Pendampingan keterampilan menulis melalui media teka-teki silang

Desak Putu Anom Janawati, Ni Nengah Persi, I Wayan Numertayasa

Abstract


Abstrak

Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas V SD Negeri 3 Kayubihi, melalui Teka Teki Silang (TTS). Pengabdian ini dilaksanakan selama 2 bulan, yaitu Oktober sampai November 2023. Pendampingan ini dilaksanakan dengan tiga tahapan, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan dan refleksi. Hasil pendampingan akan diuraikan dengan metode pemecahan masalah kualitatif. Dapat dilihat dari hasil pengerjaan TTS oleh siswa pada tiap minggunya yang selalu mengalami perubahan ke arah positif. Keterampilan menulis mengalami peningkatan yang dapat dilihat pada pemahaman siswa menjawab TTS secara tepat pada kolom yang disediakan sehingga mampu menjawab keseluruhan TTS dan melewati KKM di sekolah dengan ketuntasan klasikal mencapai 95,7% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hal tersebut TTS mampu meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas V SD Negeri 3 Kayubihi

 

Kata kunci: keterampilan menulis; teka teki silang; pendampingan

 

Abstract

Mentoring with the title "Writing Skills Mentoring through Class V Crossword Media at SD Negeri 3 Kayubihi" is a service carried out with the aim of improving the writing skills of class V students at SD Negeri 3 Kayubihi through Crossword Puzzles (TTS). This service is carried out for 2 months, namely October to November 2023. This mentoring method is a quantitative descriptive method. The results of Mentoring Writing Skills through Crossword Media for Class V of SD Negeri 3 Kayubihi can be seen qualitatively from the results of students' work on TTS every week which always changes in a positive direction. Writing skills have improved which can be seen in students' understanding of answering the TTS correctly in the column provided so that they are able to answer the entire TTS and pass the KKM at school with classical completion reaching 95.7% in the very good category. Based on this, TTS is able to improve the writing skills of fifth grade students at SD Negeri 3 Kayubihi.

 

Keywords: writing skills; crossword puzzle; accompaniment


Keywords


writing skills; crossword puzzle; accompaniment

Full Text:

PDF

References


Aniza, N. (2018). Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar.

Azizah, N., Zmaroni, Moh., & Ginanjar, R. R. (2022). Analisis Kesulitan Belajar dalam Pemahaman Konsep Pembelajaran IPA Kelas IV di MI Hidayaturrohman Kecamatan Teluknaga Kabupaten Tangerang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(5), 1707–1715.

Faurisiawati, M., Supeno, S., & Suparti, S. (2022). Keterampilan Menulis Laporan Praktikum Siswa SD dalam Pembelajaran IPA Menggunakan Model Project-Based Learning. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(4). https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3314

Fuziyah, L. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Teka-Teki Silang terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar.

Gulo, S., & Harefa, A. O. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Powerpoint. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1). https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.40

Harahap, D. G. S., Nasution, F., Nst, E. S., & Sormin, S. A. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2400

Nabila Azzahro, A., Adila Rahmah, D., Nur Maziyah, E., Safarina Fadliyah, L., & PGRI Adi Buana Surabaya, U. (2023). Pendampingan bimbingan Belajar untuk mengatasi kesulitan Belajar Operasi Hitung melalui Teka-Teki Silang Tutoring Guidance to Overcome Learning Difficulties In Arithmetic Operations Through Crossword Puzzles. Jurnal Indopedia (Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan), 1(2), 423–431.

Pamuji, S. S., & Inung Setyami, S. S. (2021). Keterampilan Berbahasa. Guepedia.

Pramesti, U. D. (2015). Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia dalam Keterampilan Membaca Melalui Teka-Teki Silang (Penelitian Tindakan Di Kelas VI SDN Surakarta 2, Kecamatan Suranenggala, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat). Puitika, 11(1), 82. https://doi.org/10.25077/puitika.11.1.82--93.2015

Ramdani, M., & Mintohari. (2023). Penerapan Media Teka-Teki Silang Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Kelas Iv a Sdn Manukan Kulon Ii/499 Surabaya. ENTINAS: Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Pembelajaran, 1(1), 68–76.

Rinawati, A., Mirnawati, L. B., & Setiawan, F. (2020). Analisis Hubungan Keterampilan Membaca dengan Keterampilan Menulis Siswa Sekolah Dasar. Education Journal : Journal Educational Research and Development, 4(2), 85–96. https://doi.org/10.31537/ej.v4i2.343

Sinuraya, P. Y. M., Anggraini, R. W., & Enov, A. (2022). Pemanfaatan Media Pembelajaran TTS Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas Tinggi SD. Proseding Didaktis: Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 7(1).

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kualitatif, Kuantitati, R&D.

Supriyadi, H., Santoso, J. E., Rustinar, E., & Pratitis, D. (2023). Pendampingan Pembuatan Majalah Dinding SD Muhammadiyah 1 Bengkulu. https://journal-mandiracendikia.com/index.php/pkm

Suyanti, S., Sari, M. K., & Rulviana, V. (2021). Media Powtoon Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 8(2). https://doi.org/10.31316/esjurnal.v8i2.1468

Syofiani, S., Zaim, M., Ramadhan, S., & Agustina, A. (2019). Peningkatan Keterampilan Berbahasa Siswa Melalui Pemanfaatan Media Teka-Teki Silang: Menciptakan Kelas Yang Menyenangkan. Ta’dib, 21(2), 87. https://doi.org/10.31958/jt.v21i2.1232

Theresia, M., Rahimah, A., & Aulia, W. (2019a). Respon Siswa Di Sekolah Dasar Negeri 200111 Padangsidimpuan Terhadap Penggunaan Media Tts Dalam Pembelajaran Bahasa. Jurnal Education and Development, 7(3), 256–261. http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/1266%0Ahttps://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/download/1266/533

Theresia, M., Rahimah, A., & Aulia, W. (2019b). Respon Siswa Di Sekolah Dasar Negeri 200111 Padangsidimpuan Terhadap Penggunaan Media Tts Dalam Pembelajaran Bahasa. Jurnal Education and Development, 7(3), 256–261.

Utami, L. (2021). Tingkat Literasi Indonesia di Dunia Rendah, Ranking 62 Dari 70 Negara. Perpustakaan Kemendagri.

Yohanes Bare, Paula Yunita Seku Bare Ra’o, & Sukarman Hadi Jaya Putra. (2021). Pengembangan Media Teka-Teki Silang Biologi Berbasis Android Materi Sistem Gerak untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 11(2). https://doi.org/10.37630/jpm.v11i2.508




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v8i1.21276

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: