Peningkatan kompetensi pengelolaan dokumen dana kas pada guru SMK akuntansi sebagai persiapan uji kompetensi teknisi akuntansi

Aryanto Aryanto, Ida Farida, Hikmatul Maulidah, Silvia Vinda Ayulin, Cristabelle Angeline Manoppo

Abstract


Abstrak

Tuntutan bagi guru saat ini wajib memiliki sertifikat kompetensi sesuai bidang keilmuannya. Bagi guru jurusan akuntansi salah satu sertifikat kompetensi yang sesuai adalah teknisi akuntansi yang terbagi menjadi beberapa klaster uji. Permasalahan yang terjadi adalah masih banyak guru SMK jurusan akuntansi yang belum memiliki seritifikat kompetensi teknisi akuntansi klaster pengelolaan dokumen dana kas. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan untuk guru akuntansi di wilayah Bregaslang dengan tujuan mengenalkan dan meningkatkan kompetensi guru pada klaster Pengelolaan Dokumen Dana Kas sebagai persiapan mengikuti uji sertifikasi kompetensi teknisi akuntansi. Metode yang diterapkan dalam pelaksanaan kegiatan ini adalah metode ceramah, tutorial, dan diskusi. Kegiatan pengabdian masyarakat dilaksanakan di ruang Laboratorium Akuntansi pada tanggal 4 Januari 2024 yang dihadiri oleh 18 guru akuntansi dari SMK di wilayah Brebes, Tegal, Slawi, dan Pemalang. Hasil kegiatan pengabdian ini adalah mampu memberikan wawasan dan pengetahuan baru tentang pengelolaan dokumen dana kas. Hal ini terlihat dari hasil nilai post-test yang meningkat dibandingkan dengan nilai pre-test yang diberikan kepada peserta.

 

Kata kunci: literasi digital. dana kas; kompetensi guru; teknisi akuntansi

 

Abstract

The current demand for teachers is that they must have a competency certificate according to their scientific field. For teachers majoring in accounting, one of the appropriate competency certificates is accounting technician which is divided into several test clusters. The problem that occurs is that there are still many vocational school teachers majoring in accounting who do not yet have a competency certificate for cash fund document management cluster accounting technicians. This community service activity was carried out for accounting teachers in the Bregaslang area with the aim of introducing and improving teacher competency in the Cash Fund Document Management cluster as preparation for taking the accounting technician competency certification test. The methods applied in carrying out this activity are lecture, tutorial and discussion methods. Community service activities were carried out in the Accounting Laboratory room on January 4 2024, which was attended by 18 accounting teachers from vocational schools in the Brebes, Tegal, Slawi and Pemalang areas. The results of this service activity are able to provide new insights and knowledge about cash fund document management. This can be seen from the results of the post-test scores which have increased compared to the pre-test scores given to participants.

 

Keywords: cash funds; teacher competency; accounting technician


Keywords


cash funds; teacher competency; accounting technician

Full Text:

PDF

References


Ariani, M., Murtanto, Hasnawati, & Risqiani, R. (2023). Meningkatkan Kompetensi Pengelolaan Dokumen Dana Kas Bagi Tenaga Pendidik Perguruan Tinggi Nasional. Jurnal Pengabdian Mandiri, 2(9).

Baridwan, Z. (2013). Intermediate Accounting (8th ed.). BPFE.

Effendy, I. (2016). Pengaruh Pemberian Pre-Test dan Post-Test Terhadap Hasil Belajar Mata Diklat HDW.DEV.100.2.a pada Siswa SMK Negeri 2 Lubuk Basung. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(2), 81–88.

Fauzan, S., Putri, D. M., & Ulfa, A. F. (2021). Pelatihan dan Pendampingan Sertifikasi Profesi Teknisi Akuntansi bagi Guru SMK Akuntansi se-Kabupaten Tulungagung untuk Menghadapi Persaingan Era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 1(2), 281–286. https://doi.org/10.54082/jamsi.18

Ferdawati, Haslina, W., Yentifa, A., & Sulastri, R. E. (2022). Pelatihan Sertifikasi Kompetensi Teknisi Akuntansi Bagi Guru Dan Siswa Jurusan Akuntansi SMKN 3 Padang. ABDIMAS: Pengabdian Dan Pengembangan Masyarakat, 4(1), 111–117. https://ejournal2.pnp.ac.id/index.php/jppm/article/view/699

Hapsari, D. W., & Prasetio, A. P. (2017). Pengaruh Kompetensi Guru terhadap Prestasi Belajar Siswa SMK Negeri 2 Bawang. E-Proceeding of Management :, 4(1), 269–274.

Hasanah, D., Syamwil, R., & Sudana, I. M. (2017). Dampak Sertifikasi Profesi dan Sertifikasi Kompetensi Akuntansi terhadap Kinerja Guru Akuntansi SMK. Journal of Vocational and Career Education, 2(1). https://doi.org/10.15294/jvce.v2i1.10981

Standar Akuntansi Keuangan, (2022).

Ika, D., Wijayani, L., Ismawanto, T., & Finanto, H. (2023). Analisis Minat dan Kompetensi Guru MGMP Produktif Keuangan Terhadap Sertikom Teknisi Akuntansi. SNITT.

Marpaung, N. N., Suprihanto, S., Ardista, R., Hamid, E., & Muratin, M. (2022). Pengembangan Kompetensi Guru Untuk Memperoleh Sertifikasi Teknisi Akuntansi Bagi Guru-Guru Akuntansi Smk Jakarta Barat. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 9(2), 177–183. https://doi.org/10.32699/ppkm.v9i2.2754

Mauldya, R. S., Dwijaputra, J., Andrianto, C., & Djali, F. (2020). Pendekatan Pendidikan Vokasi Sebagai Salah Satu Metode Link and Match Sumber Daya Masyarakat Lingkar Tambang Dengan Dunia Industri. Prosiding Temu Profesi Tahunan PERHAPI, 1(1), 421–430. https://doi.org/10.36986/ptptp.v1i1.85

Rianto, B., Jalil, M., Muni, A., & Sudeska, E. (2023). Pelatihan dan sosialisasi uji sertifikasi kompetensi teknis bnsp sebagai sarana peningkatan kompetensi keahlian 14. LANDMARK : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1, 59–64.

Sulastri, S., Fitria, H., & Martha, A. (2020). Kompetensi Profesional Guru dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Journal of Education Research, 1(3), 258–264. https://doi.org/10.37985/jer.v1i3.30

Suyudi, M., Musa, I., & Wulaningrum, R. (2021). Socialization and Training of Expert Accounting Technician Certificate Schemes for Accounting Competency Test Participants ETAM. 1(1), 23–30.

Wardhani, F. R. (2017). Analisis Kompetensi Guru Berbasis Uji Kompetensi Guru (UKG) pada Guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Bidang Keahlian Administrasi Perkantoran di Surakarta Tahun AJaran 2015/2016. Jurnal Informasi Dan Komunikasi Administrasi Perkantoran, 1(1).




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v8i1.21977

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: