Membangun motivasi kewirausahaan siswa di SMAN 1 Ende Flores NTT

Ferdinandus Lidang Witi, Aschari Senjahari Rawe

Abstract


Abstrak

SMAN 1 Ende adalah sebuah sekolah yang terdapat di Kecamatan Ende Tengah Kabupaten Ende Propinsi Nusa Tenggara Timur. Menumbuhkan jiwa entrepreneurship sejak di bangku sekolah merupakan suatu gebrakan yang berkualitas yang akan memberikan pemahaman yang sempurna kepada para siswa akan pentingnya berwirausaha untuk menghasilkan lapangan pekerjaan baru. Hal ini sangat dibutuhkan oleh para siswa, sehingga memiliki wawasan yang baik dan bijaksana dalam mengambil Keputusan kedepannya.Kegiatan ini dapat dilaksanakan juga atas bantuan kerjasama dengan Rumah BUMN Ende dan Penggerak Milenial Indonesia Wilayah NTT. Sebelum pelaksanaan ceramah/penyuluhan, tim menyebarkan kuesioner untuk mendapatkan data awal tentang tingkat pemahaman kewirausahaan dengan hasil 32%. Setelah mengikuti ceramah/ penyuluhan, tim menyebarkan kembali kuesioner dan hasil yang diperoleh, meningkatanya pemahaman akan kewirausahaan sebesar 87%. Setelah selesai kegiatan, ada pertanyaan kuesioner yang sudah dijawab juga oleh peserta yang menginginkan adanya pendampingan lanjutan untuk memulai berwirausaha sejak sekolah

 

Kata kunci: entrepreneurship; wirausaha; motivasi wirausaha.

 

Abstract

SMAN 1 Ende is a school located in Ende Tengah District, Ende Regency, East Nusa Tenggara Province. Developing an entrepreneurial spirit from school is a quality breakthrough that will give students a perfect understanding of the importance of entrepreneurship to generate new jobs. This is really needed by students so that they have good insight and are wise in making future decisions. This activity can also be carried out with the help of collaboration with Rumah BUMN Ende and the Indonesian Millennial Activator for the NTT Region. Before carrying out the lecture/counseling, the team distributed questionnaires to obtain initial data about the level of understanding of entrepreneurship with a result of 32%. After attending the lecture/counseling, the team distributed the questionnaire again and the results obtained increased understanding of entrepreneurship by 87%. After completing the activity, there were questionnaire questions which were also answered by participants who wanted further assistance to start entrepreneurship from school.

 

Keywords: entrepreneurship; entrepreneurial motivation


Keywords


entrepreneurship; entrepreneurial motivation

Full Text:

PDF

References


Amaliah, R. R., Fadhil, A., & Narulita, S. (2014). Penerapan Metode Ceramah dan Diskusi dalam Meningkatkan Hasil Belajar PAI di SMA Negeri 44 Jakarta. Studi Al-Qur’an; Membangun Tradisi Berfikir Qur’an, 10(2), 119–131.

Aprilianty, E. (2012). PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN , DAN LINGKUNGAN THE EFFECT OF ENTREPRENEUR PERSONALITY , ENTREPRENEURSHIP KNOWLEDGE , AND ENVIRONMENT ON ENTREPRENEURIAL INTEREST. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(3), 311–324.

Gustiana, H. S. E. A., Mahmudi, A., Jayani, S. A., Yudha, C. S., Shohih, E. N., Putro, F. A., … Suci, W. G. (2023). Meningkatkan Potensi Kewirausahaan dan Inovasi Produk di SMK N 1 Mojosongo. Equilibrium Journal of Chemical Engineering, 6(2), 157. https://doi.org/10.20961/equilibrium.v6i2.65939

Irawan, D., & Affan, M. W. (2021). Pelatihan Penggunaan Mobile Marketplace Pada Kelompok Tani Sayur Desa Torong Rejo Batu. Jurnal Pengabdian Dan Peningkatan Mutu Masyarakat (Janayu), 2(2), 90–95. https://doi.org/10.22219/janayu.v2i2.16007

Isma, A., Rakib, M., & Halim, N. (2022). Mengembangkan Karakter Entrepreneur Siswa Melalui Pelatihan Kewirausahaan di SMK Negeri 1 Sidrap. Jurnal Inovasi Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2), 93–104. https://doi.org/10.54082/jippm.32

Karya, D. F., Mardhotillah, R. R., Permana, E. B., & Elfita, R. A. (2022). MENUMBUHKAN JIWA ENTREPRENEURSHIP KREATIF , INOVTIF DAN MANDIRI DIKALANGAN GURU AL-ISLAH. Https://Snpm.Unusa.Ac.Id, 2(2022), 7.

Lubis, T. W. H., Efendi, N., & Ginting, S. O. (2022). Kewirausahaan Untuk Generasi Z Pada Siswa Methodist Tanjung Morawa. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(6), 1536–1542. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v6i6.11080

Mahmudati, R., & Indrawati, R. T. (2019). Strategi Peningkatan Pemasaran Produk Kopi Dusun Bogoran Kecamatan Sapuran. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 6(3), 172–175. https://doi.org/10.32699/ppkm.v6i3.768

Mahyuddin, A. N., S, R. I. S., & Wahed, M. (2023). Sosialisasi Dan Pelatihan Wirausaha Sebagai Upaya Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan Pada Siswa Sekolah Dasar. BERSATU: Jurnal Pendidikan Bhinneka Tunggal Ika, 1(4), 48–57.

Manap, A. (2020). Manajemen Kewirausahaan (Era Digital).

Manuhutu, S. (2023). Sosialisasi Penguatan Proyek Profil Pelajar Pancasila (P5) Melalui Kewirausahaan Berbasis Kearifan Lokal di SMA Negeri 2 Seram Bagian Barat (SBB). Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Arumbai, 1(1), 42–47.

Pujihastuti, I. (2010). Prinsip penulisan kuesioner penelitian. Jurnal Agribisns Dan Pengembangan Wilayah, 2(1), 43–56.

Purba, N., Yulia Arfanti, Lukman Nasution, & Rani Fitriani. (2020). Pencegahan Penyalahgunaan Narkotika Melalui Pelestarian Budaya Malu Di Desa Bandar Sono Kabupaten Batu Bara. Amaliah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 79–84. https://doi.org/10.32696/ajpkm.v4i1.378

Rawe, A. S., Welu, F., Tola, D., & Miten, A. O. (2021). Penyaluran bantuan bencana alam dan keterpenuhan kebutuhan korban bencana kebakaraan di rumah adat desa nggela kabupaten ende flores. SELAPARANG. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(April), 28–33.

Resnawaty, R., Nurwati, N., & Nulhaqim, S. A. (2021). Sosialisasi Prinsip Kewirausahaan Sejak Usia Remaja Di Desa Cintamulya Kabupaten Sumedang. Focus : Jurnal Pekerjaan Sosial, 3(2), 141. https://doi.org/10.24198/focus.v3i2.28752

Roz, K., Sa’diyah, C., & Hilmi, L. D. (2020). Pendampingan Pengemasan dan Pemasaran Pasca Panen Pada Kelompok Tani “Tani Maju 01” di Bumiaji, Kota Batu. Jurnal Aplikasi Dan Inovasi Ipteks “Soliditas” (J-Solid), 3(2), 70. https://doi.org/10.31328/js.v3i2.1603

Suwarni, E., Rosmalasar, T. D., Fitri, A., & Rossi, F. (2021). Sosialisasi Kewirausahaan Untuk Meningkatkan Minat dan Motivasi Siswa Mathla’ul Anwar. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(4), 157–163. https://doi.org/10.52436/1.jpmi.28




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v8i1.22115

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: