEDIA PROMOSI. SELAPARANG. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7, 2351–2357.

vokasi.kemdikbud.go.id. (2021). SMK Harus Cetak Wirausaha Sukses.

Wahyu, M., Reza, A., Anggalih, N. N., Desain, J., Surabaya, U. N., Desain, J., & Surabaya, U. N. (2023). Perancangan Fotografi Sebagai Media. Jurnal Barik, 4(3), 259–267.




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v8i1.21248

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: