Peningkatan pengetahuan orang tua sekitar panti asuhan terkait dengan demam pada anak

Rahmawati Rahmawati, Citra Dewi Salasanti, Aulia Nurlatifah

Abstract


Abstrak

Suhu tubuh di atas 38°C atau yang biasa disebut dengan demam ini banyak anak-anak sering mengalami kondisi tersebut dan sering menimbulkan menimbulkan kekhawatiran bagi orang tua. Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan orang tua terkait dengan demam sehingga akan meningkatkan kesiapan orang tua dalam menghadapi demam pada anak. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini mulai dari ceramah untuk penyampaian informasi dengan pembahasan yang menarik, dilanjutkan dengan diskusi hingga tanya jawab, kemudian kegiatan ini dilanjutkan dengan melakukan penilaian pretest dan post-test untuk mengukur pengetahuan peserta sebelum dan sesudah sosialisasi. Hasil kegiatan yang dilakukan pada tanggal 10 Oktober 2023 ini dengan jumlah peserta sebanyak 40 menunjukan hasil yang baik untuk hasil pretest maupun post-tes bagi masing-masing peserta,hasil tersebut dikarenakan Lokasi kegiatan yang dekat dengan perguruan tinggi, terutama di bidang kesehatan, serta adanya fasilitas pelayanan kesehatan, dapat menjadi faktor penyebab peningkatan pengetahuan. Kesimpulannya, kegiatan ini berhasil meningkatkan pemahaman orang tua mengenai penanganan demam pada anak, dengan potensi dampak positif pada masyarakat sekitar yang lebih teredukasi tentang kesehatan anak.

 

Kata kunci: kesehatan anak; pengelolaan demam; pengetahuan orang tua.

 

Abstract

Body temperature above 38°C or commonly referred to as fever, many children often experience this condition and often causes concern for parents. The purpose of this service activity is to increase parents' knowledge related to fever so that it will increase parents' readiness to deal with fever in children.   The method used in this service activity starts from lectures to deliver information with interesting discussions, followed by discussions to questions and answers, and then this activity is continued by conducting pretest and post-test assessments to measure participants' knowledge before and after socialization. The results of the activities carried out on October 10, 2023 with a total of 40 participants showed good results for the pretest and post-test results for each participant. hThese results are due to the location of activities close to universities, especially in the health sector, as well as the presence of health service facilities, which can be a contributing factor to increasing knowledge. In conclusion, this activity succeeded in increasing parents' understanding of fever management in children, with a potential positive impact on the surrounding community who are more educated about children's health.

 

Keywords: child well-being; fever education; parental awareness.  


Keywords


child well-being; fever education; parental awareness.

Full Text:

PDF

References


Alawiyah, W.S., Platini, H. and Adistie, F. (2019) ‘Gambaran Pengetahuan Ibu Mengenai Penanganan Demam Pada Anak Balita di Poliklinik Anak RSUD Dr Slamet Garut’, Jurnal Keperawatan BSI, 7(2), pp. 66–77.

Andari, F.N., Faizah, N. and Yogananda, A.A. (2022) ‘HUBUNGAN FAKTOR SOSIODEMOGRAFI DENGAN TINGKAT PENGETAHUAN ORANG TUA DALAM PENANGANAN DEMAM PADA ANAK DI DESA SRIMARTANI’, Pharmaqueous: Jurnal Ilmiah Kefarmasian, 4(2), pp. 35–43.

Artemisia, S.D. (2022) ‘Hubungan Profil Masyarakat di Wilayah Kerja Puskesmas Sobo terhadap Penanganan Demam dan Pola Swamedikasi Obat Antipiretik pada Balita’, Professional Health Journal, 3(2), pp. 61–66.

Aulia, R. (2019) ‘Hubungan Tingkat Pengetahuan dan Sikap Ibu Tentang Demam Dengan Penatalaksanaan Demam Pada Anak di Puskesmas Harapan Raya Pekanbaru’, Al-Asalmiya Nursing: Jurnal Ilmu Keperawatan (Journal of Nursing Sciences), 8(2), pp. 80–88.

Cahyaningrum, E.D. and Siwi, A.S. (2018) ‘Faktor-Faktor yang berhubungan dengan tingkat pengetahuan ibu dalam penanganan demam pada anak di Puskesmas I Kembaran Kabupaten Banyumas’, Bidan Prada, 9(2).

Fitriana, L.B. and Krisnanto, P.D. (2016) ‘Hubungan tingkat pengetahuan ibu tentang demam dengan perilaku ibu dalam penanganan demam pada anak balita di Puskesmas Depok I Sleman Yogyakarta’, Jurnal Keperawatan Respati Yogyakarta, 3(2), pp. 17–22.

Kumala, A.P. and Hikmah, A. (2018) ‘Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu Dalam Penanganan Demam Pada Anak Terhadap Tingkat Pendidikan Ibu Di Apotek Citra Gading Farma Yogyakarta’, Jurnal Kefarmasian Akfarindo, pp. 23–30.

Lufitasari, A., Khusna, K. and Pambudi, R.S. (2021) ‘Tingkat Pengetahuan Orang Tua Terhadap Swamedikasi Obat Demam Pada Anak Di Kelurahan Kerten Surakarta’, SENRIABDI, pp. 953–965.

Puspitosari, A. and Hartono, H. (2022) ‘TINGKAT PENGETAHUAN IBU TENTANG PENANGANAN DEMAM PADA ANAK DI APOTEK SEHAT SUKOHARJO’, Jurnal Farmaku (Farmasi Muhammadiyah Kuningan), 7(2), pp. 48–55.

Puspitowati, D., Murniati, M. and Ma’rifah, A.R. (2021) ‘Gambaran Pengetahuan Ibu tentang Demam pada Balita di Puskesmas Sumbang II Banyumas’, in Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, pp. 246–251.

Rafila, R. and Miyarso, C.S. (2018) ‘Tingkat Pengetahuan Swamedikasi Dalam Penanganan Demam Pada Anak Oleh Ibu Di Rw 5 Dusun Sidoharum Sempor Kebumen’, Jurnal Ilmiah Kesehatan Keperawatan, 14(1).

Rohmah, A.A. and Fatoni, R. (2023) ‘GAMBARAN PENGETAHUAN PENGGUNAAN OBAT PARACETAMOL DAN IBUPROFEN SEBAGAI OBAT ANTIPIRETIK PADA ANAK DI APOTEK TEGAR’, Journal Pharmacopoeia, 2(1), pp. 89–97.

Silviyana, S., Cahyaningrum, E.D. and Ningrum, E.W. (2022) ‘HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN ORANGTUA TENTANG DEMAM DENGAN PENGELOLAAN DEMAM PADA ANAK DI PUSKESMAS PENGADEGAN’, Jurnal Cakrawala Ilmiah, 2(1), pp. 345–362.

Sirait, N.A.J., Rustina, Y. and Waluyanti, F.T. (2013) ‘Pemberian informasi meningkatkan pengetahuan, sikap dan keterampilan orang tua dalam penanganan demam pada anak’, Jurnal Keperawatan Indonesia, 16(2), pp. 101–106.

Sudibyo, D.G. et al. (2020) ‘Pengetahuan ibu dan cara penanganan demam pada anak’, Jurnal Farmasi Komunitas, 7(2), pp. 69–76.




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v8i1.22102

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: