Edukasi kewirausahaan pentingnya pengemasan dan label produk di desa Wisata Cikolelet

Kania Ratnasari, Annisa Retno Utami, Fahririn Fahririn, Ani Siska MY, Evi Syafrida Nasution

Abstract


Abstrak

Produk usaha di Desa Wisata Cikolelet, berpotensi untuk dikenal konsumen secara luas. Namun permasalahan yang terjadi produk tersebut belum konsisten dalam penggunaan kemasan dan label pada produk. Tujuan dari kegiatan ini memberikan edukasi pentingnya pengemasan produk dan memberikan edukasi pentingnya penggunaan label pada produk. Kegiatan ini dilakukan kepada 8 peserta yang semuanya adalah ibu rumah tangga yang terdiri dari usaha emping, jamur tiram dan kerupuk gadung. Metode kegiatan yang digunakan dengan mengidentifikasi pemasalahan dengan cara wawancara dan observasi, kemudian dilanjutkan dengan edukasi dan pelatihan serta evaluasi dengan pre-test dan post-test. Hasil dari kegiatan ini peserta mendapatkan pengetahuan baru terkait pengemasan dan label produk yang baik, serta masukan untuk pengembangan yang lebih baik lagi, sedangkan dari hasil pre-test dan post-test terdapat perubahan dari yang sebelumnya peserta belum memahami hingga lebih memahami penggunaan kemasan dan label.

 

Kata kunci: kewirausahaan; pengemasan produk; label produk; desa wisata; cikolelet.

 

Abstract

Business products in the Cikolelet Tourism Village have the potential to be widely known to consumers.  However, the problem with this product is that it is not consistent in the use of packaging and labels on the product.  This activity aims to provide education on the importance of product packaging and provide education on the importance of using labels on products.  This activity was carried out for 8 participants, all of whom were housewives, consisting of emping businesses, oyster mushrooms, and gadung crackers.  The activity method used is to identify problems using interviews and observations, then continue with education and training as well as evaluation with pre-test and post-test.  As a result of this activity, participants gained new knowledge regarding good product packaging and labels, as well as input for better development, while from the results of the pre-test and post-test, there were changes from what previously participants did not understand to better understanding the use of packaging and labels.

 

Keywords: entrepreneurship; product packaging; product label; tourism village; cikolelet.


Keywords


entrepreneurship; product packaging; product label; tourism village; cikolelet.

Full Text:

PDF

References


Dewanti, R. A., & Nisa, F. L. (2023). PENERAPAN KONSEP DIGITAL MARKETING MENUJU EKONOMI KREATIF. 7(September), 2018–2025.

Mulyawati, S., Danasari, I. F., & ... (2022). Peningkatan Peran Kelompok Wanita Tani dalam Pengemasan dan Pemasaran Online Produk Keripik di Desa Lantan Kecamatan Batukliang Utara Kabupaten …. … Dan Inovasi Iptek, 4(1), 22–27.

Nisrina, A. Y., Nisa, M., & Laily, F. (2023). PENGEMBANGAN PEMASARAN PRODUK MELALUI STRATEGI BRANDING. 7(September), 1732–1739.

Permata, A. G., Febriana, P., & Rochmaniah, A. (2023). Peningkatkan pemasaran dan identitas produk kerupuk desa jumputrejo melalui pembuatan logo dan kemasan. 7(September), 1789–1794.

Prasetya, B. P. P., Nirwana, A., & Stya Bakti, A. M. (2023). Edukasi Kemasan Dan Perancangan Logo Serta Kemasan Kopi Produk Rtm Di Desa Kucur Dengan Metode Tempel Untuk Meningkatkan Brand Diversification Product. JAPI (Jurnal Akses Pengabdian Indonesia), 7(3), 207–216. https://doi.org/10.33366/japi.v7i3.3988

Puyanda, I. R., Nuraini, V., Putri, M., & Anggraini, A. (2021). Pelatihan Inovasi Pengemasan Menggunakan Kemasan Ziplock Untuk Meningkatkan Kualitas Dan Nilai Jual Rambak Cakar. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(4), 1940–1949. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/jmm.v5i4.5039

Rahmi Yuristia, Irnad, A. I. (2023). PENGEMASAN PRODUK UMKM TERHADAP KELOMPOK PEMBERDAYAAN KESEJAHTERAAN KELUARGA (PKK) DI DESA LOKASI BARU KECAMATAN SUKARAJA KABUPATEN SELUMA. MARTABE : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(3), 1084–1091.

Resti, N. C., & Ilmiyah, N. F. (2023). Strategi Peningkatan Penjualan Melalui Desain Label Kemasan Dan Banner Pada Umkm Surya Makmur. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(2), 812. https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i2.14637

Sambah, A. B., Yona, D., Iranawati, F., & Affandy, D. P. (2020). Sosialisasi Pengemasan Dan Pemasaran Produk Olahan Mangrove Pada Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Banyuurip, Ujung Pangkah, Gresik. Prosiding Seminar Nasional Perikanan Dan Kelautan, 8(1), 170–177.

Utami, A. R., Widiati, E., & Fahririn, F. (2022). DIGITAL MARKETING TRAINING FOR WOMENPRENEUR MSMES IN AN. International Conference on Community Development (ICCD), 4(1), 313–318.

UTAMI, A. R., & WULANDARI, E. (2021). Digital Marketing Training on Social Media and E-Commerce in Mojo Shoe Business. Iccd, 3(1), 129–133. https://doi.org/10.33068/iccd.vol3.iss1.320

Widiati, E., Utami, A. R., Ratnasari, K., Nasution, E. S., Sahid, U., Psikologi, F., & Persada, U. (2023). Edukasi Pemasaran Digital Pada UMKM Womenpreneur di Pantai. Jurnal Pemberdayaan Komunitas MH Thamrin, 5(September), 200–207.




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v8i1.21287

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: