Pendampingan penggunaan fitur whatsapp business sebagai pendukung promosi penjualan UMKM di kabupaten Sidoarjo

Shella Margareta, Ainur Rochmaniah

Abstract


Abstrak

Beberapa Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang menggunakan aplikasi WhatasApp Business sebagai alat komunikasi pemasaran pada produknya, namun banyak UMKM yang belum memahami cara menggunakan fitur-fitur pada WhatsApp Business, karena dengan berkembangnya teknologi kini banyak UMKM yang sudah menggunakan aplikasi WhatsApp Business. Unruk mengatasi permasalahan yang muncul di kalangan para memilik usaha mikro kecil menengan (UMKM), pada program pengabdian masyarakat ini menjelaskan beberapa pendekatan pelatihan WhatsApp Business, implementasi atau praktik pada fitur-fitur WhatsApp Business dan terakhir tahap evaluasi. Berdasarkan program pelatihan WhatsApp Business 110 IMKM lebih untuk memilih aplikasi WhatsApp Busines sebagai alat komunikasi bagi pelanggan. UMKM kini juga ingin memiliki jangkauan pemasaran yang luas dan bisa menjangkau sampai pelosok tanah air sekalipun. 1) Melalui pelatihan WhatsApp Business, UMKM kini dapat meningkatkan pemahaman dan kesuksesan pemasarannya serta ingin lebih dikenal masyarakat luas. 2) Dengan dukungan tersebut, UMKM yang sebelumnya tidak memiliki WhatsApp Business kini memiliki wadah untuk memasarkan produknya lebih luas. 3) Kini bagi peserta yang belum mengetahui atau memahami cara menggunakan fitur-fitur WhatsApp Business, setelah mengikuti pelatihan dapat memahami cara menggunakan fitur-fitur tersebut.

 

Kata kunci: pelatihan; WhatsApp Business; UMKM; pemasaran

 

Abstract

In community service, currently many Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs) use the WhatsApp Business application as a marketing communication tool for their products, but many MSMEs do not yet understand how to use the features on WhatsApp Business, because with the development of technology, many MSMEs are now using it. WhatsApp Business application. To overcome problems that arise among owners of micro, small and medium enterprises (MSMEs), this community service program explains several WhatsApp Business training approaches, implementation or practice of WhatsApp Business features and finally the evaluation stage. Based on the WhatsApp Business 110 training program, IMKM prefers to choose the WhatsApp Business application as a communication tool for customers. MSMEs now also want to have a wide marketing reach and be able to reach even remote corners of the country. 1) Through WhatsApp Business training, MSMEs can now increase their marketing understanding and success and want to be better known to the wider community. 2) With this support, MSMEs that previously did not have WhatsApp Business now have a platform to market their products more widely. 3) Now for participants who don't know or understand how to use WhatsApp Business features, after attending the training they can understand how to use these features.

 

Keywords: training; WhatsApp Business; MSMEs; market


Keywords


training; WhatsApp Business; MSMEs; market

Full Text:

PDF

References


Abdullah, M. A. F. (2017). Memanfaakan WhatsApp Business Sebagai Sarana Pnunjang Digital Marketing Umkm Di Tengah Pandemik Covid-19 Kelurahan Tanjung Duren. jurnal komnika, 6(3), 1–12. https://jurnal.kominfo.go.id/index.php/komunika/article/view/1227

Astria, D., & Santi, M. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Whatsapp Bisnis Dalam Strategi Pemasaran Online Untuk Meningkatkan Jumlah Penjualan. Jurnal Eksyar (Jurnal Ekonomi Syariah), 08(02), 246–270. http://ejournal.staim-tulungagung.ac.id/index.php/Eksyar

Astuti, M., Sembiring, R., & Zuchriadi, A. (2022). Akselerasi Pengembangan Wirausaha “Dapurkana” Melalui Digitalisasi dengan Penerapan Katalog WA Bisnis dan Perencanaan Konten Media Sosial. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 2(6), 1775–1782. https://doi.org/10.54082/jamsi.542

Darmawan, Y. (2022). Sosialisasi Pengunaan WA Business Kepada Pelaku UMKM di Desa LOPANG, Kecamatan Kembangbahu LAMONGAN. SAFARI :Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(2), 39–48. https://jurnal-stiepari.ac.id/index.php/safari

Ferdian, M., Laila, R., & Muzdalifah, L. (2023). Pemanfaatan Teknologi Digital Menggunakan WhatsApp Business Dan Go-food Bagi Umkm. Journal of Comprehensive Science (JCS), 2(6), 1–6. https://doi.org/10.59188/jcs.v2i6.411

Hermawan, S., Rochmaniah, A., & Arizanda Rahayu, R. (2020). Peningkatan Pengetahuan Dan Keterampilan Umkm Kuliner Melalui Pelatihan Akuntansi, Branding, Dan Halal Food. Seminar Nasional ADPI Mengabdi Untuk Negeri, 1(1), 19–24. https://doi.org/10.47841/adpi.v1i1.17

Ikerismawati, S., Sholiha, I., & Hardiyanti, S. (2023). Pendampingan Pemanfaatan Google Maps dan Whatsapp Bisnis Sebagai Media Digital Marketing Bagi UMKM di Kelurahan Sebani Kota Pasuruan. I-Com: Indonesian Community Journal, 3(3), 1294–1302. https://doi.org/10.33379/icom.v3i3.3139

Kn, J., Ardia, V., Annisa, K., Amalia, A., & Hidayat, A. (t.t.). Membangun Bisnis Online melalui Pelatihan Whatsapp Marketing pada UMKM Pelaku Bisnis Kopi Gayo Lues, Aceh. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 1–6.

Nurastuti, W., & Amrullah, Y. A. (2023). Pelatihan WA Bisnis dan Foto Produk Bagi Balai Penyuluhan Pusat Pelayanan Keluarga Sejahtera (PPKS) Bersahaja di Kota Yogyakarta. Panrita_Abdi jurnal pengabdian kepada masyarakat LP2M Universitas Hasanuddin, 7(1), 77–84. http://journal.unhas.ac.id/index.php/panritaabdi

Permata, A. G., Febriana, P., & Rochmaniah, A. (2023). Peningkatan Pemasaran Dan Identitas Produk Kerupuk Desa Jumputrejo Melalui Pembuatan Logo Dan Kemasan. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(3), 1789. https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i3.16788

Setyawan, N. A., Pratiwi, M. I., Wiedayanti, D. F., & Eviyanti, N. (2023). Mentoring Perolehan Nib Dan Implementasi Digital Marketing Komunitas Umkm Kelurahan Mangunharjo. Communnity Development Journal, 4(4), Hal. 8667-8673. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/19523/14415

Trisnani, -. (2017). Pemanfaatan Whatsapp Sebagai Media Komunikasi Dan Kepuasan Dalam Penyampaian Pesan Dikalangan tokoh Masyarakat. Jurnal Komunika : Jurnal Komunikasi, Media dan Informatika, 6(3). https://doi.org/10.31504/komunika.v6i3.1227

Wati, A. P., Martha, J. A., & Indrawati, A. (2020). Peningkatan Keterampilan Pemasaran Melalui Pelatihan WhatsApp Business Pada UMKM. Dedication : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 137–148. https://doi.org/10.31537/dedication.v4i2.362




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v8i1.21825

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: